1. Putus cinta memang sangat menyakitkan, apalagi perjuangan LDR 3 tahun kandas begitu saja

Putus Cinat via http://www.pixel.com

Sahabat memang orang yang paling tepat untuk mencurahkan semua masalah isi dompet sampai masalah percintaan. Ya begitu juga dengan kita. Ketika aku gagal dan jatuh hati terhadap gadis impianku tentu kamu menjadi bagian dari yang merasakan kebahagianku juga.

Begitu juga denganku, aku akui perjuangan yang kamu lakukan sungguh luar biasa demi menjaga yang namanya kesetiaan. Tapi apa mau dikata, orang yang diperjuangkan nyatanya tak pantas dipertahankan. lepaskan saja dan ikuti keputusannya meski awalnya barat.

2. Biarkan bia bahagia dengan pilihannya, dan yakinlah bahwa akan ada malaikat penggantinya

Kata-kata "kita sudah cukup sampai disini saja" atau "putus" atau apapun itu pengungkapannya, yang pasti perpisahan memang sangat menyakitkan. Tak mudah memang untuk menerima semua kenyataan, apalagi hubungan yang awalnya baik-baik dan tidak ada masalah sama sekali tetapi tiba-tiba di akhiri.

Advertisement

Tapi mau bagaimana lagi, masalah hati memang masalah pribadi. Jika kamu ingin tetap bertahan tetapi yang diperjuangkan tidak menginginkannya, lebih baik mundur secara teratur dan biar dia bahagia dengan pilihannya.

3. Tak perlu untuk meminta, dengan senang hati aku menjadi bahu untuk bersandar bagimu sahabat

Memang aku tak bisa menjadi seperti kekasihmu itu, bahkan aku saja tak mengenalnya secara langsung. Karena hubungan yang kamu jalani memang LDR , antara gemerlapnya Ibu Kota dengan apiknya kota Lumpia. Tapi ketika kamu chat sedang galau dan ingin cerita, aku akan menjadi pendengar yang setia.

Maaf jika kadang aku membawamu piknik ketika hati kamu sedang galau, mulai dari menjelajahi bogor dengan motor dan membuat bokong serasa kempes sampai hanya sekedar makan di sebuah cafe untuk melepaskan isi hati yang keruh.

4. Hijrah itu memang penting dan harus, tapi bukan karena cowok juga kan

Gadis Muslimah via http://idepernikahan.com

Bahagia rasanya ketika mendegar kamu sudah benar-benar bisa menerima kenyataan bahwa dia yang kamu perjuangkan ternyata telah berpaling. Apalagi kamu sudah didekati dengan seorang calon imam yang sangat baik dan bisa menuntunmu menuju Ridha-Nya.

Tapi, rasa bahagiaku mulai berkurang. Ketika dia yang mendekatimu ternyata mengingin kamu berubah menjadi wanita yang syaria, meski kamu sekarang memang sudah menggunakan hijab sebagaiaman wanita muslimah lainnya. Jangan pernah berubah jika itu hanya sebuah permintaan ya sahabat, berubahlah ketika itu memang datangnya dari hati dan tanpa ada paksaan.

5. Meski jarang bertemu, percayalah kamu sudah kujadikan sebagai sahabat wanita terbaik di hidupku

Memang kita tak selalu bertemu, bahkan tak setiap minggu kita bisa menghabiskan waktu bersama. Karena memang kegiatan kita yang sangat banyak, mulai dari kerja yang kadang menyita waktu sampai larut malam bahkan rela di kantor weekedn hanya demi sebuah kate "Tanggungjawab"

Tapi percayalah, semakin jarang kita ketemu akan membuat rasa kangen dan mencurahkan semua isi hati akan semakin menggoda. Satu hal yang harus kamu, disetiap sujudku aku selalu menyebut namamu. Semoga kamu bahagia dunia dan akhirat.