Seseorang yang single punya lebih banyak kesempatan bersenang-senang dengan teman-temannya baik pria maupun wanita. Seseorang yang single dapat berkonsentrasi penuh memuaskan diri dengan penitian karirnya. Seseorang yang single juga punya kebebasan waktu untuk menelusuri hobi atau minat pribadi. Jadi, dibandingkan dengan yang sudah berpasangan, kondisi single justru bisa memberi lebih banyak kemewahan dalam hidup kamu, bukan?

Pertanyaan yang perlu kamu renungkan adalah… apakah sekarang kamu sudah menggunakan seluruh hak-hak kemewahan tersebut?

Karena jika tidak, akan sangat wajar jika kamu merasakan sengat racun kesepian yang bernama depresi saat ini.

Dan yang lebih lucunya lagi, jika kamu berusaha mencari kekasih karena merasa kesepian seperti itu, entah kenapa semua target seakan bergerak menjauh dari kamu. Sadari bahwa semakin kamu mengejar, semakin mereka berlari. Semakin kamu merayu, semakin mereka kehilangan minat padamu.

Sobat, kelajangan yang tidak dimanfaatkan malah akan cenderung berbalik merugikan kamu! Ada banyak sekali hal yang HARAM untuk kamu lewatkan begitu saja ketika single. Coba pikir saja sendiri: apa saja yang bisa kamu lakukan ketika sedang dalam keadaan lajang? Kualitas hidup dan kemewahan apa saja yang sudah kamu lewatkan serta lupa syukuri selama ini? Renungkan prinsip-prinsip pokok berikut ini dulu :

1. Kebebasan, Kebebasan, Kebebasan

Kamu tidak perlu gini via http://youtube.com

Kebebasan akan membuat kamu hidup lebih meriah spontan, seperti anak kecil yang masih minim tanggung jawab. Penting sekali bagi kamu untuk menggunakan kebebasan waktu-energi-finansial ini untuk meningkatkan kualitas hidup semaksimal mungkin!

Kamu dapat pergi ke mana saja dan memutuskan apa saja tanpa perlu mendiskusikannya pada siapapun! Kamu bisa bertingkah gila tanpa merepotkan siapa pun selain dirimu sendiri. Kamu tidak perlu dipusingkan dengan rutinitas memberi kabar dan menanyakan kabar tentang kekasihmu. Tidak ada kewajiban untuk meminta ijin, tidak ada rasa bersalah jika ingin pergi bersenang-senang dengan sahabat kamu.

Ini sepertinya common sense biasa saja, tapi kebebasan adalah kemewahan terbesar yang baru akan kamu rindukan jika nanti sudah punya pasangan. Jangan sia-siakan waktu ini, nikmati kebebasan kamu sekarang juga. Ini perintah!

2. Keuangan sepenuhnya milik kamu

Advertisement

Yang ini jomblo parah via http://ciricara.com

Salah satu keuntungan dari single adalah kamu tidak perlu membagi pendapatan untuk keperluan rutinitas percintaan. Hubungan itu menghabiskan uang. Orang yang berpacaran wajib menyisihkan pengeluaran tambahan untuk mentraktir kekasih makan dan jalan-jalan setiap minggunya.

Menjadi single berarti seluruh kekuatan finansial kamu adalah sepenuhnya milikmu, bebas untuk digunakan memuaskan diri sendiri. Kamu bisa membeli gadget terbaru dan asesorisnya. Kamu bebas menonton berbagai film, konser dan mengunjungi party lebih banyak daripada sebelumnya. Kamu bisa bebas meledakkan budget untuk keperluan kesehatan dan fitness.

Jika kamu baru saja putus, maka segera salurkan kelebihan uang yang sebelumnya dipakai untuk menyenangkan kekasihmu untuk memuaskan hati dan dirimu sendiri, misalnya dengan membeli Playstation 3 yang selalu kamu incar selama ini. Kamu berhak menikmati hasil jerih payahmu. Kamu berhak untuk membahagiakan dirimu sendiri. Bahkan, saran saya… jangan pernah pelit untuk diri sendiri! Rayakanlah hari – hari bahagiamu sekarang juga !

3. Super minim stress

Nih jomblo maxim stress via http://jancok.com

Coba ingat setiap kali berada dalam hubungan, kamu jadi begitu terikat sehingga malas melakukan aktivitas lain di luar berpacaran. Kamu jarang berolahraga, jarang membaca buku, jarang bertemu dengan orang-orang baru, jarang punya waktu untuk diri sendiri. Tidak heran jika kamu merasa lelah dan depresi, seluruh sumber daya hidup kamu dihabiskan untuk menjaga kelanggengan hubungan saja. Jomblo berkualitas bukanlah jomblo yang stress!

Itulah yang terjadi dalam kehidupan berpacaran, bertunangan, atau berumah tangga. Ketika single, kamu hanya perlu mengurusi diri sendiri. Kamu tidak perlu lagi didera depresi berusaha menebak-nebak isi hati kekasih, stress karena perulangan konflik dengannya, atau makan hati terpaksa menyenangkan hati keluarganya juga. By default, manusia mudah terserang stress ketika terlalu banyak berusaha mengurusi apalagi menyenangkan orang lain lho.

Ketika single, kamu kembali menjadi orang yang terpenting dan paling utama di dalam hidup kamu. Kamu hanya bertanggung jawab pada diri sendiri, tidak perlu lagi memusingkan tetek bengek yang tidak kamu sukai. Seseorang yang kokoh dan lihai memegang kendali dalam hidupnya sendiri pasti akan lebih sehat secara mental dan fisik. Jadi sehatkan dulu mental dan fisik kamu sebelum memberi diri pada stress hubungan berikutnya.

4. Pribadi yang berkualitas itu pribadi yang mengeksplorasi diri sendiri

Jomblo bego via http://hype.idntimes.com

Jomblo berkualitas mengeksplorasi dirinya dengan mencoba berbagai pengalaman, semakin tinggi nilai kualitasnya dibandingkan orang lain. Saya ingin kamu dengan penuh kejujuran dan hati yang besar menjawab poin-poin berikut ini:

Hal-hal baru apa saja yang sudah kamu pelajari selama enam bulan terakhir?

Keahlian baru apa yang semakin kamu pertajam dalam tiga bulan terakhir?

Buku dan bacaan apa saja yang telah kamu habiskan dalam sebulan terakhir?

Perbedaan apa yang sudah kamu lakukan di minggu ini dibanding rekan-rekan ?

Pencapaian apa saja yang kamu miliki hari ini yang membuktikan bahwa kamu lebih baik daripada kemarin?

5. Masa single, masa berkualitas

Jomblo paling parah via http://brilio.net

Seorang single memiliki banyak sekali kekuatan dan kesempatan untuk memperlebar kapasitas dirinya. Dan hal-hal seperti itu MEMANG biasanya hanya bisa dilakukan dalam periode single! Jika kamu sudah pernah pacaran, kamu pasti paham sekali.

Ketika kamu mengembangkan passion untuk menjadi diri yang terbaik dalam segala bidang, kamu akan menemukan lebih banyak kepuasan dan kenikmatan dalam hidup. Kamu tidak lagi punya waktu untuk merasa kesepian! Keajaiban tambahan yang terjadi ketika kamu sibuk menikmati seluruh kemewahan masa sendiri kamu tersebut, kamu malah nyaris dengan sendirinya menjadi magnet bagi lawan jenis! Karena di segala sisi dan aspek, kamu memancarkan kualitas!

Mulai dari hari ini, arahkan segenap hati dan pikiran kamu untuk menjadi orang yang selalu menantang diri untuk pengalaman dan pengetahuan baru. Seorang jomblo berkualitas benar-benar tahu cara menikmati kelajangan dengan meriah, bukannya jomblo yang banyak mellow, mengeluh dan merasa kesepian.

Jadi bila sekarang kamu single namun tidak melakukan apa-apa selain mengeluh jomblo, kamu sedang MENYIA-NYIAKAN kemewahan waktu dan kesempatan yang kamu miliki! Anggaplah masa single itu seperti area istirahat di tengah lomba lari. Bila kamu tidak menggunakannya untuk beristirahat dan menyegarkan diri, kamu tidak akan mampu bersaing dengan pelari lainnya dan selalu menjadi yang terbelakang! Kamu akan menjadi orang yang selalu bertanya, “Kenapa sih tiap gue suka seseorang, selalu aja udah punya pacar?”

Bila selama single kamu terlihat “miskin” kualitas, “miskin” gairah, “miskin” kemeriahan hidup, dan berbagai “kemiskinan” lainnya, aneh sekali bila kamu heran kenapa tidak lawan jenis yang mau mendekat. Betul kan?