Mungkin salah satu penyebab susahnya produk lokal Indonesia untuk maju adalah masih maraknya barak KW dari brand terkenal yang beredar atau orang-orang yang lebih memilih untuk membeli brand luar. Membeli barang dari brand luar yang tentunya memiliki kualitas yang tak dapat diragukan mungkin masih bisa kita terima, namun dapatkah membeli barang KW kita benarkan?

Bukan hanya merupakan sesuatu yang ilegal atau merugikan brand aslinya, barang KW juga memiliki kualitas yang buruk. Kita harus mulai melihat produk lokal Indonesia yang memiliki harga yang dapat dikatakan sesuai dengan kualitas yang ditawarkan. Brand-brand lokal biasanya memulai usaha mereka malalui toko online yang berbasis Instagram, Line dan Website. Mereka biasanya menawarkan produk-produk seperti sepatu, tas, t-shirt, kemeja, dan masih banyak yang lainnya. Yuk simak beberapa dari mereka.

1. Adorable Projects

Adorable Projects Product via https://www.instagram.com

Adorable Projects adalah salah satu brand lokal Indonesia asal Bandung yang telah berdiri sejak tahun 2008 silam. Adorable Projects menawarkan produk tas wanita, dompet, pakaian, sepatu dan sandal. Produk mereka sangat beragam dengan kwalitas yang bagus dan juga dibuat dengan handmade. Mereka juga menawarkan pembuatan sepatu custom sesuai keinginan konsumen. Kalian dapat melihat-lihat produk mereka pada @adorableprojects di Instagram dan untuk custom sepatu pada @adorableprojects_custom Atau pada webside mereka di http://adorableprojects.com/.