“Aku senang berada di antara orang-orang yang patah hati. Mereka tidak banyak bicara, jujur, dan berbahaya. Mereka tahu apa yang mereka cari. Mereka tahu dari diri mereka ada yang telah dicuri.”

-Aan Mansyur-

Masa muda adalah masa yang paling menyenangkan, kata orang. Penuh gairah, selalu ingin tahu, naluri bertualang, hingga tumbuhnya rasa cinta. Hanya sayang kadang masa muda tak seideal dan sebahagia yang orang bayangkan. Ada rasa takut akan kegagalan, cemas terhadap masa depan sampai baper yang tak berkesudahan.

Ngomongin cerita patah hati emang nggak ada habisnya. Apalagi yang punya banyak kenangan dalam asmaranya. Mending kalau cepat move on. Eh, realitanya sampai tua keinget mantan. Duh!

Ada banyak cara untuk mencoba untuk mengobati patah hati. Salah satunya dengan traveling. Sejenak kabur dari semua yang bisa jadi tombol pembuka kenangan. Ada tujuh tempat wisata yang bisa kamu gunakan kabur sementara. Mau tau?

 

1. Pulau Kenawa, Sumbawa

Dokumentasi Sociotraveler

Dokumentasi Sociotraveler via http://facebook.com

Ada sebuah pulau kecil dan unik di sebelah barat Pulau Sumbawa. Namanya Kenawa. Tak terlalu spesial sih, cuma ada padang savanna kuning kecoklatan, satu bukit, pantai biru tosca dan sepasang sunrise dan sunset. Ya, hanya itu. Sederhana bukan. Di sanalah tempat yang cocok buat menyederhanakan hidupmu yang ruwet abis patah hati. Sepi. Mau guling-guling nggak pake baju juga terserah (Jangan dicoba ya, haha)

2. Bukit Kosakora, Jogjakarta

Bukit Kosakora

Bukit Kosakora via http://facebook.com

Tak kurang 60 km dari Jogja, terdapat sebuah bukit super keren. Berada tak jauh dari Pantai Drini, bukit Kosakora mulai dikenal sebagai tempat camping anak muda. Hamparan samudra luas di depan berpadu dengan sunset sempurna di barat sangat cocok buat kamu yang lagi baper ditinggal mantan. Pas malam, tidur aja di reremputan sambil melihat bintang bertaburan. Asyik kan.

3. Kampung Baduy, Banten

Baduy Dalam

Baduy Dalam via https://facebook.com

Cara melarikan diri paling ampuh adalah ke tempat yang tak ada koneksi internet. Banyak yang bilang kan godaan manusia itu sekarang Harta, Tahta, Kuota. Atau ada yang bilang Kuota bisa diganti Raisa atau Pevita lah. Buat yang lagi sedih patah hati, datanglah ke Baduy Dalam. Masukilah kampung yang masih sangat asri ini. Yaelah boro-boro internet, listrik aja nggak ada. Mandi di sungai euy. Harmoni bersama alam. Seenggaknya nggak sempat stalking mantan. Bener kan? Hayo…

4. Museum Ullen Sentalu, Jogjakarta

Jika kamu lagi patah hati datanglah ke museum ini. Ullen Sentalu adalah salah satu museum terbaik di Indonesia. Peninggalan kerajaan Mataram (Jogja dan Solo) tersimpan dengan sangat baik di museum yang sebagian berada di bawah tanah ini. Oh iya, di salah satu ruangan ada puluhan surat cinta para bangsawan Mataram. Setelah membacanya kamu bakal merasa kisah patah hatimu cuma remah-remah rengginang di kaleng Khong Guan sisa lebaran.

5. Gili Kondo, Lombok

Gili Kondo

Gili Kondo via http://facebook.com

Bicara destinasi yang cocok buat kabur dari kenangan tak afdhol kalau tak mencantumkan salah satu gili. Sudah nggak zaman ke Gili Trawangan. Itu era 2000an banget nggak sih. Tahun 2016 mainnya ke gili di timur Lombok dong, salah satu yang mempesona adalah Gili Kondo. Pulau tak berpenghuni tanpa suara ombak ini cukup keren buat pelarian. Ini bakal jadi pulau private sementara buat kamu yang sedang ingin sendiri. Pasirnya halus banget men. Apalagi lautnya bening banget dan pasti bisa bikin hatimu jernih dan lumer. Gak kaku kaya kanebo kering.

6. Pulau Sebesi di dekat Gunung Krakatau, Lampung

Voluntourism Book for Mountain

Voluntourism Book for Mountain via http://facebook.com

Ada satu pulau padat penduduk dekat Gunung Krakatau yang acapkali disebut Pulau Sebesi. Anak-anak pulau itu sangat ramai dan seru. Daripada kamu mikirin mantan terus lebih baik bermain dan mengajar anak-anak Sebesi. Dedikasikan dirimu barang 3-4 hari bersama mereka. Seru sekali mengasingkan diri sejenak dan bermain bersama anak-anak. Lebih-lebih kamu bisa mendaki Gunung Krakatau dan snorkeling di sekitarnya. Yakin deh, move on kamu bakal mulus. Cintamu teralihkan untuk anak Indonesia. Eeeaaa.

7. Gunung Rinjani, Lombok

Jomblo Mendaki Rinjani

Jomblo Mendaki Rinjani via http://instagram.com

Tempat paling juara untuk move on adalah Gunung Rinjani. Di ketinggian 3.726 mdpl kamu akan merasa bahwa urusan hati tak ada yang perlu dikhawatirkan. Menenteng keril, menjelajah hutan, tergopoh-gopoh di trek pasir hingga berdiri mantap di puncak Rinjani adalah sebuah kebanggaan tak terkira. Mau kamu jomblo kek, patah hati kek, baper kek, kamu akan tetap terlihat keren dan mempesona. Habat. Alhasil nggak sempat mikirin masa lalu deh. Malah yang terjadi sebaliknya. Siapa tau malah bertemu dengan pendaki lain yang potensial jadi penawar lara. Hahaha.

Who knows? 

Itu dia tujuh destinasi wisata yang cocok buat kamu datengin pas lagi patah hati. Santai saja. Ambil hikmahnya. Siapa tahu jodoh kamu bakal menemuimu sewaktu traveling. Atau jangan-jangan jodoh kamu emang belum lahir. Jadi ditunggu saja dan stop bapernya ya.

Semoga segera move on ya, travelers.