Tahukah kamu kalau jenis kulit setiap orang berbeda? Karena tiap jenis kulit memiliki cara perawatan yang berbeda, mari kita simak dan cocokkan mana yang merupakan jenis kulitmu, Ladies!

1. Jenis kulit kering

Kulit kering rentan kulit mengelupas via https://michelleswingsofbeauty.files.wordpress.com

Kulit kering pada umumnya terlihat kusam dan terasa kencang karena memiliki tingkat sebum yang rendah serta pecah-pecah karena kurangnya tingkat kelembaban. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat kulit kering ladies.

Kulit kering perlu pelembab dan pijatan lembut secara teratur untuk meningkatkan sirkulasi darah dan mengaktifkan kelenjar penghasil sebum. Setelah cuci muka, keringkan wajah dengan handuk yang lembut. Tidak perlu menggosok, cukup ditempelkan perlahan saja. Gunakan krim pelembab dan krim mata pada malam hari.

Krim lebih baik daripada lotion karena memiliki kandungan minyak lebih banyak. Oleskan krim/baby oil atau krim yang mengandung susu setelah mandi. Gunakanlah pelembab yang mengandung glycerin, dimethicone, atau hyaluronic acid.

2. Jenis kulit berminyak

Advertisement

Kulit terlihat mengkilap dan belang via http://i46.servimg.com

Kulit ini cenderung memiliki pori-pori lebih besar dan tampak berminyak, serta cenderung belang. Kulit berminyak rentan komedo dan jerawat karena kelebihan sebum yang bisa menangkap kotoran sehingga membuat pori-pori tersumbat. Namun jenis kulit ini memiliki kelembapan yang cukup sehingga mengalami masa penuaan yang lebih lambat.

Cara yang bisa dilakukan untuk merawat kulit berminyak :

– Bersihkan wajah dengan menggunakan air hangat dan gunakan sabun yang ringan.

– Setelah mencuci wajah, gunakan handuk yang lembut untuk mengeringkan wajah.

– Gunakan krim/lotion berbasis air yang tidak mengandung minyak. Serta gunakan kosmetik yang mengandung jojoba dan coconut oil karena mampu melembapkan kulit tanpa menyumbat pori-pori.

– Gunakan penyegar berbasis aseton karena aseton dapat menghilangkan minyak pada kulit.

– Gunakan masker buatan sendiri atau masker lumpur karena dapat menyerap minyak berlebih.

– Rileks dan hindari stres karena efeknya akan menumbuhkan jerawat dan komedo.

– Lakukan exfoliating atau proses pengelupasan kulit mati untuk menyingkirkan minyak serta menghindari munculnya komedo. Bila kulit sensitif, sebaiknya mengurangi intensitas perawatan menjadi seminggu sekali.

– Kurangi konsumsi makanan berminyak serta mengandung lemak jenuh. Cobalah konsumsi biji labu, dark chocolate, dan wijen untuk mengontrol minyak pada kulit wajah.

3. Jenis kulit normal

Kulit normal memiliki pori-pori halus dan tidak berminyak via http://www.infinisilk.co.il

Kulit normal memiliki kulit dengan tekstur warna rata, relatif lembut, dan lentur. Pori-porinya halus dan tidak berminyak. Cara yang bisa dilakukan untuk merawat kulit normal :

– Bersihkan kulit dengan sabun yang mengandung glycerin atau sabun bayi.

– Lakukan toning dengan menggunakan air mawar.

– Pakai pelembab ringan pada malam hari.

– Pakai pelembab berbasis minyak.

– Pakai masker wajah yang lembut dan tidak membuat kulit kering.

4. Jenis kulit kombinasi

Wajah terlihat berminyak di area T, namun kering di area wajah lainnya via http://www.ns-mart.com

Kulit kombinasi yaitu di mana area wajah berminyak di daerah “T” (hidung,dahi,dagu). Sedangkan area wajah yang lain kering. Pergunakan pelembab untuk kulit berminyak di daerah “T” dan pelembab untuk kulit kering pada area wajah dengan kulit kering.

5. Jenis kulit sensitif

Hindari menggunakan penyegar wajah yang mengandung alkohol karena reaktif terhadap kulit sensitif via http://www.centar-zdravlja.net

Kulit sensitif memiliki reaksi cepat terhadap produk tertentu, bahan kimia, cuaca panas, atau kondisi lingkungan. Merawat kulit sensitif tidak bisa sembarangan sebab banyak produk perawatan wajah yang malah menimbulkan dampak negatif pada kulit sensitif. Biasanya, kulit akan terlihat memerah, berjerawat, bahkan mengalami iritasi. Bagi kamu yang memiliki kulit sensitif, ikuti tips berikut:

– Jangan menggunakan pembersih wajah yang mengandung zat eksfoliasi. Jika kulit berminyak, gunakan pembersih yang mengandung salicylic acid untuk membuka sumbatan pori.

– Coba gunakan produk yang mengandung herba alami, seperti chamomile dan aloe vera yang berfungsi sebagai anti iritasi.

– Hindari menggunakan penyegar wajah yang mengandung alkohol karena sangat reaktif terhadap kulit sensitif. Sebaiknya pilih penyegar yang mengandung lavender atau witch hazel.

– Pilih tabir surya yang mengandung zinc atau titanium diokside karena dapat mencegah iritasi pada kulit wajah akibat paparan sinar matahari.

– Bersihkan make up dengan pembersih lembut yang tidak mengandung sabun (soap free) dan lembut (mild).

– Bila kulit sedang iritasi, saat membersihkan wajah gunakan air dan make up remover wipes berbentuk tisu. Hindari waslap karena terlalu keras. Jangan gunakan air dingin atau air hangat karena suhu ekstrem dapat mengiritasi kulit secara cepat. Gunakan air bersuhu normal.

Nah, itulah ulasan mengenai jenis kulit! So, rawatlah kulitmu sesuai dengan jenis kulit untuk mendapatkan kulit cantik optimal!