Ada yang tau apa itu vlog? Atau sering denger kata vlog?

Menurut Wikipedia video blogging atau yang biasa disingkat vlog atau vlogging merupakan suatu kegiatan blogging dengan menggunakan medium video diatas penggunaan teks atau audio sebagai media utamanya. Modal utama untuk membuat vlog adalah ponsel yang memiliki kamera atau kamera digital.

Vlog itu jelas beda dengan kegiatan blogging biasa. Kalau biasanya kegiatan blogging cuma sekedar tulis menulis di dalam blog. Tapi, kalau vlog itu kamu merekam video kamu sendiri tanpa harus repot-repot melakukan kegiatan tulis menulis. Kebanyakan orang saat ini lebih tertarik melakukan kegiatan vlogging daripada blogging. Dan perlu kamu tau bahwa kegiatan vlogging ini sedang merajalela di Indonesia. Dari mulai artis terkenal sampai orang biasa pun bisa membuat vlog-nya sendiri. Mereka biasanya mengupload video buatan mereka di Youtube.

Nah, terus kenapa vlog bisa booming banget akhir-akhir ini? Ini dia alasannya :

1. 1. Banyak digandrungi anak muda saat ini

Kevin Anggara salah satu vlogger Indonesia via http://youtube.com

Vlog saat ini emang lagi booming banget dan banyak di gandrungi oleh masyarakat. Kebanyakan dari mereka yang bikin vlog itu adalah anak muda. Mereka punya alasan sendiri untuk bikin vlog. Ada yang cuma iseng-iseng aja, untuk sekedar seru-seruan, biar gak ketinggalan zaman, biar terkenal, atau ada juga yang cuma pengen ngasih tutorial dan tips-tips buat para viewers-nya. Ada beberapa vlogger yang terkenal di Indonesia, mereka udah punya viewers dalam jumlah yang besar. Contohnya itu ada Kevin Anggara, Raditya Dika, sampe Awkarin.

2. 2. Lagi hits dan ngetrend banget saat ini

Bikin vlog bareng temen biar tambah seru via http://www.scoopwhoop.com

Trend vlog emang akhir-akhir ini lagi hits banget. Banyak orang yang gak mau ketinggalan zaman dan mereka ngikutin trend ini. Kalau kamu seorang youtube-ers pasti kamu udah tau kalau udah banyak banget orang-orang yang bikin vlog mereka sendiri. Kamu juga bisa bikin vlog kamu sendiri kok. Caranya bikin video kamu semenarik mungkin, supaya viewers di vlog kamu banyak. Kamu juga bisa ngajak temen-temen kamu buat bikin vlog loh.

3. 3. Sebagai alternatif hiburan

Advertisement

buat hiburan kalo kamu lagi jenuh via http://www.twlwgraph.co.uk

Sebagian besar orang-orang yang posting video di vlog emang sekedar cuma buat seru-seruan aja. Kamu juga bisa jadiin hal ini sebagai alternatif hiburan semata. Misalkan kalo kamu lagi bete atau jenuh kamu bisa ajak temen-temen kamu buat bikin vlog rame-rame di sela-sela waktu luang kamu.

4. 4. Dari sekedar tutorial, tips dan trik, nyeritain keseharian kamu, atau bahkan sampai bikin video parody yang kocak abis.

Edho Zell yang saat ini sudah memiliki 869.716 subscribers via http://youtube.com

Vlog itu jenisnya bermacam-macam. Ada yang buat vlog untuk tutorial. Contohnya kayak tutorial make-up. Terus ada juga yang ngasih tips-tips, misalnya tips menggunakan style sederhana tapi kece untuk pergi ke kampus, tips agar viewers kamu bertambah banyak , atau tips berguna lainnya. Ada juga vlog yang me-review beberapa produk. Nah, kalau yang satu ini sih yang paling menarik di antara semuanya. Kamu bisa bikin video yang lucu-lucu dengan cara membuat parody tentang kehidupan yang biasa kita alamin. Kayak vlognya Edho Zell gitu deh. Hihi

5. 5. Bisa menghasilkan uang sekaligus berbisnis

bisnis sampingan buat nambah uang jajan via http://wisebread.com

Awalnya sih pasti iseng-iseng, tapi lama-lama bisa jadi peluang bisnis. Kalau viewers dan subscribers di vlog kamu itu banyak kamu bakal mendapatkan pundi-pundi rupiah bahkan bisa sampai jutaan rupiah loh! Dan karena hal itu bisa buat kamu jadi terkenal, kamu juga bisa membuka peluang bisnis lainnya seperti bisnis endorse-an. Siapa yang gak mau coba kalau kayak gini, udah uang jajan bisa nambah kamu juga udah bisa menghasilkan uang sendiri tanpa minta sama orang tua. Lumayan banget kan buat jadi bisnis sampingan. Hehe

Oke, tadi itu beberapa alasan yang yang ngebuat kegiatan “nge-vlog” itu hits banget dan udah banyak orang yang jadi seorang vlogger. Jadi gimana? Kamu juga tertarik untuk bikin vlog kamu sendiri?