Lomba apa yang paling marak belakangan ini? Betul sekali lomba cepet cepetan menjawab, Kapan Nyusul? saat datang ke nikahan teman. Untuk mereka yang suka nanya pertanyaan itu, ingatlah bahwa nikahan bukan balapan. Hih!

Pertanyaan kapan nyusul kadang menjadi dilema bagi mereka yang masih sedih karena pertanyaan, "Loh kok gak sama si anu lagi?"  (baca: belum move on) sudah putus. Move on itu berat, lebih berat dari batu akik mang mang tukang ojek pengkolan.

Perjuangan move on itu memang berat maka dalam momen 17an ini, "Kementerian Peranan Perasaan" mengajak anda untuk mengisi kemerdekaan dengan, "Katakan Tidak Pada Kenangan Mantan!"  Caranya adalah dengan Lomba Memasukkan Kenangan Dalam Botol. Setiap orang bisa jadi pemenang asalkan tahu tips dan trik memenangkan lomba ini. Berikut ini tips dari "Kementerian Peranan Perasaan".

 

1. Memaafkan dan melupakan.

Setiap putus, biasanya kebanyakan teman akan berpesan, 

"Maafkan saja, tapi jangan lupain kesalahannya." 

Pesan semacam ini akan membuat kita semakin susah move on. Karena kadang, selain gak melupakan kesalahan, juga enggak melupakan kenangan. Maka kita ubah menjadi,

"Maafkan dan lupakan saja semuanya." 

Melupakan kesalahan dan kenangan akan membuatmu bisa beranjak ke langkah yang selanjutnya.

2. Karena gengsi setitik, rusak move on sebelanga.

moveon.com

moveon.com via Http://Moveon.com

Kadangkala yang membuat kita susah pindah ke lain hati bukan perasaan, melainkan apa kata teman alias gengsi. Misal, udah pacaran dari jaman EBTANAS sampai SPMB (BTW itu pacaran apa bimbingan belajar?) dan sekarang sudah putus. Setiap ngumpul sama teman teman, mereka nanya "Loh pacarmu ke mana?" Wah, ini yang bikin susah beranjak dari kenangan. 

Maka, kita harus berani bilang sudah putus. Enggak perlu gengsi. Ingat, temanmu bukan penghulu yang bisa nentuin sah atau tidaknya suatu hubungan.

3. Belajar dari sales motor yang punya target.

Target.com

Target.com via Http://target.com

Orang yang belum move on selalu punya dua teori klise. Pertama, 

"Kalau jodoh, gak bakal ke mana."

Kedua,

"Jodoh di tangan Tuhan." 

Keduanya memang ada benarnya, tapi bukan berarti kamu diam saja karena jodoh tidak akan turun dari langit. Maka, bergeraklah cari pasangan. Pasang target yang jelas kaya sales motor. Misalnya, pasang target bulan ini harus dapat pasangan.

4. Teman itu menguatkan, bukan mengingatkan mantan.

teman.com

teman.com via Http://teman.com

Orang yang pertama kali kita temui pasca kita putus adalah teman kita. Maka carilah temanmu yang menguatkanmu, bukan yang bolak balik mengingatkanmu pada mantan. Teman yang mendukungmu akan mencarikanmu pasangan, bukan mencarikanmu kenangan. Ingat dalam lomba ini kenangan harus kita masukkan ke dalam botol bukan ke hati.

5. Buang botol kenangan.

Kenangan.com

Kenangan.com via Http://botolkenangan.com

Sering kali kita memasukkan kenangan kedalam botol, bukannya kita buang eh malah kita pandang. Untuk memenangkan Lomba Memasukkan Kenangan Kedalam Botol kamu juga harus membuang botolnya. Bersikaplah tegas pada kenangan. Yang lalu biarlah berlalu, saatnya cari yang baru. Kalau masih trauma gimana? Sampai kapan mau trauma, obatnya adalah berani mencoba.

 

 

Jadi...

Lima tips itu telah resmi menjadi paduan Lomba Memasukkan Kenangan Kedalam Botol dari Perasaan". Saat 17an nanti saatnya kamu ikut lomba itu. Gratis. Kamu tinggal mendaftar ke "Komisi Pemberantasan Kenangan".