Kejuaraan Dunia Bulutangkis ke-22 akan dilaksanakan pada tanggal 10-16 Agustus 2015. Istora Senayan kembali mendapat kehormaatan menjadi venue bagi salah satu kejuaraan yang sangat bergengsi untuk atlet bulutangkis di manapun. Tahun lalu, Indonesia tidak mengirimkan wakil-wakil terbaiknya dikarenakan jadwal yang bersinggungan dengan kejuaraan multi event Asian Games 2014.

Tahun ini, menjadi tuan rumah, Indonesia mengirimkan 16 wakil terbaiknya yang terbagi di lima nomor yaitu tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran. Berikut lima nomor, target, dan peluang Indonesia meraih gelar juara dunia.

 

1. Tunggal Putra

Tommy Sugiarto

Tommy Sugiarto via http://www.yonex.com

Ada dua wakil Indonesia di Tunggal Putra yaitu Tommy Sugiarto dan Dionysius Hayom Rumbaka. Keduanya berasal dari non-pelatnas karena terdegradasi tahun lalu. Target pribadi masing-masing dari kedua atlet tersebut masuk semifinal.

2. Tunggal Putri

Lindaweni Fanetri

Lindaweni Fanetri via http://badmintonindonesia.org

Tunggal Putri juga mengirimkan dua wakil ke Kejuaraan Dunia 2015 yaitu Lindaweni Fanetri dan Maria Febe Kusumastuti. Keputusan mengejutkan ketika Persatuan Bulutangkis Indonesia (PBSI) mengirimkan Maria Febe, karena secara peringkat Maria Febe kalah dari Andrianti Firdasari. PBSI berdalih karena Maria Febe penampilannya sedang  menanjak tahun ini dibuktikan dengan masuk perempat final Kejuaraan Indonesia Terbuka. Tidak ada target muluk-muluk dari PBSI di nomor ini.

3. Ganda Putra

Moh.Ahsan/Hendra Setiawan meraih Gelar Juara Dunia 2013

Moh.Ahsan/Hendra Setiawan meraih Gelar Juara Dunia 2013 via http://www.republika.co.id

Empat Pasangan Ganda Putra berhasil dikirim ke Kejuaraan Dunia. Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Angga Pratama/Riky Karanda Suwardi, Andrei Adistia/Hendra Aprida Gunawan, dan Wahyu Nayaka/Ade Yusuf. Peluang paling besar memang ada di nomor ini untuk Indonesia meraih gelar juara dunia dan target dari PBSI mengamini hal itu dengan mencanangkan target juara di nomor ini.

Hanya saja pasangan-pasangan Indonesia wajib mewaspadai pasangan China yang sedang naik daun yaitu Zhan Nang/Fu Haifeng.

4. Ganda Putri

Greysia Polli/Nitya Krishinda Maheswari saat ,meraih medali emas Asian Games 2014

Greysia Polli/Nitya Krishinda Maheswari saat ,meraih medali emas Asian Games 2014 via http://www.pbdjarum.org

Empat Pasangan Ganda Putri berhak mewakili Indonesia di ajang ini. Greysia Polli/ Nitya Krishinda Maheswari, Pia Zebadiah/ Rizki Amelia Pradipta, Vita Marissa/Shendy Puspita Irawati, dan Devi Tika/ Keshya Nurvita. Target untuk ganda putri mencapai semifinal, kata Eng Hian, pelatih kepala ganda putri PBSI. Hasil realistis melihat tampilnya pasangan ganda putri CHina dan Korea Selatan secara full team.

5. Ganda Campuran

Tontowi Ahmad/Lilyana Natsir meraih gelar juara dunia 2013

Tontowi Ahmad/Lilyana Natsir meraih gelar juara dunia 2013 via http://media.viva.co.id

Nomor yang juga menjadi harapan Indonesia meraih gelar juara dunia. Empat wakil dari Pelatnas di nomor ini merupakan pasangan-pasangan ganda campuran di Indonesia saat ini. Tontowi Ahmad/Lilyana Natsir, Praveen Jordan/Debby Susanto, Riky Widianto/Richi Puspita, dan Edi Subaktiar/Gloria Emmanuele siap menanggung target dari PBSI untuk menjadi juara dunia di nomor ini