Lho, kok barangnya beda sama displaynya?
Iuhhh muka aku kok jadi rusak setelah pakai obat wajah ya.
Duh, kok buahnya busuk ya.

Belanja memang selayaknya menjadi kegiatan yang menyenangkan. Tapi, belanja akan menjadi hal yang menyebalkan kalau tiba-tiba kamu membeli barang yang salah dan kamu merasa tertipu. Simak ulasan berikut agar kamu menjadi konsumen yang cerdas dan tidak mudah tertipu dengan janji manis penjual. 

1. Online Shopping

Online shopping itu seperti membeli kucing dalam karung. Pernah merasa tertipu dan kapok untuk belanja lagi? stop komplain. Mulai sekarang kamu harus menjadi pembeli online yang cerdas!

Hal-hal yang perlu kamu perhatikan apakah penjual itu penipu atau bukan adalah:
1.  Mengecek rating dari penjual dan komentar dari pembeli. Apakah mereka puas ataukah ada yang merasa pernah tertipu. Semakin positif komentar dari pembeli maka itu termasuk penjual yang recomended.
2. Untuk barang-barang pecah belah atau elektronik usahakan kamu memakai garansi dan bisa dikembalikan apabila terjadi kerusakan atau cacat.
3. Penjual yang penipu biasanya menggunakan ID dan toko yang tidak jelas, bisa jadi gambar asal comot dari foto orang lain.
4. Hati-hati juga dengan  penjual yang memberikan harga sangat murah karena bisa jadi barang yang dijual palsu atau bermasalah.

2. Penjual Endorse

Duh, kok sizenya beda ya.

Duh, kok jelek ya bahannya.

Advertisement

Kamu pasti tahu 'kan artis-artis dan public figure yang menjual berbagai macam barang melalui sistem endorse? Menarik bukan kalau bisa menggunakan barang yang sama seperti dipakai idolamu? Eits, kamu harus waspada, ya! Barang yang digunakan idola kamu mungkin sudah mendapat pencahayaan bagus atau mungkin merupakan barang dengan grade A. Oleh karena itu, agar kamu tidak mudah tertipu dan salah beli, ada baiknya kamu melakukan kontak mengenai jenis, harga dan kualitas barang yang ingin kamu beli sedetil mungkin.

Model mah badannya bagus, kalau dipakai kamu? Belum tentu hasilnya sama!

3. Toko Kosmetik Abal-Abal

Toko kosmetik bertebaran di mana-mana, mulai dari media sosial hingga di pusat perbelanjaan. Kosmetik adalah barang yang habis pakai sama seperti makanan yang akan bersentuhan langsung dengan tubuh kamu. Hati-hati, lho. Salah-salah malah berakibat fatal bagi tubuh kamu.

Ingat ciri-ciri toko kosmetik abal berikut ini:
1. Kosmetik tidak bersertifikat halal dan POM
2. Jangan senang dulu bila mendapatkan harga murah banget karena kualitas sesuai harga. Harga murah kamu perlu curiga dan melakukan penelusuran lebih lanjut. Jangan-jangan palsu?
3. Kemasan dan kualitasnya beda dengan produk di toko resmi
4. Kosmetik itu sama seperti bahan makanan tidak bisa terkena paparan sinar matahari, tidak bisa terkena air dan udara luar secara langsung.