Bukankah jodoh sudah tertulis di Lauhul Mahfuz ketika kamu belum dilahirkan kedunia. Karena di Lauhul Mahfuz, tidak nya jodohmu yang sudah tertulis melainkan juga jalan cerita hidupmu, rezeki, dan maut. 

Jika ada yang bertanya perlukah berusaha? atau hanya bersabar dan menikmati jalannya? Menurutku, usaha tidak perlu berlebihan untuk mencarinya yang penting adalah ikhtiar yang sungguh dalam memperbaiki diri terlebih dahulu. 

1. Dekati saja dulu ‘Pencipta’ Nya

Pinterest.com via https://id.pinterest.com

Kamu mencari kemana-mana jodohmu, tapi kamu lupa pasalnya siapa pencipta jodohmu. Kamu lupa sampai kamu tidak tahu arah kemana jalan hidupmu. Kamu berfikir mungkinkah dengan kamu keluar malam dan ikut pergi bersama teman-temanmu ke nightclub, kamu akan bertemu 'Dia'.

Yes! kamu mungkin akan bertemu dia dengan keadaan kamu dan dia yang tidak baik, dalam proses yang hanya senang sementara. Karena besoknya kamu baru menyadari bahwa kamu dalam cinta yang semu, cinta yang tidak mungkin kamu bawa sampai ke jenjang pernikahan.

Bukankah caramu salah?

Advertisement

Yang perlu kamu lakukan adalah hentangkan sejadahmu pakailah peralatan sholatmu dan berdoalah dalam keadaan khusyuk, tangisilah keadaanmu dan bertaubatlah selama kamu masih diberi nikmat. Mintalah ampun dan panjatkanlah doa dan harapanmu, agar Tuhan yang maha Esa segera mengabulkan doamu dalam mempertemukan dengan jodohmu.

2. Sabar dan ikhlaskanlah..

Pinterest.com via https://id.pinterest.com

Sabarlah buat kamu yang harus menangis di setiap malam, ketika doa-mu belum juga terkabul. Ikhlaskanlah dan percayalah pada Tuhan, bahwa Tuhan tidak akan memberi cobaan diluar kemampuan hambanya.

“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebaikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya…." ( Al-Baqarah: 286)

Ikhlaskanlah sabarmu maka kesabaran akan membuahkan sesuatu yang sangat bermanfaat. Dengan ikhlasmu, maka hatimu menjadi jauh lebih tenang. Harapanmu tidak lagi terpatok kepada manusia, melainkan sekarang harapanmu sekarang hanya berharap ridho Allah SWT.

3. Do the best for your life!

Pinterest.com via https://id.pinterest.com

Kamu tak boleh terlalu bersedih hati, hatimu boleh terluka dan menangis terlalu lama tapi sekarang syukurilah nikmat yang sudah Tuhan beri padamu.

Nikmati hari-harimu dengan kegiatan yang positif, seperti perbaiki sholatmu, bacalah al-qur'an setiap kamu merasa sepi dan sendiri, ikutilah komunitas-komunitas yang mebangun semangatmu dan lakukanlah olahraga agar tubuh dan fikiranmu merasa fresh kembali.

Tuhan akan bahagia jika melihat hamba-nya yang di sayang bahagia dan mencintai dirinya, mensyukuri nikmat yang telah Tuhan berikan. Soal jodoh, tenang saja bukankah Tuhan sudah menjajikan itu sebelum kamu terlahir di dunia kan? Tugasmu sekarang hanya berusaha memperbaiki hubunganmu dengan Tuhanmu terlebih dahulu.