Wanita selalu identik dengan kata manja. Meski telah berusia dewasa sekalipun. Apalagi dimata pria, kata manja selalu dihadirkan sebagai sifat utama untuk para wanita. Tapi, tidak semua wanita demikian. Buktinya, beberapa wanita dibawah ini justru jauh dari kata manja, yang definisinya bergantung pada pria. Wanita masa kini tak lagi dipandang sebelah mata. Sosok wanita inspiratif dibawah ini adalah wanita yang cantik, cerdas dan dapat dijadikan teladan untuk para wanita lainnya. Disamping itu mereka adalah wanita-wanita yang memiliki pribadi dan karakter yang kuat sehingga dapat menginspirasi banyak wanita lain. Siapa sajakah wanita inspiratif Indonesia yang tak hanya identik dengan kata manja?.

Yuk, simak kutipannya dibawah ini.

1. Dian Sastro Wardoyo. Aktris Indonesia berbakat yang sukses dalam karir dan pendidikan serta tak hanya berpangku tangan dalam mengurus rumah tangga keluarganya.

http://cdn0-a.production.liputan6.static6.com/medias/927676/big/055487600_1436798082-Dian-Sastro-Wardoyo-150713.jpg via http://cdn0-a.production.liputan6.static6.com

Siapa yang ga tahu Dian sastro Wardoyo?. Aktris berbakat yang namanya melambung dari film AADC  yang di produseri oleh Mira Lesmana dan Riri Riza pada tahun 2002. Mukanya yang sangat natural Indonesia sekali, sangat memudahkannya untuk menjadi aktris laris  di Indonesia. Tapi, dia tak melulu memikirkan karirnya  di dunia perfilman. Saat namanya sedang melambung, dia memutuskan untuk menghentikan aktivitasnya beberapa saat untuk fokus menyelesaikan kuliah S2 nya. Hasil yang didapatpun tak biasa, dia mendapat predikat cumlaude dalam pendidikan S2 nya.

Sebagai Ibu beranak dua. Dia tak hanya berpangku tangan dalam mengasuh kedua anaknya. Dia tetap memberikan waktu untuk terjun langsung membesarkan buah hatinya, di tengah kesibukannya. Buktinya, di banyak foto di instagramnya, selalu menampilkan keluarganya yang harmonis. Dian juga mendirikan yayasan yang dibangun bersama ibunya (Dewi Parwati Setryorini). Yayasan yang didirikannya bergerak di bidang pendidikan, perempuan, dan kesejahteraan bagi masyarakat tidak mampu. Wanita cantik, cerdas nan inspiratif.

Mau jadi Dian Sastro selanjutnya?, jangan pernah berhenti belajar ya girls.

2. Ibu Susi Pudjiastuti. Menteri Kelautan dan Perikanan RI yang gagal dalam urusan percintaan, namun sukses untuk membanggakan negara.

https://cdn.tmpo.co/data/2015/09/16/id_437621/437621_620.jpg via https://cdn.tmpo.co

Menteri wanita yang satu ini memang rumah tangganya tidak semulus karirnya. Tapi, baginya urusan cinta tak melulu dari pasangan. Cinta dan kepeduliannya terhadap rakyat, mampu  membuatnya terlihat begitu tangguh dalam menghadapi pergulatan dunia. Beliau pernah menikah sebanyak tiga kali, dalam ceritanya ketika di wawancara. Jatuh bangun dalam urusan percintaan tak membuat galau kemudian tak mau maju. Justru, dengan itu dia fokus membesarkan bisnisnya sehingga menjadi sukses seperti sekarang ini.

Banyak dikabarkan miring, tapi tak membuat dia goyah. Dia tetap melenggang dikancah kelautan Indonesia. Membereskan aturan-aturan yang diabaikan oleh banyak manusia di wilayah yang berhubungan dengan kelautan dan perikanan. Bisnis yang dimulai dari bawah, melambung pesat dengan hasil yang merekah. Meski hatinya rapuh karena cinta, kekuatan tangan dan otaknya melebihi baja yang membanggakan negara.

Siapa yang ga mau kaya beliau?. Wanita tangguh yang memiliki pendirian teguh. Melumpuhkan si pembuat rusuh, menjadikannya teduh. Semangat terus ya, Bu.

3. Merry Riana. Pengusaha yang telah sukses dalam usia muda.

http://www.daunbodhi.com/wp-content/uploads/2015/01/merry_riana.jpg via http://www.daunbodhi.com

Merry Riana, namanya melambung dari sebuah film yang menceritakan kehidupannya dimasa lalu. Novelnya pun terjual laris dipasaran. Karirnya melambung baik, tak semudah yang dibayangkan. Jatuh bangun dalam dunia bisnis membuat dirinya semakin kuat menghadapi kehidupan. Pengalaman perjuangan yang dia lakoni, sehingga mendapat kesuksesan seperti sekarang ini membuat dirinya dikenal sebagai motivator. Menjadi pengusaha dalam usia muda, adalah contoh terbesar yang menginspiratif para wanita lainnya. Dia mengajarkan agar menjadi wanita yang kreatif dan inovatif. Kalau penasaran sama kisah hidupnya bisa beli novelnya atau nonton filmnya.

Merry mengajarkan kepada kita untuk menjadi wanita yang tak mudah menyerah. Bahwasanya, mimpi harus selalu diperjuangkan dan jangan pernah meninggalkan Tuhan. Karena, Tuhan akan bersama orang-orang yang berusaha.

4. Dewi Dee Lestari. Tak hanya bersuara emas, tulisannyapun mengatlas di sepanjang samudera

https://shantystory.files.wordpress.com/2016/01/dewidlm.jpg via https://shantystory.files.wordpress.com

Dulunya terkenal sebagai wanita yang memiliki suara emas. Namun, bakat terpendamnya yaitu menulis mampu mengangkat namanya di jajaran penulis-penulis ternama di Indonesia. Beberapa novel yang ditulisnya telah diangkat ke layar lebar seperti Perahu kertas, Filosofi kopi, dan Supernova. Dia sangat bangga menjadi penulis.

Katanya "Saya menganggap semua hidup saya adalah ibadah, termasuk menulis Supernova. Kalau ada yang mengganggap menulis buku adalah hobi, bagi saya itu bukan lagi sekedar hobi. Bagi saya, itu adalah suatu kebutuhan. Menulis bagi saya adalah kegiatan yang sangat ritualistik. Ketenangan yang saya dapatkan darinya tidak bisa saya bandingkan dengan apapun.” 

Dia sudah menekuni dunia penulisan sejak SMA namun tak langsung bisa menjadi penulis ternama. Tak pantang menyerah dalam menulis, membuat namanya lebih tersohor sebagai penulis daripada penyanyi. Jadi, bagimu yang ingin menjadi penulis sukses, bisa lho pakai tipsnya mbak Dee. Menulis bukan hanya sekedar hobi namun kebutuhan. Selamat berkarya.

5. Najwa Shibab. Presenter berita cantik dan menarik yang selalu melontarkan pertanyaan-pertanyaan menggelitik yang disegani dikalangan politik.

http://assets-a2.kompasiana.com/statics/files/14138627991427628676.png?t=o&v=760 via http://assets-a2.kompasiana.com

Presenter berita cantik yang suka melontarkan pertanyaan-pertanyaan menggelitik dan berlatar belakang dari keluarga yang tidak sulit, dia adalah Najwa Shibab. Najwa adalah putri kedua dari Menteri Agama era kabinet Pembangunan VII yaitu Quraisy Shihab. Meski dia terlahir dari keluarga yang terpandang, dia tak mempergunakan kekuasaan yang dimiliki orang tuanya untuk karirnya. Nana biasa panggilan Najwa Shibab ini, berjuang dari nol. Karirnya berawal dari liputan bencana Tsunami di Aceh. Namanya dikenal karena liputannya yang menarik para pemirsa. Pertanyaan-pertanyaan yang lugas dan menggelitik membuat yang diwawancari terkadang bergidik. Dia juga disegani di kalangan politik karena pertanyaan dan analisanya yang sering membuat para pemirsanya terpana. Di tahun 2011, Nana mewakili MetroTV meraih penghargaan Young Global Leader (YGL) 2011 dari World Economic Forum (WEF) yang berkedudukan di Geneva, Swiss. Dari penghargaan YGL diberikan WEF setiap tahun terhadap para profesional muda berusia di bawah 40 tahun dari seluruh penjuru dunia.

Wanita cerdas, cantik dan dari keluarga terpandang. Tak hanya leha-leha dalam kehidupannya, tak juga mengais karir dari kekuasaan keluarganya. Usaha yang ekstra keras membuat dia seperti sekarang. Menjadi sosok inspiratif wanita kekinian yang tak hanya bisa berdandan tapi juga memberikan hal yang membanggakan.

6. Alexandra Asmasoebrata. Pembalap wanita pertama Indonesia yang tak pernah takut ganasnya panas dunia.

https://cdn.la-lights.com/news/2013/11/27/9984/646xauto-wpold_girls-gallery-alexandra-asmasoebrata-wanita-cantik-di-balik-kemudi-mobil-balap.jpg via https://cdn.la-lights.com

Alexandra Asmasoebrata yang biasa dipanggil Andra adalah pembalap pertama perempuan dari Indonesia. Dia menunjukan pada dunia bahwa pekerjaan yang biasa dikendalikan laki-laki bisa juga ditaklukan oleh wanita. Andra pernah mendapat rekor MURI sebagai pembalap wanita pertama Indonesia. Pergulatannya di aspal berawal di ajang balap gokart sebagai kadet 60 cc, pada usia 12 tahun. Di ajang yang sama dia berhasil mengukir prestasi. Beberapa prestasi yang pernah ia raih diantaranya adalah 2002 1st champion National Kart Championship, 2005 1st champion National Kart Championship, 2005 13th World Championship Junior rotax max dan 2005 1st China Formula Campus Asian Division.

Itulah beberapa wanita yang menginspirasi wanita-wanita lainnya. Wanita yang tak hanya bisa menjadi sosok manja, namun juga berkarya untuk Indonesia sehingga membuat orang lain bangga. So, mulai sekarang jadilah wanita yang kuat, inspiratif dan inovatif ya, girls.