Memiliki banyak uang pastinya dibutuhkan kerja keras, itu sudah pasti. Tapi, jika pengeluaran uangmu lebih besar dibandingkan hasil dari kerja keras yang kamu lakukan untuk mendapatkan uang itu, justru akan terlihat sulit untuk bisa membuatmu menjadi kaya. Lalu, harus bagaimanakah agar penghasilan pas-pasan bisa membantumu menjadi kaya?

1. Sisihkan uang hasil kerja kerasmu untuk membangun sebuah bisnis

Sisihkan uang untuk membangun masa depan via http://www.lwinpyin.com

Terkadang terlihat sulit bagi siapapun yang ingin memulai sebuah bisnis dengan hanya memiliki dana yang pas-pasan. Namun nyatanya hal itu tetap saja bisa dilakukan. Caranya adalah sisihkan beberapa persen gajimu untuk diinvestasikan kepada hal-hal yang lebih berguna seperti membangun bisnis.

Kamu bisa bekerja sama dengan teman-temanmu untuk membangun sebuah bisnis walau modalmu masih belum mencukupi. Dengan membuat sebuah tim, pekerjaanmu dalam membangun sebuah bisnis akan menjadi lebih mudah, dana pas-pasan yang kamu punya pun bisa terbantu dengan adanya tim.

2. Jangan menjadi orang yang berlaga kaya, gunakanlah uang sesuai kemampuanmu

Pakailah uang sesuai kemampuan via https://id.pinterest.com

Advertisement

Jangan menggunakan uang lebih dari kemampuanmu, karena itu akan membuatmu kehilangan banyak uang dibandingkan mendapatkannya. Hiduplah sesuai apa yang kamu bisa, dan gunakan uang dengan secukupnya. Kamu bisa memulai untuk menggunakan kartu debit dibandingkan kartu kredit, hal itu yang bisa menekan pengeluaranmu agar tidak terlalu berlebihan dan lepas kendali.

Kamu bisa memiliki banyak simpanan jika kamu tidak terlalu banyak mengeluarkan uang untuk hal-hal yang tidak perlu. Utamakan kebutuhanmu dibandingkan keinginanmu. Jauhi juga kumpulan orang yang hanya memandangmu jika kamu adalah orang kaya, kamu tidak perlu banyak menghabiskan waktumu di sana. Kamu bisa memanfaatkan waktumu itu untuk membangun sebuah bisnis bersama teman-teman yang memiliki minat yang sama denganmu untuk bisa mendapatkan uang yang lebih banyak.

3. Investasikan uangmu untuk mengembangkan kemampuanmu

Kembangkan dirimu via http://college.lovetoknow.com

Jika kamu ingin mendapatkan lebih banyak uang, kamu harus memiliki banyak kemampuan. Kamu bisa gunakan uang yang kamu punya dari gajimu bekerja untuk mengembangkan kemampuanmu, seperti dengan membeli buku, ikut kursus atau membaca-baca informasi yang tersebar di internet.

Jika minatmu adalah dunia pemrograman web, maka pelajarilah hal itu dimanapun yang kamu bisa, seperti buku, kursus, dan lainnya. Jika kamu memiliki kemampuan itu, kamu bisa menggunakannya untuk membuat uang lebih banyak lagi. Caranya? Seperti membuat tema website untuk dijual misalnya, atau yang lainnya. Mengembangkan kemampuan itu sangat perlu, dan lebih penting dibandingkan kamu mengeluarkannya hanya untuk bersenang-senang.

4. Tetapkan tujuan dan targetmu untuk mendapatkan lebih banyak uang

Tetapkan tujuan via http://www.meetechno.com

Kamu akan lebih cepat mendapatkan banyak uang jika kamu membuat tujuan dan targetmu setiap hari. Dengan membuat target, kamu pun akan dipaksa untuk bekerja lebih keras lagi agar targetmu bisa tercapai. Jika hal itu terus dilakukan, maka bukan tidak mungkin lagi selama satu tahun targetmu keseluruhan bisa dicapai dengan cepat. Buatlah target yang ingin kamu capai, misalnya dalam sebulan kamu harus bisa mendapatkan uang lebih banyak dari bulan kemarin, atau target yang lainnya.

5. Bergabunglah dengan orang-orang yang sudah sukses, dengan begitu pemikiran mereka terkait kesuksesan akan menular kepadamu

Berkumpulah dengan mereka yang sudah sukses via http://www.wokeeh.com

Tidak ada yang bisa mengubah pemikiran seseorang kecuali lingkungan yang ditinggalinya sendiri. Seseorang bisa berubah karena efek dari lingkungannya. Maka dari itu jika kamu ingin menjadi orang yang kaya, maka berkumpulan dengan orang-orang yang kaya dan sukses, bukan kumpulan orang-orang yang pura-pura kaya.

Ketika kamu berkumpul dengan orang-orang sukses dan benar-benar kaya dari hasil kerja kerasnya itu, maka pemikiran mereka terkait kesuksesan akan menular kepadamu. Sehingga kamu memiliki pola pikir baru dalam mencapai sebuah kesuksesan, dan bisa juga kamu mendapat pelajaran-pelajaran berharga dalam mengatur keuangan agar kesuksesanmu nanti bisa bertahan lebih lama. Ingat saja kalimat ini “jika kamu ingin wangi, maka bertemanlah dengan penjual minyak wangi”.

6. Jangan pernah berpikir bahwa kamu tidak bisa, berpikirlah bahwa kamu bisa

Jangan pernah berpikiran bahwa kamu tidak akan bisa menjadi kaya, atau tidak akan bisa mendapatkan uang yang lebih banyak dari gajimu sekarang. Itu adalah sebuah hambatan yang bisa menghambatmu mencapai tujuan dan target-targetmu. Kamu hanya perlu mengubah pemikiran itu dari yang tidak bisa menjadi bisa.

Buatlah dirimu memikirkan bahwa besok kamu akan kaya, jika bukan besok maka besoknya lagi, jika bukan besok lagi maka besoknya lagi. Seperti itu terus sampai target-targetmu tercapai. Jangan berpikir bahwa itu tidak mungkin, karena sebenarnya kamu itu bisa. Kamu hanya perlu menekan dirimu untuk terus bekerja keras dan selalu berhasrat untuk mencapai target-targetmu lebih cepat.

Kemampuan + ilmu + kerja keras + konsisten + target = kesuksesan lebih cepat tercapai.