Gong Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) sudah ditabuh. Sudah siapkah kamu menghadapi semua ini? Ingin jadi penonton atau agen perubahan? Masyarakat Thailand, Malaysia, Singapore, Vietnam, Brunai Darusalam, Kamboja, Myanmar, Laos dan Philipina sudah bebas masuk ke Indonesia sekarang. Mereka sudah sangat siap bersaing dan menanamkan modalnya di berbagai Negara terutama Indonesia

 

Nah, Buatmu anak muda. Apakah hanya akan menjadi penikmat produk luar negeri saja atau ingin menciptakan sesuatu hal yang bermanfaat untuk bangsa ini?

 

Punya modal? Namun bingung mau membuka usaha apa?

 

1. Kuliner

Kuliner adalah urutan pertama yang bisa menjadi pilihanmu untuk membuka sebuah usaha. Logika sederhananya, setiap orang membutuhkan makanan untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya.

Nah. Begitunya jajanan yang disediakan dari Indonesia. Sekarang tugas kita untuk mengemasnya serapi dan semenarik mungkin. Makanan tanpa bahan pengawet bisa jadi memiliki nilai lebih untuk usaha yang akan kamu jalankan.

Lakukan promosi di Sosial Media yang mempermudah siapapun dan dari manapun yang ingin membelinya

Kreatifitasmu sangat di tuntut.

Untuk memulai usaha kuliner kamu bisa hanya dengan modal tester makan siangmu saja hingga tau selera pasar

2. Web Developer

Teknologi Semakin canggih setiap hari. Segala akses semakin mudah. Masyarakat yang dulunya hobi belanja di Mall atapun Pasar Tradisional, sekarang lebih memilih untuk berbelanja secara online.

Nah ini kesempatan bagus untukmu yang hobi dengan dunia internet. Jadilah Web Developer yang profesional. Produk-Produk yang menggunakan jasa E-Commerse bisa menjadi targetmu.

Jika kamu ahli, Kamu bisa memanfaatkan akses internet untuk mengali ilmu jika budgetmu tidak mencukupi

3. Kreasi Mahar Pernikahan

Bisa dipastikan setiap hari pasti ada orang yang menikah di dunia ini. Kamu bisa mengajak teman-teman atau memperkerjakan orang yang terampil dalam usahamu.

Mahar Kreatif sangat diminati oleh masyarakat dimana saja. Secara Pernikahan adalah momen yang paling sakral dalam hidupnya.

Untuk di awal mungkin kamu bisa memperkenalkan kepada rekan-rekan terdekat sebelum merambah ke mancanegara. Rajinlah survey lapangan untuk mendapatkan update terbaru

4. Babyshop

Orangtua mana sih yang tega melihat anaknya memakai baju itu-itu mulu? Apalagi anaknya perempuan. Nah, Usaha baby shop bisa menjadi salah satu ide usahamu

 

Lakukan survey kenapa Ibu-Ibu lebih suka membeli produk luar negeri? Ibu-Ibu rela loh merogoh kocek berapapun juga untuk memuaskan anak-anak mereka

Kamu bisa melakukan survey kecil-kecilan untuk mengetahui tipe baju baby seperti apakah yang paling diminati. Untuk modal awal kamu bisa belanja dasar kain ke tanahabang karena harganya lebih murah

5. Tas

Lokal mendunia

Lokal mendunia via https://www.google.co.id

Nah yang terakir, Kamu bisa memulai bisnis tas. Wanita mana sih di dunia ini yang tidak ingin memiliki tas bagus dan elegan?

Kamu bisa mulai mengancang-ancang membuka bisnis tas ini. Di awal mungkin kamu bisa bekerja sama dengan tukang jahit dan membeli barang langsung ke Mangga Dua.

Perkenalkan tasmu kepada rekan-rekanmu. Upload di sosial mediamu

Banyak kok produksi anak negeri yang sudah mendunia

sekarang sudah saatnya kita bisa membuka usaha sendiri dan mampu bersaing dengan negara-negara tetangga. Tidak ada yang mustahil. Perluas wawasanmu dan bangun koneksi yang bagus