Di zaman serba modern ini semuanya serba berubah, termasuk peran antara laki-laki dan wanita yang kini sudah tidak ada batasnya lagi. Zaman dulu tugas seorang Ibu hanyalah seorang Ibu Rumah Tangga biasa yang bertugas mengurus anak, suami serta urusan dapur, namun sekarang seorang wanita harus bisa menjadi seorang "laki-laki" yang bertugas mencari nafkah, serta tak melupakan kodratnya sebagai Ibu yang baik. Seringkali tugas ganda ini menjadikan anda wanita yang tangguh tapi juga wanita yang rentan emosi karena "kelebihan" tugas. Mungkin anda harus bisa membuat sarapan sambil menerima telfon dari customer perusahaan atau mungkin anda harus bisa menyusui bayi sambil membalas email. Dan ketika asisten rumah tangga sulit dicari, semua itu menjadi tugas anda, dan semuanya harus dilakukan.

Berikut tips-tips agar bagaimana kalian para wanita bisa membagi waktu antara urusan rumah dan kantor :

 

1. Jangan Tunda Pekerjaan Rumah

Cara agar pekerjaan selesai tepat waktu

Cara agar pekerjaan selesai tepat waktu via http://sidomi.com

Mengingat tugas ganda seorang IRT dan wanita karir yang segudang, maka anda dipastikan akan kewalahan jika mempunyai kebiasaan menunda nunda pekerjaan, mulailah tidak menunda pekerjaan dari hal terkecil seperti mencuci pakaian, menyetrika atau menyiapkan bahan makanan. Jangan membiasakan diri anda untuk merasa santai ketika cucian belum setumpuk atau karena baju yang perlu disetrika belum penuh sekeranjang. Jika prinsip menabung sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit, nah kalo ini sedikit demi sedikit lama-lama jadi "pusing".

2. Bangun Lebih Pagi

Hal yang tidak boleh dilakukan ibu rumah tangga

Hal yang tidak boleh dilakukan ibu rumah tangga via http://gadis.beritategar.id

"Bangunlah lebih pagi agar rejekimu tak dipatok ayam" begitu kata orang tua dulu, nah berlaku juga bagi anda yang seorang IRT merangkap wanita karir. Jika anda harus masuk kantor jam 7 pagi, bisa anda bayangkan jika anda bangun jam 5, anak-anak belum dimandikan, suami minta sarapan lalu anda sendiri pun harus bersiap pergi ke kantor, repot kan?. Oleh karena itu bangunlah satu jam lebih pagi, kemudian segera urus kebutuhan anak-anak dan suami, lalu anda bisa membuat sarapan yang praktis, dan selebihnya waktu anda untuk bersiap-siap pergi ke kantor.

3. Beli Semua Kebutuhan Dapur dalam Satu waktu

Berbelanja

Berbelanja via http://cincara.com

Menjadi Ibu Rumah Tangga sekaligus wanita karir pasti akan menyita sekali waktu anda, oleh karena itu kita harus mempergunakan waktu seefisien dan seefektif mungkin. Salah satu hal yang paling menyita waktu perempuan adalah berbelanja, untuk menghemat waktu mulai hari ini anda harus membiasakan diri agar dapat membuat daftar belanja bulanan dalam satu waktu dan berbelanja di hari yang sama untuk satu bulan ke depan, semua kebutuhan pokok dibeli dalam jumlah yang cukup untuk satu bulan ke depan agar anda tidak perlu lagi bolak-balik ke warung hanya untuk membeli minyak goreng yang tiba-tiba habis stoknya di pertengahan bulan. Untuk kebutuhan makan sehari-haripun anda bisa menyiasatinya dengan berbelanja sayur mayur dan daging seminggu sekali, anda cukup meluangkan waktu di hari minggu untuk membeli sayur-mayur dan daging, kemudian anda cuci bersih semua bahan lalu potong-potong sesuai dengan apa yang hendak anda masak untuk menu selama seminggu kemudian masukkan kulkas. Dengan begini anda pun tidak perlu setiap hari pergi ke pasar hanya untuk menyiapkan makan keluarga.

4. Berkumpul Dengan Keluarga Adalah Prioritas

wher do the real housewives hangout

wher do the real housewives hangout via http://hamptons-magazine.com

Jika dulu anda adalah seorang wanita karir yang bebas tanpa anak dan suami, ingat bahwa sekarang dunia anda berbeda, anda tidak bisa lagi bermain dan berkumpul dengan teman sebebas dulu ketika masih lajang. Tanggung jawab anda dalam mengurus anak dan suami adalah nomor satu. Jadi jangan terlalu segan menolak ajakan teman untuk berkumpul sekadar makan ataupun berbelanja, karena di rumah anak dan suamimu lebih membutuhkan perhatianmu.

5. Tata semua barang di rumah serapih mungkin

Yuk rapikan lemari

Yuk rapikan lemari via http://www.ideaonline.co.id

Bagi kalian Ibu rumah tangga, pasti pernah mengalami hal berikut

- Suami bertanya "Kaos kakiku disimpan dimana?"

-Anak bertanya "Baju olahragaku kok ga ada mah?"

Pertanyaan-pertanyaan diatas terlihat sepele tapi cukup menyita waktu anda bukan? apalagi pertanyaan di atas dilontarkan ketiga pagi hari dimana anda harus buru-buru pergi ke kantor. untuk mengatasi hal ini, anda harus segera berbenah, jangan hanya disiplin di kantor saja, disiplin juga perlu diterapkan di rumah agar segala sesuatunya lebih mudah. Mulai dari sekarang anda harus menyimpan barang pada tempatnya masing-masing, bila perlu anda melabeli tiap rak lemari dengan tulisan apa saja yang disimpan di dalamnya. Atau anda juga bisa menyimpan suatu barang secara berkelompok, misalnya lemari bagian atas khusus menyimpan sepatu, kemudian lemari bagian bawah khusus untuk menyimpan tas. Hal ini dapat lebih memudahkan anda, sehingga waktu tidak terbuang hanya untuk mencari-cari barang yang anda tidak tahu pasti tempatnya.