Selamat ya akhirnya wisuda, bentar lagi kerja ini! See you on top!

Kalimat yang sangat membahagiakan bukan bagi kalian yang baru saja wisuda dengan bermacam “wish” yang disampaikan oleh orang terdekat buat kalian. Namun justru kehidupanmu baru saja dimulai, yang mana setalah wisuda kamu yang menjadi “manusia” yang harus mencari pekerjaan dan penghasilan. Mudahkah? Sulitkah? Emmm....

Beberapa hal dibawah ini mungkin pernah terlintas dalam benak kalian “para mahasiswa lulusan baru” yang memiliki harapan banyak setelah wisuda. Namun  terlebih dulu kita  ubah kata”mahasiswa” menjadi “para pencari kerja” agar lebih tepat.

1. Mendapat Pekerjaan Sesuai Bidang Pendidikan yang Ditekuni

menanti kerjaan via https://img.okezone.com

Sebagai para pencari kerja pastnya banyak yang rela untuk sempet-sempetin waktu buat ikut job fair dll dan pasti mengharapkan ilmu yang selama ini kalian pelajari mati-matian dapat digunakan dan diaplikasikan ke didunia kerja. Namun, faktanya banyak pekerja yang bekerja diluar dari bidang pendidikan yang selama kurang lebih 4 tahun dipelajari itu. Nah, hal ini yang membuat para pencari kerja berpikir 2 -3 kali untuk mengambil pekerjaan yang ditawarkan sehingga terpendinglah angan-angan untuk berkecimpung di dunia kerja.

Kerjanya gak sesuai sama jurusanku, gila aja gak cocok banget!

Waduh, gak berani ah ngambil resiko, mending cari yang lain!

2. Mengharapkan GAJI yang TINGGI

“Besok aku bakal kerja di Perusahaan, ngambil di posisi/jabatan ini dan dapat gaji segini”

Tidak salah sih untuk mentargetkan mendapat gaji berapa dan pada posisi/jabatan apa namun pernahkah kalian berpikir bahwa perusahaan juga akan mempertimbangkan gaji dan pekerjaan yang bakal kalian jalanin. Setidaknya perusahaan juga bakal berpikir ulang atas permintaan gaji yang kalian ajukan pada saat interview awal apabila terlalu tinggi. Sebut aja HRD bakal mengajukan nominal angka jauh di bawah gaji yang kalian ajukan.

Kembali ke kalian, mau atau tidak?

Kebanyakan pasti akan berkata TIDAK karena mereka merasa tidak cocoklah gaji segitu dengan pekerjaan yang bakal dijalanin. And finally, batal kerja (lagi).

Sedikit nasehat saja buat kalian, kalian sebagai Fresh Graduate jangan terlalu banyak berharap tinggi tentang gaji. Why? Seharusnya kalian yang harus “sadar diri” karena ketidakadanya pengalaman kerja meski kalian dulunya aktif dalam organisasi pada saat di kampus. Perusahaan juga mempertimbangkan gaji tersebut sesuai kemampuan kalian, karena selama kalian masih baru kalian pasti belajar dahulu. Kalian mau gaji tinggi pekerjaan berat dan kena damprat dari atasan karena kemampuan kerja yang masih kurang? Masih mending kena damprat kalau kalau dipecat secara tidak hormat? Haduh trauma lah pasti.

3. Memperoleh Pengalaman Kerja

Job Experience via http://ppss.kr

Memperoleh pengalaman kerja memang selalu menjadi harapan bagi para pencari kerja awal dengan pikiran bertahan 1 tahun terus pindah ke tempat kerja lain sudah mendapat surat rekomendasi pengalaman kerja 1 tahun. Tapi pernah kah bayangkan 1 tahun bukan waktu yang singkat. Untung-untung kerjaan dan suasana kantor bikin betah, nah kalau-kalau kalian hampir gila ditempat kerja? Give up… give up.. ga kuat… resign lah... hmmm

Ubah cara berpikirmu, pengalaman kerja yang kalian harus dapatkan yakni cara kalian mengaplikasikan ilmu pendidikan (semisal cocok dengan pendidikan kalian), melihat pola kerja secara real di perusahaan atau tempat dimana kalian bekerja, pengalaman bertatapan dengan direktur/owner/atasan kalian, pengalaman dalam mengambil sikap dalam menghadapi segala situasi kerja yang tidak terprediksi, serta pengalaman berinteraksi dengan rekan kerja yang memiliki sifat/sikap/watak yang berbeda-beda. Pengalaman kerja ini simpel namun yang paling umum harus kalian perhatikan

4. Memperoleh Banyak Teman

Teman Kerja/ Rekan Kerja? via http://www.aktualita.co

“Besok kalau sudah kerja bakal dapat teman baru yang seru nih!”

Emm,,, teman dan rekan kerja itu sangat berbeda untuk saat ini. Rekan Kerja tidak seperti teman-teman saat kalian masih kuliah atau sekolah ya bro/sis. Mereka bekerja untuk perusahaan untuk membahagiakan atasan bukan membahagiakan kalian. Mereka juga memiliki target masing-masing yang harus mereka capai. Ada kalanya bercanda sih namun ga bakal sewow teman masa kuliah atau sekolah yang gilanya dapet banget.

Rekan kerja adalah rekan kerja, kalian harus menjaga segala tindak tanduk, ucapan kalian didepan rekan kerja. Satu lagi, jangan terlalu memberikan kepercayaan lebih bagi rekan kerja yang baru kalian kenal. Emmm, tidak smua sih rekan kerja “jahat”. Cuma berhati-hati dan waspada tidak salah kan?

5. Liburan Setelah Gajian, Hura-hura buat belanja !

“Gaji pertama aku bakal buat beli sepatu bermerek, baju, gadget baru, bla bla bla..”

Siapa yang ga berpikir seperti itu? Kalian pasti berharap dengan kerja dan mendapat gaji semua keinginan yang kalian harapkan dapat kalian peroleh dengan mudahnya. Etsss, tunggu dulu sebelum uang gaji bulananmu abis pikirkan lagi deh buat hura-hura.

Buat kalian yang dapat kerjaan ga jauh dari kota asal kalian dan masih dapat hidup dengan orang tua kalian mah pasti enak. Pulang kantor tinggal makan, ga mikirin biaya kebutuhan hidup baik kost, uang makan, uang belanja dan lain-lain.

Tapi, untuk yang merantau diluar kota nan jauh dari “zona nyaman” nah ini ga mungkin kan kalian tetap mengandalkan uang kiriman dari orang tua terus menerus.

“Buat idup aja kurang-kurang, mau mikirin liburan… hasemeleh hasemeleh….”

Apa gunanya kerja, uang gaji juga abis, buat kebutuhan dirinya aja masih dikirimi orang tua, yaelah…. Mending balik kampung aja

Maka dari itu, kalau bisa nabung dari pada uang kalian habis buat hal-hal yang bukan prioritas hanya keinginan saja. Syukur-syukur tabungan ngumpul banyak dan baru ngambil cuti buat liburan…. Intinya kuat iman, kuat mata, kuat hati buat hal-hal yang menggoda..

6. Pikirkan, Renungkan, Rancangkan, dan Tetap Semangat

think again via http://assets.kompas.com

5 hal diatas bukan bermaksud menghancurkan angan-angan kalian ya. Ini hanya sebuah pencerahan dari pikiran kalian yang masih “Baru” di awal dunia kerja dari pada terjebak dengan angan-angan semu. Renungkan baik-baik pekerjaan apa yang akan kalian ambil, dan berpikirlah lagi untuk tidak terlalu memilih-milih pekerjaan. pikirkan saja sekarang saatnya kalian mempraktekan semua teori yang selama ini kalian pelajari di dunia kerja ini.

Untung-untung apabila kalian punya rezeki berlebih, bisa membangun usaha sendiri benar kan?

Lebih enakan jadi owner kan dari usahamu sendiri pastinya.

Real Life bakal kalian rasain sekarang jadi persiapkan diri kalian untuk lebih bertahan ya. Semangattt ya!