Pernah dengar istilah Otaku? Atau mungkin kamu yang sedang baca artikel ini termasuk seorang otaku? Tapi ngomong-ngomong apa si yang disebut Otaku itu? Kenapa bukan Otakmu aja hehe

Pengertian Otaku menurut Otak Gue yaitu seseorang yang sangat terobsesi dengan hal-hal atau barang-barang yang berkaitan dengan anime, mulai dari pakaian, aksesoris, sampai foto profil facebook pun menggunakan gambar anime, dan tentu saja hobbinya nggak jauh-jauh dari nonton anime. Biasanya seorang Otaku juga dikenal sebagai individu yang tidak berkelompok, suka mengasingkan diri dari lingkungan, jarang bersosialisasi, dan nggak bisa berteleportasi karena itu cuma sebuah ilusi. Beberapa alasan mengatakan, seseorang terpilih menjadi Otaku karena memiliki kemampuan berikut.

1. Arsitek kreatif dalam membangun dunianya sendiri

wovgo.com via http://www.wovgo.com

Di saat banyak orang yang tinggal di rumah mewah, apartemen, maupun hotel bintang lima bernama logika. Kamu justru masih suka berkelana, dan lebih memilih untuk tinggal di jembatan imajinasimu sendiri. Menjadi orang yang dianggap aneh karena berbeda, tetapi kebiasaan anehmu justru mengantarkanmu ke seberang pulau, bahkan benua dimana kamu bisa berkespresi sesukamu. Karena bagimu menonton anime bukan hanya sekedar menonton, tetapi juga mempelajari ilmu-ilmu yang terkandung didalamnya. Dan kamu lahirkan kembali dalam bentuk pondasi untuk membangun duniamu sendiri.

2. Pandai berkamuflase dengan kenyataan

brilio.net via https://www.brilio.net

Kamu merasa terasingkan diri dari pergaulan, pernah mengalami trauma dalam berteman dan kaku bila bertatap muka dengan orang lain. Karena merasa bingung dan nggak tau lagi mau berbuat apa, kamu lebih memilih melarikan diri dari kenyataan. Mengurung diri dikamar, dan menonton anime seharian. Ini adalah alasan yang seringkali digunakan oleh para Otaku di seluruh belahan, belahan apa dulu nih?

3. Penyendiri yang terlalu mandiri

mybaby.co.id via http://mybaby.co.id

Advertisement

Di Jepang biasanya virus Otaku menyebar ke berbagai kalangan masyarakat, dan tidak memandang derajat maupun faktor Z. Entah itu berasal dari kalangan kelas atas, bawah, maupun samping. Siapapun bisa menjadi Otaku. Namun biasanya, Otaku justru berasal dari keluarga yang berkecukupan. Bahkan banyak juga yang menyandang gelar pendidikan tinggi, tetapi masih juga terjangkit virus Otaku. Mungkin ini termasuk pengaruh Lingkungan yang semakin tinggi derajatnya maka semakin malas turun bersama orang lain, sehingga menyulitkan orang lain untuk menggapainya.

4. Pesimistis yang realistis

kelascinta.com via http://kelascinta.com

Selain 3 alasan diatas, ternyata kamu juga termasuk seorang pengangguran. Nggak punya tujuan hidup, bahkan nggak punya motivasi untuk hidup. Mau makan siang saja khawatir lauknya nggak sesuai. Tentu saja ini akan berdampak pada kesehatanmu, dan memudahkan virus Otaku menyerangmu. Hahaha.kidding!

5. Penggali harta karun moral

global.liputan6.com via http://global.liputan6.com

Kamu mungkin merasa kesal jika banyak orang yang menyamakan antara anime dan kartun, lalu menganggapmu sebagai anak kecil karena masih suka menonton kartun. Padahal anime dan kartun berasal dari dunia yang berbeda, walaupun mungkin berasal dari dimensi yang sama. Sebagai seorang Otaku, tentu saja kamu menyadari bahwa banyak sekali pesan moral yang terselip didalam setiap tontonan anime. Jika kamu pernah menonton anime Bakuman pasti kamu sadar betul, bahwa anime dibuat dengan sepenuh hati. Bahkan dijadikan tempat untuk berekspresi oleh sang Mangaka.

Dari sini saja kita sudah bisa melihat, bahwa Mangaka itu jenius, kreatif dan berbakat. Jadi nggak perlu diragukan lagi kualitasnya. Banyak kok anime bertemakan persahabatan yang lebih lengket dari beras ketan, atau cinta yang bikin hujan air mata seperti Kimi no Nawa. Dan tentu saja dengan porsi yang pas, cukup untuk menemani makan malammu dikala hujan turun bergantian.

Itulah beberapa kemampuan dasar yang mungkin akan kamu miliki bila memutuskan untuk menjadi seorang Otaku, lalu. Bagaimana dengan Otakmu?