Berjuang bukanlah menjadi hal yang mudah untuk di lakukan. Akan  terjadi masa dimana ketika berjuang terasa melelahkan dan ingin berhenti. Namun ketika ingin berhenti, bukankah seharusnya kita mengingat apa yang menjadi alasan kita untuk memulai berjuang. Hingga ketika kau terjatuh, alasan ini akan selalu menjadi motivasimu untuk bangkit.

 

1. Perjuangan yang kau lakukan ini untuk dirimu di depan nanti sayang

Untuk dirimu sendiri

Untuk dirimu sendiri via https://www.facebook.com

Bukankah lulus adalah impian dan angan pertamamu? Bukankah membangun masa depan adalah hal yang telah kau rencakan setiap harinya ketika mengawali tingkat pertama perkuliahanmu? Membayangkan kau akan menjadi hebat dan mampu melakukan semua yang kau ingin dengan jerih payahmu sendiri? Bukan lagi menjadi orang yang bergantung pada kedua orang tuamu? Perjuanganmu yang hanya tinggal selangkah harusnya mengingatkanmu tentang semua itu.

2. Perjuangan ini pun kau lakukan untuk orang tuamu

Bahagiamu adalah memandang senyum bangga dari mereka yang membesarkan mu. Namun ketika lelahmu lebih menguasai daripada asamu, mungkin kau tak akan pernah melihat senyum dari wajah mereka. Dan penyesalan terbesarmu akan menghantui mu selalu atas senyum yang tak sempat kau lihat.

3. Selangkah yang menyiksa tapi takkan kau sesali

Tugas akhir mungkin terasa memuakkan. Tapi percayalah ini akan menjadi memori terindahmu. Hal yang tak akan pernah kau sesali. Hal yang akan menjadi perlajaranmu seumur hidup. Belajar menjadi sabar, dan tak akan menyerah. Belajar untuk menghargai waktu, dan betapa mahalnya harga sebuah perjuangan. Bertemanlah dengan skripsi ini, maka semua nya akan terlihat mudah. Yakinlah pada dirimu sendiri, maka kejenuhan tak akan memanjakanmu.

4. Berjuanglah untuk menghapus jarak yang memisahkan kita

Jarak di antara kita

Jarak di antara kita via https://twitter.com

Jika kau menyerah disini, mungkin jarak antara kita takkan pernah terhapus. Kita akan selalu terpisah dan aku hanya akan mampu mendengar suaramu dan membayangkan mu dari jauh. Bukankah kau ingin selalu melihatku tanpa jarak? Maka berjuanglah priaku, agar jarak ini semakin menipis.

5. Berjuanglah demi aku yang juga berjuang untuk kita

Aku, Kau dan Kita

Aku, Kau dan Kita via https://www.facebook.com

Aku disini menantimu. Akankah kau menyia-nyiakan perjuanganku untuk menunggumu disini? Pepatah mengatakan, berjuanglah dengan dia yang mau berjuang bersamamu. Jadi tegakah dirimu membiarkan ku berjuang sendiri untuk kita? Aku disini selalu mendukungmu, mendoakanmu, menyemangatimu dan selalu ada untukmu. Meski aku tak dapat selalu hadir di hadapanmu. Tapi aku mohon, berjuanglah menyelesaikan tugas akhirmu di perkuliahanmu, dan aku juga akan berjuang untuk kita disini. Berjuanglah untuk aku, kamu dan kita.

Apa yang kau lakukan sekarang semata-mata bukan tak ada ujungnya. Bukan pula tak ada gunanya. Semua yang telah kau capai sekarang adalah bukti dimana kau pun harus mengakhiri semua apa yang telah kau mulai, dengan hasil yang kau impikan dari awal. Ingatlah mimpi ketika kau menginjakkan kaki pertama kali di tempat perkuliahanmu itu. Hingga kau tak ingin menyerah disini. Ingatlah tujuanmu di depan sana, agar kau takkan berhenti di tengah jalan. Ingatlah aku disini, agar kau takkan berhenti disini dan kemudian menyelesaikan semuanya.