Sering banget nggak sih kita denger temen-temen kita ataupun kita sendiri mengeluh karena kulit wajah kita kusam? Wajar sih sebenernya yang kita keluhkan itu, karena kulit yang kusam seringkali membuat kita terlihat menjadi kurang menarik. Statistically speaking 64% orang ‘notice’ terhadap orang lain berdasarkan menarik atau tidaknya penampilan orang tersebut. Nggak adil sih rasanya, tapi daripada berdiam diri dan mengeluh, ada baiknya kita perbaiki diri menjadi menarik. Yuk simak tips berikut ini biar wajah kamu nggak kusam lagi.

 

1. Matahari, bola berpijar yang membuat kulit wajah menjadi kusam

Sebelum masuk ke solusi, ada baiknya kita tahu ke akar permasalahannya dulu kan? Sebenarnya, apasih yang membuat wajah kita menjadi kusam? Ada yang bisa jawab? Hmmm yap Matahari. Pusat dari system surya ini yang menyebabkan kulit kita kusam. Eh tapi nggak cuma matahari aja sih, debu dan polusi juga salah satu sumber masalahnya.

Saat kita lahir, kita memiliki shade kulit yang berbeda-beda. Nah ketika beraktivitas dan kulit kita terpapar oleh matahari, kulit kita akan berubah menjadi lebih gelap dan kusam. Hal ini disebabkan karena matahari memicu produksi melanin yang berlebihan.

2. Brightening dan lightening apa sih bedanya?

Brightening vs lightening

Brightening vs lightening via http://almeka.in

Pada dasarnya, kulit kita yang berubah menjadi gelap tadi bisa kembali menjadi lebih cerah sesuai dengan shade kulit kita. Tapi jangan berharap tiba-tiba kamu bisa seputih kulit orang Korea ya, padahal kulit aslimu sawo matang. Kulit memiliki limitasi tertentu tingkat keputihan. Untuk mengembalikan kecerahan kulitmu seperti semula ada dua cara nih, brightening dan lightening. Pasti dari kalian bakal banyak yang bilang, "Loh itu bukannya sama aja ya?" Secara tujuan iya sih sama mengembalikan kulit kita ke tingkat keputihan tertentu, tapi dari sisi treatment sendiri berbeda.

Lightening adalah treatment yang bertujuan untuk mengubah kulit menjadi lebih cerah ke beberapa tingkat dan mengubah warna kulit menjadi lebih sehat. Intinya treatment lightening membuat enzim pada kulit untuk berhenti memproduksi melanin. Sedangkan brightening adalah treatment yang tidak secara khusus mencerahkan wajah, namun fokus kepada efek natural dan bercahaya kepada kulit secara jelas. Kunci dari brightening adalah memproduksi kulit baru yang menggantikan kulit mati.

Lightening dan brightening sebaiknya berjalan beriringan, karena keduanya mampu membuat kulit wajah kita menjadi lebih cerah dan sehat.

3. Agar kulit menjadi cerah seperti semula, penggunaan serum harus kamu rutinkan

Karena udah terlanjur kulit menjadi kusam, berarti kita harus melakukan tindak pengobatan. Serum berperan layaknya obat yang menyembuhkan penyakit kita. Tapi sebenarnya serum itu apa sih?

Serum adalah sebuah produk perawatan wajah yang bertujuan untuk mengantarkan bahan-bahan penting secara langsung ke wajah. Dengan molekul yang kecil, serum dapat masuk ke dalam pori-pori kulit dengan baik sehingga sangat efektif dalam mengatasi permasalahan yang ada di wajah. Terus sebaiknya bahan penting apa ya yang harus ada di dalam serum untuk mengatasi wajah yang kusam? Berdasarkan ahli dermatologi, vitamin C, glycolic atau lactic acid, dan retinol adalah bahan-bahan utama penyusun produk brightening. Jadi pastikan kalau mau beli serum ada kandungan bahan-bahan tersebut ya.

4. Selain serum, sunscreen juga dibutuhkan layaknya vitamin untuk tubuh kita

People with sunscreen

People with sunscreen via http://cdn2.stylecraze.com

Setelah wajah kamu balik kondisi semula, kamu butuh sunscreen untuk mencegah kekusaman. Sunscreen adalah produk perawatan wajah yang mencegah radiasi ultraviolet masuk ke dalam wajah. Sinar ultraviolet sendiri terbagi menjadi dua, UVA dan UVB. UVA merupakan penyebab utama kulit kita mengalami penuaan dan noda hitam sedangkan UVB yang menyebabkan kulit kita terbakar. Untuk mengakomodasi permasalahan ini, sunscreen dengan label SPF dan PA diperlukan. SPF menahan efek UVB, sedangkan PA untuk UVA. Untuk kita yang tinggal di Indonesia, sebaiknya pilih sunscreen dengan label minimal SPF 30 dan PA +++

5. Rutin adalah kunci utama keberhasilan tips ini

Skincare routine

Skincare routine via http://img.webmd.com

Nggak ada yang instan. Pernyataan ini benar dan berlaku kepada skincare. Untuk melihat hasil kerja dari skincare dibutuhkan sekitar 6-12 minggu. Jangan mudah menyerah kepada rutinitas ya, sabar! Semuanya akan membuahkan hasil kok.

Jadi selamat menjalankan rutinitas baru ya, inget sabar! hehehe...