Pekan Olahraga Nasional (PON) ke 20 tahun 2020 mendatang akan diselenggarakan di pulau paling timur Indonesia, Papua. Akan ada lima daerah yang akan menjadi venue-nya, yaitu Jayapura, Timika, Biak, Merauke dan Wamena. Berbagai persiapan pun telah dilakukan oleh pemerintah daerah setempat untuk mensukseskan event olahraga terbesar di Indonesia itu. Salah satu kota yang serius mempersiapkan diri adalah kota Timika di kabupaten Mimika. Kalau dulu kamu hanya mengenal Timika karena PT Freeportnya saja, maka kamu siap-siap saja untuk terkejut karena di Timika akan ada fasilitas olahraga yang lengkap dan bertaraf internasional bernama Mimika Sport Complex (MSC).

 

1. 1. Stadion Timika, tanah Papua tapi rumput Eropa

Stadion atletik Timika

Stadion atletik Timika via https://sgimage.detik.net.id

Stadion yang bisa digunakan untuk berbagai cabang olahraga ini berkapasitas 3.500 penonton. Selain untuk sepakbola, stadion ini juga bisa digunakan untuk menggelar berbagai cabang atletik seperti lempar lembing, tolak peluru serta lompat jauh. Selain itu yang menjadi kemewahan stadion ini adalah rumputnya yang didatangkan dari Swiss merupakan rumput hidup dan bisa digulung. Luar biasa kan? 

2. 2. Stadion Indoor Mimika Sport Complex, tempat lahirnya atlet Papua di masa mendatang

Stadion Indoor Timika

Stadion Indoor Timika via https://www.goodnewsfromindonesia.id

Stadion megah ini diperuntukkan untuk cabang olah raga bulu tangkis, bola basket dan bola voli. Kapasitasnya cukup besar, yakni mampu menampung 5.500 penonton kategori umum dan 75 penonton kategori VIP. Setelah digunakan untuk PON XX nanti, diharapkan dari tempat inilah akan terlahir atlet-atlet berprestasi dari Papua. Papua selama ini cukup dikenal karena tim sepakbolanya Persipura Jayapura mampu berprestasi di Liga Indonesia. Nantinya, dengan adanya fasilitas penunjang ini atlet Papua juga akan berprestasi di cabang olah raga lainnya.

3. 3. Asrama atlet, bentuknya unik menyerupai honai

Asrama atlet berdesain rumah adat Papua honai ini mampu menampung kurang lebih 140 atlet beserta 14 pelatih. Selain itu, terdapat fasilitas fitnes juga hlo di tempat ini. Buat kamu yang ingin menjaga kebugaran tubuh, tidak ada salahnya untuk mencoba fasilitas ini. Tapi itu nanti, kalau fasilitas olahraga ini sudah diserah terimakan kepada pemerintah daerah. Sampai dengan selesainya PON XX nanti, kawasan MSC ini sepenuhnya tanggung jawab PT Freeport Indonesia. 

4. 4. Ternyata, tribun stadion outdoor ini menyerupai ekor burung cendrawasih

Stadion outdoor dengan tribun menyerupai ekor cendrawasih

Stadion outdoor dengan tribun menyerupai ekor cendrawasih via https://sgimage.detik.net.id

Tema yang diusung dalam pembangunan Mimika Sport Complex ini adalah mengangkat kearifan lokal. Salah satu ciri khas tanah Papua adalah adanya burung cendrawasih. Oleh karena itu, pihak kontraktor lantas mendesain bagian atap tribun stadion outdoor dengan bentuk menyerupai burung ekor burung Cendrawasih. Sebuah seni arsitektur yang sukses mengangkat ciri khas daerah. 

5. 5. Kalau dilihat secara keseluruhan, tampak jelas kemegahan Mimika Sport Complex

desain Mimika Sport Complex

desain Mimika Sport Complex via http://bolanasional.co

Seandainya nanti komplek olahraga ini sudah benar-benar jadi seutuhnya, jelas akan menjadi sarana olahraga termewah di Indonesia, bisa jadi di Asia Tenggara. Asal kalian tahu, biaya pembangunan Mimika Sport Complex ini menghabiskan dana sebesar 33 juta USD. Jumlah yang sangat banyak tersebut tentu akan sesuai dengan kualitas yang didapatkan. Melihat desainnya saja dan progress pembangunannya hingga saat ini, sudah terbayang kan akan seperti apa nantinya kalau sudah benar-benar jadi ?.