Tidur yang nyenyak membuat kualitas tidur semakin baik. Sayangnya banyak yang tidak memiliki waktu yang cukup untuk tidur, entah itu dikarenakan beban pikiran atau mengalami kesulitan tidur. Kurang tidur sendiri memiliki banyak sekali penyebabnya seperti insomnia, jam kerja, atau gangguan psikis.

Nah, kali ini saya akan memberikan tips membuat tidur lebih nyenyak. Tips ini pastinya sangat bermanfaat bagi yang sedang lelah pikiran juga badan dan ingin tidur lebih nyenyak. 

 

1. Matikan Gadget dan Padamkan Lampu Kamar

No Gadget

No Gadget via http://maxseybold.com

Selain membuat pikiran santai sejenak, memnonaktifkan gadget juga berguna untuk menghindari radiasi gelombang elektromagnetik yang berdampak buruk bagi kesehatan.  Jangan lupa untuk memadamkan lampu kamar anda untuk membuat suasana kamar lebih rileks. Biarkan diri sejenak merasakan suasana yang lebih tenang. Dijamin tidur anda menjadi lebih lelap.

2. Konsumsi Buah dan Sayuran

Konsumsi Buah dan Sayuran

Konsumsi Buah dan Sayuran via http://penyakitakut.web.id

Rajin mengkonsumsi buah dan sayuran tidak hanya membuat tubuh menjadi sehat tetapi juga berguna untuk menetralisir sel dalam tubuh ketika tidur. Hindari mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan lainnya. Selain tidak baik untuk kesehatan anda, kafein membuat anda kesulitan untuk tidur.

3. Minum Air Putih 8 Gelas Sehari

Minum Air Putih 8 Gelas Sehari

Minum Air Putih 8 Gelas Sehari via http://www.blog.eriknerum.com

Air putih sangat berguna untuk membuat tubuh tetap sehat dan lebih bertenaga. Usahakan minum air putih 8 gelas sehari agar tubuh tetap terjaga ketika tidur, sehingga tubuh tidak kekurangan cairan dan anda bisa  tidur nyenyak hingga pagi.

4. Mendengarkan Lagu Santai

Meendengarkan Lagu Lembut Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Meendengarkan Lagu Lembut Membuat Tidur Lebih Nyenyak via https://nasyidmadany.files.wordpress.com

Mendengarkan lagu santai dan slow juga bisa membuat tidur lebih nyenyak. Pilihlah lagu klasik yang mempunyai irama lembut. Lagu yang memiliki irama lembut cocok untuk membuat pikiran menjadi lebih rileks dan membuat tidur anda lebih nyenyak.

5. Nyamankan Posisi Anda

Posisi Tidur yang Nyaman

Posisi Tidur yang Nyaman via http://www.gadis.co.id

Buat posisi tidur anda senyaman mungkin. Seperti penataan bantal yang tidak terlalu tinggi dan suhu yang sesuai. Buatlah keadaan dan suasana yang nyman bagi diri anda sendiri. Dan sekedar saran, berikan bantalan pada kaki anda untuk menambah kenyamanan tidur anda.

6. Olahraga

Olahraga Lari

Olahraga Lari via http://reps-id.com

Penting untuk menjaga tubuh tetap sehat dan tidak gampang sakit. Banyak cara agar tubuh terhindar dari penyakit seperti olahraga ringan yang teratur setiap harinya. Anda bisa melakukan olahraga seperti jalan kaki atau bersepeda keliling. Selain bermanfaat untuk tubuh anda, olahraga juga bisa melancarkan metabolisme tubuh sehingga membuat anda tidur nyenyak pada malam hari.

 

Nah, sekian tips dari saya untuk membuat tidur lebih nyenyak. Bagi anda yang memiliki masalah kesulitan tidur dam ingin tidur lebih nyenyak, bisa mencobanya. Selamat Mencoba.