Ketika merasakan pahitnya putus cinta, rasanya nyesek banget kan? Untuk bangun dari tempat tidurpun susah. Berhari-hari meratapi kesedihan di kamar bagaikan orang yang tak punya selera hidup lagi. Seolah-olah hidup tak berarti lagi ketika ditinggalkan ataupun kita yang meninggalkan karena hal tertentu. Tak sedikit orang yang lebih memilih untuk menghabiskan waktu menyendiri menikmati kesendirian dan kepedihan hatinya.

Mantan seolah menjadi ilusi dan menghantui hidup kita. Kemanapun kita pergi, seolah dia tak membiarkan kita lepas dari jeratannya. Bahkan dia mampu untuk mengacaukan semua rencana yang kita siapkan untuk masa depan. Tapi, eitssss…. Siapa dia? Dia gak berhak mengambil kebahagian kita. Dia hanya masa lalu yang dikirimkan Tuhan untuk membuat kita menjadi lebih siap untuk menghadapi masa depan dengan dia yang lebih baik.

 

1. Jangan buang waktumu untuk memikirkan mantan yang tak punya andil untuk masa depanmu

Let go of your ex

Let go of your ex via http://www.huffingtonpost.com

Memikirkan mantan hanyalah membuang-buang waktu saja. Dia hanyalah luka lama yang harus kita tinggalkan. Terpaku dengan kenangan bersama mantan hanya akan menghambat kita untuk meraih masa depan gemilang. Coba deh kita pikirkan, dia enak-enak disana dan kita disini malah sibuk memikirkan dan terbawa emosi karenanya. Ingat kawan, life must go on, hidup itu harus terus berlanjut. Jangan biarkan dia mengusik masa depan yang telah kau rencanakan.

Nah, inilah saatnya kita tunjukkan sama mantan kalau kita bisa kuat dan sukses tanpa dia. Perlihatkan ke dia bahwa kita bisa menjadi yang lebih baik. Perlahan dia akan mulai menyesal karena telah menyia-nyiakan kita. Tak perlu pusing lagi dengan kehidupan dia, karena nanti nantinya kita akan bersanding dengan pria di masa depan yang lebih baik pula.

2. Kamu tahu, orang tua dan keluargamu jauh lebih penting dari sekedar mantan yang hanya ada di masa lalumu

Ingatlah waktumu tak hanya terfokus untuk memikirkan mantan yang sudah berlalu. Masih banyak yang harus kamu prioritaskan seperti orang tua dan keluargamu. Mereka jauh lebih berperan hingga kamu bisa seperti sekarang ini. Kini saatnya kamu gunakan waktumu untuk membahagiakan mereka yang selalu ada untuk kamu. Menikmati hidup bersama orang tua dan keluarga jauhlah lebih bermanfaat ketimbang mengurung diri di kamar dan menghabiskan waktu untuk stalking si mantan.

Terkadang kita harus berpikir secara rasional. Orang tua dan keluarga adalah mereka yang selalu ada disana dan menerima kita apa adanya. Sedangkan mantan? Dia hanyalah masa lalu dan tentunya bukan siapa-siapa dalam hidup kita. Meskipun ada berjuta kenangan bersamanya, peran dan posisi orang tua maupun keluarga taklah tergantikan. So, guys, bangunlah dari kesedihan dan patah hatimu dengan kasih dan bakti yang mendalam kepada orang tua dan keluargamu. Perlahan-lahan sakit hatimu tentunya akan terobati.

3. Jangan terburu-buru mencari pengganti, nikmati kesendirian dan persiapkan diri untuk dia masa depanmu

College graduation

College graduation via http://www.xojane.com

Inget guys, belajar dari pengalaman. Terkadang orang yang setelah putus cinta ingin segera buru-buru mencari pengganti. Ya ujung-ujungnya salah pilih dan sakit hati lagi. Jangan sampai hal ini terjadi sama kita ya. Lebih baik nikmati kesendirian dulu. Introspeksi diri apa yang kurang dari diri kita yang perlu untuk kita perbaiki. Menikmati kesendirian juga membuktikan bahwa kita bukanlah pribadi yang lemah. Kita tetap bisa kuat meskipun harus sendiri.

Ini juga menjadi ajang untuk kita menyiapkan diri untuk lelaki di masa depan. Segera deh untuk kalian yang masih kuliah, persiapkan diri kalian. Semangat mengejar studi, susun skripsi secepatnya hingga nanti kalian lulus dan bisa mendapatkan pekerjaan yang baik. Nah bagi kalian yang udah kerja, mending kejar dulu karir deh. Persiapkan kemapanan kalian demi masa depan yang bahagia. Mengembangkan hobby juga menjadi pilihan yang cerdas-cerdas. Cari kesibukan yang bermanfaat dan buang pikiran tentang mantan.

4. Mantapkan hatimu

Helping woman in in their current situation

Helping woman in in their current situation via http://www.hopestation.co.za

Ketahuilah bahwa kemantapan hati untuk merelakan masa lalu adalah penentu kebahagiaanmu. Seberapapun usahamu untuk melupakan dia yang ada di masa lalu tak akan berhasil jika hatimu sendiri belumlah mantap untuk melepaskannya dari ingatan. Maka dari itu ikhlaskan dia untuk pergi, karena dari keikhlasanlah mucul kemantapan hati. Tak perlu sesegera mungkin, karena merelakan butuh cukup waktu. Perlahan-lahan sambil memperbaiki diri, semua luka pun akan terhapus sedikit demi sedikit.

Tetap jaga komitmen untuk melupakannya. Mulailah hidup baru yang tentunya lebih baik dari sebelumnya. Bila perlu, mintalah dukungan sahabat dekat yang kamu percaya dan juga keluarga. Yakinlah dengan motivasi mereka semua dan tentunya kemantapan hati yang telah kamu bangun sendiri, usaha untuk melupakan mantan yang hanya menjadi bagian dari masa lalumu itu tidaklah sesulit yang kamu kira. 

5. Tak usah mempermasalahkan umur. Percayalah Tuhan akan mengirimkan dia yang terbaik di waktu yang tepat.

Woman in enjoying hope

Woman in enjoying hope via http://www.onfire-ministries.org

Problematika yang ada ya ketika putus dari mantan dan umur udah ga muda lagi. Memang hal ini yang paling memberatkan karena bakalan susah untuk kita mencari sosok yang bisa memberikan kita ruang di hatinya. Namun, jangan jadikan hal itu sebagai batu penghalang untuk kita melanjutkan hidup. Tak ada gunanya menyesali sesuatu yang sudah terjadi. Tentunya ada alasan tertentu kenapa hubungan itu berakhir di tengah umur yang sudah tak muda lagi. Jangan lagi berubah pikiran dan menjalani hubungan yang tentunya sia-sia untuk ke depannya.

Percayalah sesuatu terjadi karena ada maksud di baliknya. Tuhan selalu memberi apa yang kita butuhkan dari apa yang kita inginkan. Tetap yakin dan percaya bahwa sudah ada dia yang telah disiapkan oleh Tuhan untuk kita. Hanya masalah waktu yang meminta kita untuk bersabar dan dipertemukan dengannya. Segeralah lupakan mantan yang hanya masa lalu demi pribadi yang jauh lebih baik di masa depan.