Tahukah Anda bahwa pengkritik terkejam dan terjujur di dunia ini adalah diri Anda sendiri? Akan tetapi, diri Anda juga merupakan orang pertama yang akan memberikan ucapan selamat dan pujian pada Anda saat Anda berhasil mencapai sesuatu.

Sayangnya, sekarang ini banyak orang yang bersikap terlalu keras pada dirinya sendiri, bahkan tidak dapat memaafkan dirinya sendiri atas berbagai kejadian buruk yang menimpanya. Hal ini tentu saja akan membuat orang sulit mencapai kebahagiaan yang selalu diidam-idamkannya.

Salah satu cara untuk membuat Anda merasa bahagia dan puas dalam kehidupan ini adalah dengan belajar mencintai diri Anda apa adanya. Bingung bagaimana caranya lebih mencintai diri Anda sendiri? Di bawah ini Anda dapat melihat beberapa tips yang mungkin dapat membantu Anda.

1. Tertawai Diri Anda Sendiri

Tertawalah Sebelum Tertawa Itu Dilarang via http://3.bp.blogspot.com

Jangan terlalu kaku dan serius dalam menilai dan menghakimi diri Anda sendiri karena perubahan selalu terjadi, baik di dalam diri Anda sendiri maupun pada lingkungan dan orang-orang di sekitar Anda. Daripada terus merasa bersalah atau menghakimi diri Anda sendiri, Anda dapat menertawakan diri Anda sendiri. Temukanlah berbagai sisi lucu dari setiap kesalahan atau keputusan buruk yang Anda buat.

Jangan terlalu memperdulikan apa pendapat orang-orang di sekitar Anda karena Anda tidak dapat membuat semua orang menyukai Anda atau bahagia karena Anda. Fokuskan perhatian Anda pada diri Anda sendiri dan bagaimana caranya membuat diri Anda sendiri merasa bahagia.

2. Bertemanlah

Advertisement

Tahukah Anda bahwa memiliki teman yang menyayangi dan mencintai diri Anda apa adanya juga dapat membuat Anda menyayangi dan mencintai diri Anda apa adanya?

3. Berolahragalah Setiap Hari

Yuk Olahraga! via http://www.l-men.com

Saat seorang wanita atau pria merasa puas dengan bentuk tubuhnya, maka ia pun dapat lebih mencintai dirinya sendiri. Oleh karena itu, berolahraga secara teratur setiap harinya merupakan hal yang penting. Selain dapat membuat tubuh Anda tetap ideal, kesehatan Anda pun akan menjadi lebih baik. Pilihlah olahraga yang Anda sukai dan lakukanlah hal itu setiap harinya.

4. Biarkan Diri Anda Merasa Bahagia

Biarkan Diri Anda Merasa Bahagia via https://www.maxmagz.com

Bila Anda ingin merasa bahagia, maka biarkanlah diri Anda untuk merasa bahagia. Saat Anda merasa bahagia, maka Anda pun akan merasa puas dan dapat mencintai diri Anda sendiri. Selain itu, merasa bahagia juga dapat membuat Anda tampak lebih enak dipandang lho!

5. Maafkan Orang Lain

Memaafkan orang lain yang telah menyakiti hati Anda bukanlah suatu hal yang mudah untuk dilakukan, akan tetapi tahukah Anda bahwa dengan melakukan hal ini Anda pun memaafkan diri Anda sendiri?

Bagaimana caranya agar Anda lebih mudah memaafkan orang lain? Cobalah untuk berada pada posisinya untuk mengetahui apa yang membuat orang tersebut melakukan hal yang telah ia lakukan. Selain dapat memudahkan Anda untuk memaafkan orang lain, hal ini juga akan membuat Anda tidak mudah marah atau tersinggung saat ada orang lain yang tidak memperlakukan Anda dengan baik.

6. Tidur yang Cukup

Tidur yang Cukup via http://slickmen.com

Saat seseorang memiliki waktu tidur yang cukup, maka moodnya pun akan menjadi lebih baik. Ia juga akan memiliki pikiran yang lebih positif dan lebih mencintai dirinya sendiri serta orang lain.