Liburan adalah hal yang paling ditunggu. Tidak ada manusia dimuka bumi ini yang tidak menyukai liburan. Terkadang juga liburan suka dikambing hitamkan buat mereka yang udah jenuh dengan kesehariaannya.

Yaampun, konsentrasi gue melemah banget, nih. Kayaknya aku butuh liburan, deh.

Daritadi nggak ngerti gue dosen ini jelasin apaan. Kayaknya gue butuh liburan, deh.

APA, AREMA MENANG? AYOK KITA LIBURAN. KITA RAYAKAN KEMENANGAN AREMA, AKU KE KOST MU YA, SAYANG. …tut….tut…tut

Meski setiap tahun kita pasti melewati masa-masa transisi ini, baik masih sekolah, kuliah atau yang udah kerja, semua pasti merasakan transisi dari hari libur ke hari biasa, dan hal ini sangat menyebalkan.

Gimana nggak nyebelin. Kita yang biasnya dihari libur bebas bangun tidur jam berapa pun. Saat hari biasa harus siap bangun pagi dan mengubur dalam-dalam impian untuk bangun siang. Itu masih belum seberapa, yang lebih nyebelin waktu liburan kita bebas mau kemana aja, sama siapa aja, dan jam berpa aja.

Nah, kalau udah hari biasa kita nggak bisa lagi seenaknya kaya gini. Harus nyocokin jadwal kita sama jadwal orang yang mau diajak ketemuan. Ngeselin dah pokoknya.

Untuk mengurangi beberapa keteledoran yang biasa terjadi pada manusia Indonesia pada awal-awal transisi dari hari libur menuju hari biasa, gue sudah menyiapkan beberapa tips yang pastinya akan menjerumuskan membantu kalian menghadapi monster bernama pasca hari biasa.

Jadi, jika hari libur sebentar lagi akan berakhir, hal yang harus kalian lakukan adalah :

 

1. Lihat Kalender

Walaupun sepele, melihat kalender itu penting.

Walaupun sepele, melihat kalender itu penting. via http://acehraya.co.id

Ya, melihat kalender adalah hal paling basic yang harus kalian lakukan. Lihatlah kalender di rumah untuk memastikan bahwa sebentar lagi liburan akan benar-benar berakhir, dan kalian harus mulai prepare dari sekarang. Seperti mulai membiasakan diri mandi pagi seminggu sebelum hari libur habis, olahraga pagi lagi biar perut buncit kalian nggak jadi bahan ejekan temen kantor, ngampus atau sekolah.

Tapi kalau ternyata dirumah kalian nggak punya kalender ya santai aja deh, gak perlu prepare. Ehh, tapi kan di hape ada kalendernya, kalian kan pasti punya HP semua, yahhhhhh harus prepare lagi deh. Ngeselin ya.

2. Persiapkan Semua Barang Penting

Selain mental, memeprsiapkan barang penting adalah wajib hukumnya

Selain mental, memeprsiapkan barang penting adalah wajib hukumnya via https://s-media-cache-ak0.pinimg.com

Ini juga penting, nggak jarang kan kalian melihat temen-temen yang dihukum pas upacara dihari pertama masuk sekolah karena nggak bawa topi, nggak pake dasi dan pake ikat pingang dari tali sepatu. Jadi, untuk menghindari hal memalukan ini, sebaiknya kita menyiapkan barang-barang penting ini jauh  sebelum hari liburan akan selesai. Kalau bisa waktu hari pertama liburan, kalian udah siapkan, masukan mereka semua ke dalam satu tempat dan taruh di saku celana *Lah Eamang muat?*

Tapi buat kalian yang punya ingatan tinggi, ya nggak papa sih nyiapinya entar-entar aja, nggak ada yang marah juga kok. Tapi, kalau tiba-tiba kalian lupa jangan pernah salahin keadaan ya. Jangan samakan kasus lupa bawa barang penting dengan lupa move on. Itu beda.

3. Tanya-Tanya Temen

Malu bertanya sesat di jamban

Malu bertanya sesat di jamban via https://i.ytimg.com

Inilah gunanya kalian punya teman, bisa jadi tempat buat di tanya-tanyain. Ini bukan semacam memanfaatkan teman loh ya, tapi kita mau nyari info yang akurat. Apa benar liburan akan benar-benar berakhir.

Kan nggak lucu aja kalau kalian tahunya liburan berakhir tanggal 16, padahal sebenarnya bukan tanggal 16 tapi tanggal 19. Kalian udah yakin dengan tanggal itu, udah menandainya di kalender masing-masing. Tapi, pas masuk tanggal 16 ehhh sekolahan sepi, tempat kerja cuman diisi sama satpam dan OB, mana kalian jomblo lagi, pasti perginya sendirian kan, kasihan.

Makanya, sebelum libur benar-benar selesai wajib hukumnya buat tanya-tanya sama temen. Buat yang anak sekolahan bisa tanya ketua kelasnya, buat yang kerja bisa tanya sama rekan kerjanya, buat yang kuliah juga bisa tanya sama Dosen pembimbingnya. Ingat, malu bertanya sesat di jamban. Jadi tanyalah….

4. Manfaatkan Sisa-sisa Akhir Liburan

Nonton fim termasuk cara memanfaatkan liburan, kok

Nonton fim termasuk cara memanfaatkan liburan, kok via http://www.clipartkid.com

Tidur bukanlah cara yang pas untuk memanfaatkan liburan yang datangnya cuman setahun sekali. Jadi, akan sangat usless kalau sisa libur kalian cuman dipake buat tidur. Agar liburan terasa sedikit usefull, kalian bisa coba puasain dengan cara-cara kalian sendiri. Yang hobi traveling bisa traveling dari Kasur rumah kalian ke kasur rumah tetangga.

Yang hobi berenang, bisa berenang dari kamar mandi rumah kalian ke kamar mandi tetangga. Yang kurang melakukan silaturahmi saat hari biasa. Liburan ini adalah moment yang pas untuk menyambung kembali tali silaturahmi itu. Menghubungi mantan contohnya. Nah, buat yang hobi merebut kebahagian orang lain? hmmm hobi macam apa ini? Yahh intinya manfaatin liburan itu nggak melulu dengan tidur sepuasnya dan bangun siang se-enaknya. itu

Lakukanlah hal yang dihari biasa agak susah kalian lakukan. Seperti olahraga atau berkumpul dengan teman-teman. Buat kalian yang suka menyendiri di rumah marathon film mungkin bukan pilihan buruk. Lahap aja semua serial atau film yang sudah lama kalian ingin tonton tapi waktunya selalu kepake untuk kerja atau sekolah.

Karena hari libur sama artinya dengan hari pembalasan. Maka, balaslah kekecewaan-kekecewaan yang kerap kalian terima di hari biasa. Ini waktunya balas dendam teman-teman. Ayo, kepalkan telapak tangan kemudian gerakan meninju ke udara sambil berteriak:

5. Latih Ilmu ‘Amnesia’ Kalian

Ku ingin hilang ingatan ~~~

Ku ingin hilang ingatan ~~~ via http://cdn1-a.production.liputan6.static6.com

Ini penting buat kalian yang masih sekolah, seperti point di atas, kalau tiba-tiba kalian lupa bawa topi, dasi dan atribut lainya, kalian bisa menggunakan ilmu yang satu ini.

Ini beberapa list kaliamat yang bisa kalian gunakan jikalau terdesak dan terpojok dengan pertanyaan guru piket yang kepo :

“ini hari apa pak?”

“Ini Dimana?”

“Ini Tahun berapa?”

“Kok Saya ada disini pak?”

“Bapak kok kepo-in saya?”

“Pak, Ada duit 100 ribuan tuhhhh.!”

“pak, liat deh. Ada ufo”

*KABURRRRRRRR*

6. Jangan Liburan Kalau Nggak Mau Liburnya Berakhir

LIBURAN HARGA MATI!!!

LIBURAN HARGA MATI!!! via http://www.rawstory.com

“Tapi tapi tapi ! Aku masih betah liburan, dan nggak mau nyiapin ini itunya buat menyambut berakhirnya liburan nih ! Kayaknya aku belum siap kalau harus mengakhiri liburan ini nih! Gimana ya biar aku nggak repot nyiapin ini itunya setelah liburan berakhir ? YAN NGGAK USAH LIBURAN. Selesai.

Liburan memang menyenangkan. Tapi, siap nggak siap kita harus kembali pada rutinitas sehari-hari. Bangun pagi, mandi pagi, dan melakukan hal-hal menyebalkan yang lainnya. Tapi jangan kecewa. Jangan dikira kita Cuma bisa liburan pada waktu hari libur aja. Hari biasa pun buat kamu-kamu yang kreatif tetap bisa digunakan sebagai hari libur, kok. Semua tergantung gimana kamunya aja dalam memanfaatkan hari.