1. 1. Ada orangtua dirumah yang menginginkan anaknya segera lulus, mendapatkan pekerjaan, dan membahagiakan mereka

kedua orangtua via https://www.google.co.id

Orangtua pasti menginginkan yang terbaik bagi anak-anaknya, mereka ingin kamu segera lulus, mendapatkan pekerjaan yang bagus, dan setidaknya memberikan sedikit kebahagiaan untuk mereka. Jika hingga saat ini kamu belum mampu membahagiakan mereka, setidaknya buat mereka bangga dengan bersungguh-sungguh menyelesaikan kuliah mu. Urusan pekerjaan bagus itu nomor sekian. Yang penting lulus dulu, titik.

2. 2. Ada pacar yang sudah menunggu lama untuk bisa hidup bahagia denganmu.

Halalin aku mas , eh njirr ngena banget ! satu hari menunda skripsi sama dengan menunda pernikahanmu lho, percaya atau tidak hal itu nyata, nyatanya banyak diantara teman-teman kita diluar sana yang ditinggal pacarnya nikah karena kelamaan nyelesain skripsi. Kalau kamu nggak bertanggung jawab atas skripsimu gimana kamu bertanggung jawab buat keluarga mu ? nah kamu nggak mau kan bernasib sama ? nggak mau juga kan liat do i kelamaan nunggu kamu ?

3. 3. Beasiswa yang kamu incar belum tentu ada lagi tahun berikutnya

cara ampuh dapatkan beasiswa via https://www.google.co.id

Advertisement

Ada yang bilang bahwa kata lain dari takdir adalah timing yang tepat. Ya timing beasiswa kece yang kamu incar belum tentu ada lagi di tahun berikutnya so kamu yang menginginkan beasiswa dan hanya ada di waktu tertentu, tentunya harus segera menyelesaikan kuliah mu agar timing yang tepat itu kamu dapatkan.

4. 4. Sering-sering stalking akun socmed teman-teman seangkatan mu

Ngeliat instagram temen-temen seangkatan kita di kampus lain, eh tiba-tiba udah penuh foto wisuda aja, nyesek-nyesek gimana gitu rasanya, nyusun skripsi bareng koq temen kita di kampus lain udah wisuda ya ? huhu disadari atau tidak hal ini menjadi pelecut semngat kita untuk segera menyelesaikan skripsi, biar cepet wisuda.

5. 5. Teman-teman mu yang lain sudah bekerja, kamu? Masih berkutat dengan revisian ? Duuh…

tips menghadapi revisian via https://www.google.co.id

Disaat teman-teman satu kosan mu sibuk dengan urusan pekerjaan nya dan menghasilkan uang sendiri, sementara kamu ? masih berkutat dengan revisian? oh no.. ayo, cepet selesaikan biar cepet kerja dan menghasilkan uang. Selesai atau tidak nya kuliah mu adalah tergantung pada komitmen mu sendiri, tapi terkadang kita memang butuh hal-hal lain yang bisa memotivasi kita menyelesaikan skripsi. Tetap semangat buat kamu yang lagi nyusun skripsi. kamu, iya kamu..