Mendaki adalah salah satu kegiatan yang menantang untuk dilakukan. Beberapa tahun belakang ini, mendaki sudah menjadi salah satu kegiatan favorit terutama di kalangan para perempuan. Perempuan mendaki sudah menjadi hal yang lumrah untuk dilakukan, bahkan banyak akun-akun media sosial dengan nama pendaki cantik. Ada kebanggaan tersendiri jika berhasil meraih puncak dan pulang dengan selamat. Namu jangan hanya karena mengikuti trend, kita sampai lupa akan keamanan dan keselamatan ketika mendaki sebuah gunung. Berikut adalah tips dan trik mendaki untuk kaum perempuan.

1. Kenali dulu keadaan gunungnya, jangan asal katanya dan katanya

Puncak Gunung Arjuna via http://2.bp.blogspot.com

Hal pertama yang hampir sering dilupakan yaitu mengenali dan mempelajari gunung yang akan didaki. Karena setiap gunung memiliki karakteristik yang berbeda-beda, jadi kita harus mempelari betul gunung tersebut. Misalnya gunung Semeru dan gunung Arjuna memiliki struktur puncak yang berbeda. Gunung Semeru memiliki struktur lebih berpasir sedangkan gunung Arjuna berstruktur bebatuan. Dari hal ini juga, kita dapat mengukur kemampuan kita dan latihan fisik yang harus kita lakukan.

2. Siapkan fisik dan mentalmu itu penting, girls!

Puncak mahameru via https://www.instagram.com

Ladies, jangan pernah menganggap sepele ketinggian sebuah gunung. Meskipun gunung tersebut terbilang gunung yang rendah, namun tetap membutuhkan fisik dan mental yang kuat. Sebaiknya melakukan latihan fisik kurang lebih tiga puluh hari untuk membiasakan fisik kita agar tubuh  terbiasa. Latihan fisik yang paling mudah adalah naik turun tangga dengan beban dipundak, hal ini dapat membantu kita untuk latihan fisik serta pernapasan. Ingat, jangan dipaksa terlalu kuat dihari pertama melakukan latihan fisik, pelan tapi konsisten.

3. Pilih tas yang sesuai dengan kapasitas tubuhmu. Jangan sampai keberatan, ya!

Oro-oro ombo via https://www.instagram.com

Advertisement

Kita akan mendaki sebuah gunung bukan jalan-jalan biasa jadi gunakan tas yang mendukung aktifitas mendaki, seperti tas carrier. Penggunaan tas carrier pun harus diperhatikan, pilih tas yang sesuai dengan tinggi dan kemampuan yang dimiliki. Hal ini perlu diperhatikan karena saat mendaki nanti, beban akan bertambah dua kali lipat. Dan perlu ingat, penggunaan tas carrier untuk perempuan berbeda dengan laki-laki. Jadi jangan pernah memaksakan diri untuk melampaui batas kemampuan.

4. Bawa pakaian secukupnya. Pilih yang nyaman dan nggak membuatmu kedinginan di sana

gunung arjuna via https://www.instagram.com

Bawa pakaian secukupnya. Perkirakan hari untuk mendaki dengan baju yang akan dibawa. Baju yang akan dibawa diperkirakan tiga potong, jadi lebihkan satu potong untuk keadaan darurat seperti jatuh ke sungai atau basah karena keringat. Jangan lupa untuk membawa baju hangat karena itu yang melindungi diri saat dingin di malam hari.  Untuk satu potong baju cadangan lebih baik ditaruh di dalam plastik agar tetap kering.

5. Barang-barang krusial seperti pembalut dan lain-lainnya pun harus kamu persiapkan.Ingat, di gunung nggak ada swalayan!

Gunung Semeru via https://ashkar.com

Barang perempuan yang satu ini wajib dibawa, karena diatas gunung nanti tidak akan ada  warung yang menjual. Barang perempuan ini adalah pembalut. Hal ini dikarenakan siklus menstruasi bisa berubah hanya karena letih dan kecapekan saat mendaki gunung. Jadi alangkah baiknya untuk mengantisipasi hal ini. Di samping itu, plastik warna hitam juga wajib dibawa. Jadi harus tetap jaga kebersihan.

Itulah lima tips dan trik mendaki gunung untuk para perempuan. Mendaki bukanlah hal seperti rekreasi atau sekedar jalan-jalan, melainkan perjalanan fisik dan mental yang  menyatu dengan alam. Jangan pernah menyepelekan hal sederhana yang ada di alam, karena bisa jadi hal itu merupakan sebuah pertanda.

Hal yang perlu selalu diingat adalah berdoa dan jangan pernah memaksakan fisik, Jadi untuk para perempuan yang ingin mendaki gunung, "Keep safety!”