Jepang merupakan salah satu negara yang sangat mengagumkan. Berbagai kelebihan dan keunggulan 'negeri matahari terbit' ini menjadikannya sebagai salah satu negara yang ingin dikunjungi oleh orang-orang dari negara lain. Salah satunya adalah dari segi kesehatannya, di mana sistem medis di Jepang terlihat unik dan berbeda dari negara lain. Yuk, cek 5 perbedaannya!

 

1. Suka Banget Memakai 'Masker'

https://gahag.net

https://gahag.net via https://animecewekindo.net

Di Jepang, melihat orang memakai masker adalah hal yang sudah biasa. Contohnya di lingkungan rumah sakit. Pada saat sedang tidak melakukan operasi, dokter dan para pegawai rumah sakit pun tetap memakai masker dalam keadaan apapun.

2. Suka Mengatur Jadwal untuk 'Berobat'

http://pakutaso.com

http://pakutaso.com via https://animecewekindo.net

Jepang adalah negara yang sangat sibuk dan sulit untuk mengatur waktu. Begitu juga dengan fasilitas umum seperti rumah sakit atau klinik yang tentu saja berbeda dengan Indonesia. Di Jepang, jadwal buka-tutup setiap klinik selalu berubah-ubah walau sudah ditetapkan jadwalnya (Senin – Jumat jam 09.00 sampai 17.00). Jika kalian sedang ingin berobat, maka kalian harus menunggu atau mencari klinik yang buka walaupun jaraknya sangat jauh.

3. 'Dokter' itu Bagaikan Seorang 'Dewa'?

https://pakutaso.com

https://pakutaso.com via https://animecewekindo.net

Di negara lain, kalian dapat menemukan dokter yang ramah dan suka berbasa-basi. Tapi kalau kalian pergi ke Jepang, ketika masuk ke dalam ruangan dokter, kalian tidak akan bisa berbuat apapun. Menanyakan pertanyaan pada dokter adalah hal yang tabu. Kalian hanya bisa mengikuti apa yang dokter katakan, kemudian pergi.

4. Prosedur Pengobatan Sedikit 'Aneh'?

https://filmterbaruindo.com

https://filmterbaruindo.com via https://animecewekindo.net

Tidak ada seorangpun yang menginginkan untuk sakit. Di Jepang, bahkan bisa menjadi hal yang lebih buruk lagi. Hal yang paling sering dilakukan adalah flu test. mungkin kamu bakalan mengerti bagaimana seorang dokter memasukan alat di hidung untuk melihat apakah kita terkena flu, lebih jelasnya kamu bisa cek langsung di youtube untuk video flu test di jepang.

5. Masalah 'Asuransi' Kesehatan yang Murah

https://twitter.com/nenkin_info

https://twitter.com/nenkin_info via https://animecewekindo.net

Hal terakhir adalah jika kalian tinggal di Jepang, sangat mudah untuk mendapatkan asuransi kesehatan selama kalian memiliki visa selama lebih dari tiga bulan. Mengurusnya pun sangat mudah, hanya menunggu selama beberapa minggu kalian bisa mendapatkan asuransi kesehatan yang dikeluarkan oleh pemerintah atau tempat kalian bekerja. Kalian juga dapat mengaplikasikannya di semua rumah sakit di Jepang dengan ongkos berobat yang murah.

Begitulah sistem medis di Jepang yang mungkin berbeda dengan negara tercinta kita, Indonesia. memang setiap negara memiliki karakteristik sendiri dengan perbedaan budaya karena itu penerapan kesehatan di Jepang memang cukup aneh, tapi di balik semua keanehan itu terdapat banyak sisi positif yang harus kita terapkan.