Apakah harus menunggu sampai kamu punya pasangan untuk membuktikan kalau kamu adalah orang yang berkualitas? Justru saat kamu sedang ditertawakan dengan kesendirianmu sekarang, kamu bisa buktikan pada mereka yang sudah menertawakanmu kalau kamu punya kualitas yang lebih baik dari mereka.

Punya pasangan bukan berarti pertanda kalau kamu adalah orang yang berkualitas dalam percintaan. Dan sebaliknya saat kamu lajang juga bukan berarti kamu adalah orang yang tidak berkualitas.

Yang perlu kamu lakukan sekarang adalah membuktikan pada orang yang sudah menertawakanmu bahwa kamu adalah jomblo berkualitas yang tetap bisa bahagia dan sukses dengan kesendirianmu.

Kamu tidak perlu lagi merasa malu, minder dan galau hanya karena ejekan dan tertawaan mereka dengan status jomblomu. Kamu harus membiasakan dirimu untuk mengusir semua hal negatif yang  terjadi dalam hidupmu dengan penuh percaya diri melakukan apa yang ingin kamu lakukan dan meraih kesuksesan yang kamu rencanakan.

Saya yakin saat kamu sudah bisa menjadi jomblo berkualitas yang bisa bahagia dan sukses dengan kesendirianmu, kamu memperbesar kesempatanmu untuk mendapatkan pasangan yang sama kualitasnya dengan dirimu.

Jadi kalau kamu memang ingin mendapatkan pasangan yang berkualitas, pastikan kamu sudah menjadikan dirimu orang yang berkualitas juga.

Dan saat menunggu pasangan yang berkualitas itu, kamu bisa jadikan dirimu seorang jomblo yang berkualitas dengan 10 ciri-ciri jomblo berkualitas ini:

1. Merancang Kehidupan Masa Depan Yang Kamu Inginkan

administration-analytics-business-commerce via https://www.pexels.com


Sibukkan dirimu untuk membuat rencana kehidupan masa depan yang kamu inginkan. Apa saja yang ingin kamu dapatkan dalam 5 atau 10 tahun ke depan. Kamu harus tahu tujuan hidupmu dan mulai untuk mencari jalan tercepat dan terbaik untuk mencapai tujuanmu itu.


Kalau kamu punya rencana setidaknya kamu akan tahu langkah apa saja yang harus kamu lakukan untuk bisa sampai ke tujuanmu (masa depan yang kamu inginkan) cepat atau lambat. Meski mungkin akan butuh waktu lama, tapi dengan rencana yang jelas, kamu pasti akan sampai pada tujuan mu itu.

2. Membiasakan diri dengan hal-hal yang positif (membuang semua kebiasaan burukmu)

/adolescent-blur-enjoy-friends via https://www.pexels.com

Advertisement

Kamu harus mulai sadar bahwa semua kebiasaan buruk mu selama ini (pola makan dan olahraga berantakan, terlalu banyak menghabiskan waktu sendiri/ jarang hangout dengan teman-teman mu, tidak peduli dengan penampilanmu, selalu minder bertemu dan mengajak kenalan orang baru, berteman dengan orang-orang itu saja, terlalu lama menghabiskan waktu ngegame, dll) hanya akan menghambatmu untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik.


Manfaatkan status jomblo mu sekarang untuk memperluas pergaulan dan sosialisasimu dengan orang-orang baru yang menarik dan latih kemampuan berinteraksi mu dengan berbagai karakter orang.

Kemampuan berinteraksi dengan teman-teman mu inilah yang akan membantu mu untuk berinteraksi dengan wanita nantinya.


3. Terus Belajar Dan Introspeksi Diri Menjadi Orang Yang Lebih Baik

man-couch-working-laptop via https://www.pexels.com

Ingat, kualitas jodohmu sebanding dengan kualitas dirimu. Kalau kamu ingin mendapatkan pasangan yang pintar dan cerdas, kamu pun harus menjadikan dirimu orang yang pintar dan cerdas.


Orang yang pintar dan cerdas adalah orang yang selalu ingin belajar. Kamu harus berusaha untuk memahami dirimu sendiri dan belajar memperbaiki kesalahan yang pernah kamu lakukan untuk menjadi orang yang lebih baik.


4. Cari dan berkumpulah dengan teman-teman berkualitas dan belajarlah memperbaiki dan meningkatkan kualitas diri menjadi orang yang lebih baik dari orang-orang yang sudah menertawakanmu

men-wearing-gray-formal-suit-holding-san-miguel-pale-pilsen-during-daytime via https://www.pexels.com

Salah satu cara memperbaiki diri adalah dengan memperbaiki lingkungan dan orang-orang yang sering bergaul denganmu. Cari dan berkumpulah dengan teman-teman yang berkualitas yang bisa kamu andalkan dan terus mendukungmu menjadi orang yang lebih baik dan berkualitas lagi.


Dari teman-teman mu itulah kamu bisa terpengaruh untuk menjadi orang yang lebih berkualitas sama dengan mereka atau bahkan lebih baik dari mereka.

 Kalau perlu kamu harus perluas lagi pertemananmu dengan berkenalan dengan orang-orang baru yang lebih menarik dan pelajari dan pahami karakter mereka, apa yang bisa membuat mereka menjadi pribadi yang menarik.


5. Selalu punya waktu untuk mengevalusi diri dan apa saja yang sudah kamu dapatkan selama ini

adult-black-coffee-coffee-cup via https://www.pexels.com


Kamu akan lebih punya fokus untuk menjalani kehidupan yang lebih baik dengan tidak mempersulit dirimu memikirkan omongan orang lain yang membuatmu galau selama ini dan terlalu menyibukan dirimu mengejar hal-hal yang tidak bisa kamu raih.


Semakin sering kamu melakukan evaluasi pada kesalahan yang kamu lakukan selama ini, semakin kamu menjadi bijak dan lebih pintar. Dan orang bijak dan pintar akan lebih tahu apa yang benar-benar diinginkannya dan apa saja yang harus dilakukan untuk terus memperbaiki dan meningkatkan kualitas dirinya.

6. Menyayangi dirimu sendiri

man-in-black-blazer-standing-in-front-of-coffee-shop via https://www.pexels.com

Mumpung kamu masih sendiri, fokuslah menyayangi dirimu sendiri. Rawat dan jaga kesehatan jiwa dan raga mu. Jaga dan rawat raga mu dengan mengatur pola makan dan jadwal olahraga rutin dan isi jiwa mu dengan kegiatan ibadah dan ikut bakti sosial.


Menyayangi diri sendiri adalah cara terbaik untuk membahagiakan dirimu. Dan saat kamu bisa menyayangi dirimu sendiri, kamu juga lebih bisa menjauhkan dirimu dari pikiran-pikiran negatif dan tidak akan lagi peduli dengan komentar negatif lingkungan mu tentang kesendirianmu.


7. Berani meninggalkan hubungan yang memang tidak bisa membahagiakanmu

man-in-black-suit-holdin-starbucks-cup-near-book via https://www.pexels.com

Kamu masih betah menjomblo sekarang karena kamu berani untuk meninggalkan hubungan yang memang tidak bisa membahagiakan mu dan tidak lagi menjadi orang munafik yang terus memaksakan diri bertahan dalam hubungan yang buruk.

Selain itu kamu juga lebih bisa menerima penolakan wanita karena kamu akan mundur begitu saja saat kamu tahu wanita itu tidak tertarik denganmu.


Kamu tidak akan memaksakan diri untuk mengubah dirimu hanya untuk mendapatkan wanita, karena kamu sadar kalau kamu tidak akan pernah bisa bahagia dengan wanita yang tidak tertarik denganmu.


8. Punya daftar hal-hal menyenangkan yang ingin kamu lakukan

man-wearing-blue-and-black-flannel-shirt-holding-white-and-black-book-during-daytime via https://www.pexels.com


Kamu tidak pernah merasa bosan dengan kehidupanmu karena kamu selalu punya daftar hal-hal menyenangkan yang ingin kamu lakukan.


Kamu selalu membuat daftar pekerjaan dan hobi yang ingin kamu lakukan selama satu minggu ini. Entah kamu ingin nonton, ke toko buku, rental dvd pilm, ke toko alat musik, hunting foto, atau touring dengan teman komunitasmu.

9. Menjadi orang yang mandiri dan tegas melepaskan orang-orang yang memang tidak baik untukmu

adult-beard-casual-cellphone via https://www.pexels.com

Jomblo berkualitas adalah mereka yang bisa menjadi orang yang mandiri dan tegas untuk melepaskan orang yang memang tidak baik untuknya. Kamu sadar kalau kamu tidak akan pernah bisa mengubah orang lain, yang bisa kamu lakukan adalah mengubah dirimu sendiri.


Mulai memperbaiki diri dan menerima semua kekecewaan dan penolakan yang kamu dapatkan dengan terus mengusahakan hal yang lebih baik dari apa yang sudah kamu lakukan.

Dengan begitu kamu pun akan lebih optimis dan tahan banting untuk menghadapi rintangan yang lebih berat untuk mendapatkan wanita impianmu ke depannya.


10. Menikmati Kesendirian Dengan Mengusir Semua Hal Negatif Dan menikmati Proses Penantianmu dengan terus berjuang mendapatkan karir impianmu

man-in-orange-shirt-sitting-on-gray-rocks via https://www.pexels.com


Untuk apa memikirkan omongan orang yang tidak senang melihat kesuksesan mu dan berusaha untuk menjatuhkanmu kalau kamu bisa memanfaatkan waktu mu untuk menjadi orang yang lebih produktif meraih karir impianmu.


Justru dengan kesendirianmu itu, kamu lebih punya banyak waktu untuk fokus meningkatkan karir dan kreatifitasmu mendapatkan pekerjaan yang kamu impikan selama ini.


Dengan menjadikan dirimu jomblo yang berkualitas, kamu tidak akan lagi merasa galau dan minder dengan kesendirianmu. Justru kamu sedang menikmati kesendirianmu dan proses penantianmu untuk mendapatkan pasangan yang sama kualitasnya dengan dirimu.


Satu hal yang pasti, kamu harus selalu membiasakan dirimu untuk selalu memberikan sugesti positif pada dirimu dan mengusir semua hal negatif agar hidup mu bahagia.


Hargai dan bahagiakan dirimu sendiri sebelum kamu bisa menghargai dan membahagiakan orang lain. Dan salah satu cara untuk menghargai dan membahagiakan dirimu sendiri adalah dengan selalu memberikan kebaikan untuk dirimu sendiri.


Salah satu kebaikan yang bisa kamu berikan untuk dirimu sendiri adalah dengan mulai menyayangi dirimu sendiri dan membiasakan dirimu dengan hal-hal positif yang membuatmu menjadi orang yang lebih baik.

Kalau kamu sekarang jomblo tapi kamu hanya terus saja mengeluh dengan status jomblo mu tanpa melakukan perubahan apa-apa pada kualitas kepribadianmu sama saja kamu menyia-nyiakan waktu dan peluang mu untuk mendapatkan pasangan yang berkualitas.

Lebih baik terus perbaiki diri dan kualitas kehidupanmu untuk mendapatkan pasangan berkualitas yang punya 8 ciri-ciri ini, wanita yang sempurna untuk kamu jadikan istri.

Saya yakin saat kamu sudah menjadi pria yang berkualitas, hanya wanita berkualitaslah yang akan kamu dekati dan berani mendekati mu.