Banyak kebiasaan yang kamu anggap sepele dan memang sering kamu lakukan. Tapi tahukah sebenarnya kegiatan sepele itu bisa merusak tubuhmu baik secara jangka pendek ataupun jangka panjang loh. Mungkin kamu tidak menyadarinya karena sudah biasa dilakukan.

Nah sebaiknya kamu mulai menghindari 7 kebiasaan ini yang berdampak buruk tersebut demi kesehatan tubuh.

 

1. Main Smartphone Sebelum Tidur

Kebiasaan menggunakan ponsel sebelum tidur ternyata dapat mengganggu siklus tidur dan membahayakan kesehatan. Selain dapat mengganggu penglihatan, ponsel juga membuat anda lebih sulit tidur di malam hari.

Ponsel memiliki pancaran radiasi tinggi yang tak kasat mata, hal ini menyebabkan seseorang tidak menyadari akan bahayanya. Menurut data WHO, radiasi ponsel bersifat karsinogenik yang dapat mempengaruhi susunan saraf manusia, yang akhirnya dapat menyebabkan kanker atau tumor.

2. Memakai Parfum

Memakai parfum berlebihan via http://nuguy.biz

Advertisement

Parfum ternyata juga bisa membahayakan kesehatan jika digunakan secara berlebihan dan dalam waktu yang lama. Menurut Dokter Heather Patisaul, seorang ahli biologi di North Carolina State University, mengungkapkan, parfum tak hanya bisa membuat seseorang alergi, seperti bersin, sakit kepala, hingga pilek. Parfum yang mengandung phthalates atau disebut dietil ftalat (DEP) dapat mengganggu hormon testosteron anak laki-laki.

Pada wanita, paparan phthalate dapat menimbulkan masalah sindrom ovarium polikistik. Sindrom gangguan hormonal tersebut dapat menyebabkan menstruasi yang tidak teratur, muncul jerawat, pertumbuhan rambut yang tidak teratur.

3. Tidur Tengkurap

Tidur tengkurap via http://www.istockphoto.com

Tidur dengan posisi tengkurap memang sangat nyaman dan mungkin sebagian orang sudah terbiasa melakukannya. Akan tetapi, tidur dengan posisi tersebut justru membahayakan kesehatan anda. Tidur tengkurap hanya akan memicu munculnya lipatan di sekitar hidung, mata, mulut dan pipi anda. Seiring pertambahan usia, anda akan kehilangan banyak kolagen di lapisan kulit anda sehingga lipatan-lipatan tersebut tidak bisa kembali normal dan menjadi kerutan permanen.

4. Langsung Menyikat Gigi Setelah Makan

Menyikat gigi via http://id.pinterest.com

Menyikat gigi setelah makan dapat mendorong asam yang kebih tinggi pada gigi, yang menyebabkan korosi atau pengikisan terjadi lebih cepat dari pembusukan gigi. Selain itu struktur saliva (air liur) alami akan rusak dan mempengaruhi fungsinya terhadap proses pencernaan. Karena itu tunggu15-20 menit sehingga pH saliva kembali normal.

5. Mengenakan Sepatu yang Terlalu Tinggi atau Terlalu Datar

Sepatu hak tinggi via http://bahasa.aquila-style.com

Mengenakan sepatu hak setiap hari hanya akan membuat punggung anda melengkung dan menekan persendian anda. Demikian pula dengan menggunakan sepatu yang terlalu datar. Meskipun demikian, pilihan tetap di tangan anda. Gunakanlah sepatu yang membuat anda benar-benar nyaman sehingga tidak merugikan kesehatan anda. Jika menggunakan sepatu dengan hak tinggi pun jangan terlalu lama karena pastinya melelahkan.

6. Begadang

Begadang via http://tawtawtahu.com

Begadang jika dijadikan sebuah kebiasaan, maka akan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh dan organ tubuh Anda. Selain itu, kebiasaan begadang juga berbahaya bagi kesehatan psikis Anda. Begadang menyebabkan hilang konsentrasi, dan kurang fokus. Tanpa 6-8 jam tidur kamu bisa merusak kekebalan tubuh dan proses tubuh lainnya. Dan tubuhmu akan menjadi lemah.

7. Melewatkan Sarapan

Sarapan via http://disehat.com

Para ahli jantung di Amerika Serikat menyampaikan sebuah himbauan, tentang pentingnya sarapan di pagi hari. American Heart Association mengungkapkan, sepertiga dari orang dewasa yang melewatkan waktu sarapan, kemudian memakan makanan ringan sepanjang hari, merupakan sebuah pola makan yang akan menimbulkan gangguan kesehatan berbahaya di kemudian hari.

Sarapan di pagi, hari lebih cenderung menjadi gemuk dan memiliki kecenderungan mengidap diabetes dan penyakit jantung, karena ketika mereka tidak sarapan akan membuat rasa lapar yang mengharuskan mereka makan sepanjang hari tanpa terkontrol.