Disclaimer: Tulisan ini dibuat oleh Allen Ananda dari tim ZenRooms. Cek ZenRooms.com untuk mendapatkan kamar berkualitas dengan harga yang murah. Gunakan code ZENALLEN untuk mendapatkan potongan IDR 100K per bookingnya.

Kalau kamu termasuk orang yang cepat bosan dan selalu ingin jalan-jalan, rutinitas mungkin bukanlah sesuatu yang bisa dilewati dengan mudah tanpa diselingi dengan liburan. Liburan itu tidak perlu melulu ke luar negeri atau ke kota yang jauh, ke kota sebelah saja sudah cukup. Untuk pergi berlibur meskipun tujuannya dekat dan dengan durasi yang singkat, pastinya akan tetap membutuhkan biaya. Berikut 9 tips untuk kamu yang suka berlibur namun kondisi keuangan sering kali tidak sesuai. Semoga membantu.

 

1. Rencanakan perjalanan dari jauh hari

Calendar in an iPad

Calendar in an iPad via https://static.pexels.com

Jika kamu merencanakan liburan dari jauh hari, kamu bisa tanpa terburu-buru mencari tiket pesawat murah. Pantau terus promo tiket-tiket pesawat dan rajin kunjungi Travel Fair untuk selalu update mengenai tiket pesawat yang murah. Selain itu, dengan merencanakan dari jauh hari kamu bisa menghindari berpergian di waktu-waktu libur sekolah, libur hari raya, dan long weekend. Kalau memang kamu mau berpergian di long weekend misalnya, kamu juga bisa mengajukan cuti dari jauh hari juga sebelum atasanmu menolak cuti-mu karena sudah banyak yang cuti di hari yang sama.

2. Berhemat di akomodasi

Akomodasi budget

Akomodasi budget via https://www.zenrooms.com

Di zaman digital dan serba online, kamu sebenarnya sangat dimudahkan untuk mencari dan memesan akomodasi budget. Saat kamu berlibur, memilih hotel yang mahal bukanlah pilihan yang tepat, karena kemungkinan besar kamu akan lebih banyak menghabiskan waktu berjalan-jalan di luar hotel. Namun, pastikan kamu mendapatkan kamar yang bersih dan nyaman agar kamu bisa beristirahat dengan tenang dan nyaman setelah seharian berkeliling kota. Kamu bisa cek ZenRooms.com untuk mendapatkan akomodasi berkualitas dengan harga murah dan di banyak lokasi di kota-kota di Indonesia.

3. Bawa Toiletries Ukuran Kecil

Zenrooms goodybag

Zenrooms goodybag via https://www.zenrooms.com

Kenapa? Karena ada kemungkinan kamu akan mendapatkan akomodasi murah dengan kamar mandi bersama yang tidak disediakan toiletries seperti sabun, sampo, sikat gigi, dan lainnya. Hal ini tidak akan terjadi jika kamu memesan akomodasi lewat ZenRooms.com. Meskipun menawarkan akomodasi dengan harga yang murah, ZenRooms menjamin setiap kamarnya untuk memiliki kamar mandi didalam dan goody bag berisi toiletries dan hal-hal yang kamu butuhkan pada saat berpergian.

4. Patuhi budget harian yang telah kamu rencanakan

stacks of coins

stacks of coins via https://static.pexels.com

Rencanakan dari awal mengenai berapa banyak uang yang mau kamu habiskan selama liburan, kemudian bagi menjadi budget harian. Sesuaikan budget dengan kemauan dan kemampuanmu, lalu jangan lupa patuhi budget yang telah kamu rencanakan tersebut.

5. Pilih akomodasi yang dekat dengan tempat-tempat wisata (terutama yang ingin kamu kunjungi)

Rooftop Restaurant

Rooftop Restaurant via https://zenrooms.com

Ketika memesan akomodasi, selalu ingat untuk memilih lokasi yang strategis seperti di tengah kota, ataupun dekat tempat-tempat wisata. Hal ini akan memudahkanmu untuk berpergian ke tempat-tempat yang ingin kamu kunjungi, sekaligus menghemat biaya transportasimu berpergian di sekeliling kota.

Untuk kamu yang ngga mau repot dengan memeriksa beberapa situs pencarian hotel dan membaca ratusan review, ZenRooms.com menawarkan akomodasi budget berkualitas di banyak lokasi di kota-kota di Indonesia sehingga membantu kamu untuk ngga perlu lagi melalui proses pencarian hotel yang panjang dan melelahkan.

6. Selalu perhitungkan mengenai transportasi-mu keliling kota

Inside a rickshaw

Inside a rickshaw via https://www.pexels.com

Kalau kamu berpergian sendirian, transportasi umum mungkin adalah pilihan termurah untukmu. Namun kalau kamu berpergian bertiga atau berempat, mungkin ongkos taksi bisa lebih murah daripada jika kamu menggunakan transportasi umum karena biayanya yang akan bisa dibagi ke beberapa orang. Yang manapun pilihanmu, selalu perhitungkan biayanya. Kalau jaraknya dekat mungkin kamu juga bisa mempertimbangkan untuk jalan kaki, hitung-hitung sekalian berolahraga.

7. Hindari makan di restoran turis

Foods on boats

Foods on boats via https://www.pexels.com

Sebaliknya, justru kamu harus makan dimana dan apa yang orang-orang lokal makan. Selain kamu akan berhemat banyak, kamu juga akan mendapatkan pengalaman makan makanan asli daerah tersebut yang dimasak oleh orang lokal aslinya pula. Percaya deh, rasa makanan aslinya pasti bakal beda banget dan lebih spesial daripada yang kamu makan di tempat asalmu.

8. Rencanakan tur-mu sendiri

Plan a trip

Plan a trip via https://www.pexels.com

Mengikuti tur dari paket yang disediakan oleh travel agent memang akan sangat memudahkan kamu, tetapi sering kali biayanya bisa sangat mahal. Selain itu mungkin tidak semua tempatnya kamu tertarik untuk kunjungi. Sebaliknya justru kamu bisa merencanakan tur-mu sendiri. Cari inspirasi tempat-tempat yang kamu harus kunjungi sebagai turis lewat brosur-brosur travel agent atau bahkan google.

9. Kirim postcard sebagai pengganti oleh-oleh

Membeli oleh-oleh bisa menjadi pengalaman menyenangkan, namun seringnya mengesalkan. Mulai dari memilih oleh-oleh, hingga memuat oleh-oleh tersebut kedalam kopermu yang mungkin sudah penuh dengan barang-barangmu. Dengan mengirimkan postcard, kamu tidak perlu merelakan banyak uang dan ruang untuk barang-barangmu di koper untuk oleh-oleh yang mungkin tidak akan disimpan oleh teman-temanmu. Selain itu, mengirim postcard justru menjadi hal yang spesial di zaman yang semua serba digital ini, setuju kan?