Rambut adalah mahkota berharga bagi kaum wanita. Maka tak jarang jika banyak kaum wanita menginginkan rambut yang indah dan sehat. Kesehatan rambut juga dapat melihat kepribadian orang tersebut, apakah orang tersebut peduli dengan kebersihan atau tidak. Selain dengan membersihkan dengan sampo dan kondisioner perawatan rambut juga perlu di perhatikan. Rambut yang tidak sehat cenderung kekurangan nutrisi. Hal ini bisa di sebabkan karena kita kehilangan waktu untuk merawatnya. Bahan alami adalah salah satu sumber nutrisi untuk rambutmu.  Jangan pikir kalian hanya mendapatkan keindahan rambut dengan pergi ke salon yang mahal. Terutama kalian yang tinggal di kos dan harus menjaga keuangan kalian agar tetap stabil. Dan kalian tidak membutuhkan waktu yang banyak untuk melakukan perawatan ini di rumah atau di kosmu. Kalian tidak perlu bangun lebih awal untuk berpikir apa yang harus dilakukan dengan rambutmu, kalian akan mendapatkan rambut yang berkilau dan semua ini hanya dengan beberapa langkah mudah dan tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak. Dengan bahan yang mudah di cari dan harga yang terjangkau kalian bisa menjaga dan memperbaiki keindahan makota kalian. Apalagi jika kalian melakukan perawatan rambut bersama sahabat dan temanmu. Pasti akan lebih seru dan tidak membosankan. Berikut beberapa tips merawat rambut dengan bahan alami. Selamat mecoba girls!

 

1. 1. Membuat Rambut Berkilau

Memakai masker rambut berbahan alami.

Salah satu cara yang paling efektif untuk membuat rambut kering terlihat berkilau adalah dengan rajin melakukan masker rambut dengan bahan alami. Cara ini dapat menutrisi rambutmu agar lebih berkilau.

Siapkan 1-2 gelas susu

1 butir telur

1 butir alpukat

2 sendok minyak zaitun

Campur semua bahan dengan menggunakan blender. Lalu oleskan dari akar rambut sampai ujung rambut. Pijat berlahan selama beberapa menit agar bahan bisa meresap dengan baik. Bungkus rambut dengan handuk hangat, diamkan selama 20-30 menit. Sretelah itu cuci rambut dengan shampo dan kondisioner hingga bersih. Lakukan hal ini selama seminggu sekali, di jamin rambutmu akan berkilau dan terlihar terawat.

2. 2. Perawatan dengan menggunakan telur.

Penggunaan telur mentah dapat membuat rambut mu lebih mudah disisir sehingga rambut rontok bisa berkurang. Vitamin a dan E yang terdapat di dalam telur dapat membuat rambut mu bernutrisi dan mencegh rambut kering. Vitamin D, B12, dan sulfur membantu mempercepat pertumbuhan rambut lebih tebal. Caranya bisa kamu ikutin sebagai berikut.

Mangkuk

Garpu

1 butir telur

Minyak zaitun

Sampo dan kondosioner

Handuk

Cuci rambut dengan smpo untuk menghilangkan kotoran yang menempel Lalu keringkan rambut dengan handuk untuk mengurangi kadar air yang berlebihan. Campurkan telur dengan 1 sendok teh minyak zaitun selama 10 menit. Bilas hingga bersih dan gunakan kondisoner dan diamkan selama 5menit. Setelah itu bilas rambut hingga bersih. Gunakan vitamin rambut untuk hasil maksimal.

3. 3. Mengatasi rambut mengembang dengan bahan alami.

Santan kelapa.

Untuk mengatasi rambut mengembang secara alami juga dapat menggunakan santan kelapa yang kental. Pertama siapkan perasan jeruk nipis dan juga santan kental. Campurkanlah hingga kedua bahan. Jadikan campuran tadi sebagai masker rambut. Oleskan hingga benar-benar merata keseluruh rambut. Biarkan selama sekitar 30 menit. Lalu bilaslah dengan menggunakan shampoo.

4. 4. Mengatasi rambut rontok dengan lidah buaya

Kandungan yang ada dalam lidah buaya dapat membuat rambut lebih kuat dan dapat merangsang pertumbuhan rambut pada kulit kepala. Lidah buya banyak di gunakan sebagai bahan untuk merawat raambut. Berikut cara menggunakan lidah buaya untuk merawat rambut :

1 batang lidah buaya

Peratama tama basahi rambut. Lalu keringkan rambut setengah kering. Lalu potong lidah buaya jadi dua bagian agar bisa menggunakan lendirnya. Oleskan lendir tadi ke kulit kepala sampai ke ujung rambut. Pijat dengan lambut agar kandungan yang ada bisa meresap ke dalam kulit kepala. Kemudian bungkus dengan handuk selama 15 hingga 20 menit. Lalu bilas rambut sampai bersih. Lakukan hal ini 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

5. 5. Mengatasi Rambut Keriting agar Lurus Alami

Cerambath dengan daun seledri

Daun seledri dapat berperan untuk menaklukan rambut keriting Anda dan membuatnya menjadi lebih halus dan lemas, sehingga rambut Anda pun dapat dengan lebih mudah diatur alias lurus. Bagian daun dan batang daun seledri mengandung berbagai macam antioksidan, mineral, protein, vitamin dan senyawa kimia poliasetilena yang bermanfaat sebagai anti bakteri dan anti-jamur. Berikut ini adalah manfaat daun seledri bagi kesehatan rambut.

1. Memberikan warna hitam alami pada rambut

Pewarnaan rambut sering sekali dilakukan oleh salon-salon kecantikan, akan tetapi cara yang aman untuk menghitamkan rambut salah satunya adalah dengan dengan daun seledri karenba daun seledri memberikan berbagai macam vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk mengembalikan kilau alami rambut Anda dan merawat rambut yang rusak.

2. Menyuburkan Rambut.

3. Mengatasi ketombe                 

Timbulnya ketombe pada kulit kepala disebabkan oleh endapan kotoran akibat keringat berlebih yang akhirnya menjadi ladang tumbuhnya jamur. Daun seledri bermanfaat untukmenghilangkan ketombe yang ditimbulkan oleh jamur karena daun seledri mengandung zat anti-jamur dan anti-bakteri.

Caranya, siapkan daun seledri yang masih segar secukupnya, kemudian tumbuk hingga menjadi halus. Setelah halus, campurkan dengan sedikit air hingga bahan creambath tidak begitu kental. Setelah rata, peras air campuran kedua bahan tadi dan gunakan air perasannya sebagai bahan untuk creambath. Untuk hasil yang lebih optimal, Anda dapat mendiamkan terlebih dulu air perasan daun seledri tadi selama 12 jam sebelum digunakan untuk creambath. Lakukan perawatan dengan daun seledri ini selama 10 hari berturut-turut untuk hasil yang benar-benar optimal. Anda dapat lihat sendiri hasilnya pada rambut Anda yang pelan-pelan halus dan melemas sehingga membentuk rambut yang lebih lurus.