1. 1. Sadarkan dirimu sejenak dan renungkan

googleimage via http://www.lintasnews.com

Si pelit pasti tahu bahwa dirinya itu pelit. tapi sekedar tahu saja tidak cukup, renungkanlah sejenak. orang-orang yang ada disekitarmu pasti sering menyatakan bahwasanya kamu pelit, baik itu dalam konteks mereka bercanda atau mereka serius. sebenarnya mereka mengatakan itu bukan untuk menyinggung perasaanmu tetapi agar kamu bisa berubah menjadi tidak pelit lagi. Jadi bercerminlah, lihat sekelilingmu. tanyakan pada dirimu sendiri apakah kamu senang jika orang yang ada didekatmu bersikap sepertimu "yang terlalu pelit" ? kalau tidak, ubahlah perlahan dengan meminta pendapat dan saran dari orang-orang terdekatmu bicara hati ke hati mereka akan senang membantumu. Kamu pasti bisa!

2. 2. Redam rasa takut akan kehabisan uang

Tenang, kamu tidak akan kehabisan uang jika kamu tahu caranya berhemat dengan baik dan benar. searching artikel yang dapat mengajarkan kamu bagaimana cara untuk berhemat. Buatlah list kemana saja uangmu akan digunakan misalnya : sekian (%) untuk kesehatan, hiburan (nonton bioskop, jalan dengan teman), belanja kebutuhan hidup tapi pastikan sebelum berbelanja, buatlah list belanjaan terlebih dahulu pikirkan apakah itu penting untuk dibeli, atau tidak penting. Usahakan untuk tidak "lapar mata" dengan begitu kamu dijamin tidak akan kehabisan uang, dan tetap tidak lupa untuk menabung.

3. 3.Berbagi rezeki dengan orang yang membutuhkan

Advertisement

Kamu harus terbiasa mengeluarkan uangmu untuk berbagi dengan orang yang kurang mampu dan yakinlah banyak hal baik akan datang dalam kehidupanmu. dengan berbagi juga akan membuat kamu merasakan betapa indahnya hidup ini jika setiap orang saling tolong-menolong. Tidak harus uang kok, makanan, atau pakaian layak pakai yang sudah tidak kamu gunakan lagi bisa kamu berikan juga. Perbanyaklah rasa syukurmu atas apa yang sudah kamu miliki.

4. 4. Mulai dari sekarang juga, dan dari hal yang kecil

Setelah kamu membaca ini, mulailah semuanya dari sekarang juga. Tidak perlu langsung ke hal-hal yang besar, mulailah dari hal yang kecil seperti mentraktir kakak atau adikmu, berbagi jajanan untuk teman-teman terbaikmu yang selama ini sudah sering memberimu banyak makanan mereka tidak perlu mahal tapi tulus darimu, sedekahkan uangmu ke orang yang kurang mampu atau kotak-kotak amal yang terlihat olehmu. Yakinlah, berbagi sedikit tidak akan mengurangi rezekimu dan dengan berbagi banyak hal baik akan datang padamu.

5. 5. Bersiaplah dengan hal baru, dirimu yang jauh lebih baik

googleimage via http://whatnextbook.com

kamu, ya kamu! selamat sukses atas perubahan yang akan terjadi dalam hidupmu. perasaan yang nyaman akan ada di hatimu dan untuk orang-orang disekelilingmu. semua hal akan jauh lebih indah.