Tuntutan akan masa muda yang berjaya penuh aktivitas dan eksistensi akhir akhir ini memang menjadi hal yang penting. Bahkan mengalahkan kepentingan yang lainnya. Oleh karena itu kita perlu mensiasati apa saja yang bisa kita siapkan agar kita bisa tetap menjadi generasi yang eksis, kekinian dan berjaya di masa muda hingga tua.

Jawabannya adalah dengan berinvestasi. Lalu apakah yang bisa menjadi pilihan bagi generasi muda yang memiliki banyak semangat dan tenaga namun sedikit kemapanan atau dana? Jawabannya adalah investasi bukan hanya dalam bentuk harta, uang atau emas. Tapi investasi dalam bentuk yang lainnya.

1. Investasi Experience (Pengalaman)

Siapa bilang investasi cuman emas aja? Experience kamu di masa lalu akan sangat membantu untuk kehidupan dan karirmu di masa depan.
Experience tidak melulu masalah kerjaan atau keahlian. Hobi yang kamu kuasai dan kamu asah terus menerus bisa menjadi sebuah investasi experience yang bermanfaat kedepannya.
Jadi, kamu masih hobi snorkling, main bola, main yoyo atau hobi make up? Jangan menyerah, hobi kamu jangan lupa diasah dan di dokumentasikan ya. Siapa tahu kedepannya experience dan keahlian dan hobi kamu ini bisa menjadi investasi untuk mandiri di masa depan.

2. Investasi Link (Relasi)

"Gue males ah sama orang itu Anj###."
"Goblok lo, gimana siii ngerjain aja ga becus"

Advertisement

Yakin masih suka sewot, marah-marah dan ber attitude tidak layak ke rekan kerja atau teman di kampus??
Inget lah roda itu berputar dan tuhan mungkin ngasih rejeki kamu lewat teman yang pernah kamu marahin atau kamu maki maki itu. Jadi, bertindaklah wajar dan beretikalah yang baik ketika berhubungan dengan teman, saudara atau rekan kerja.

Bisa jadi mereka menjadi link kerja kamu di masa depan. Dan jangan lupa perbanyak link positif dengan ikut acara semacam bakti sosial, organisasi RT RW dan kegiatan di sekolah. Perbanyak link bisa menjadi investasimu di masa depan.

3. Investasi Ilmu (Gelar & Non Gelar)

Tidak perlu diragukan lagi, ilmu baik akademis atau pun non akademis akan sangat bermanfaat untuk kehidupanmu di masa depan. Ilmu yang kamu dapatkan lewat bangku pendidikan memang biasanya menjadi syarat mencari pekerjaan. Namun ilmu yang kamu dapat dari jalur non bangku pendidikan seperti lewat membaca dan belajar dari senior di tempat kerja itulah yang akan membangun keahlianmu secara signifikan.

Jangan bosan untuk membaca, belajar, kursus dan mengambil ilmu dengan berinteraksi dengan mereka yang lebih ahli. karena ilmu adalah investasi yang akan sangat berguna hingga kamu tua.

4. Investasi Karya

Hobiku menulis
Hobiku menggambar
Hobiku make up tutorial
Hobiku makan

Merasa hobimu tidak berguna? Stop, itu adalah investasi.

Apapun hobimu jangan lupa mendokumentasikan dan mengasahnya. Makan, ngemil dan icip-icip yang kamu suka bisa menjadi investasi di masa depan bila kamu rajin mendokumentasikan serta memberikan nilai lebih. Bisa jadi kedepannya kamu bisa jadi food tester, manager cafe atau Quality Assurance pabrik kue.

Ingat jangan sia-siakan segala hal potensi yang kamu miliki. Karena apapun yang menjadi passion, hobi dan kamu tuangkan dalam bentuk dokumentasi hasil karya kedepannya akan bisa menjadi investasi yang sangat berguna.

5. Investasi Travelling

Kenapa travelling jadi investasi?

Yup travelling itu wajib hukumnya kamu lakukan kalau kamu merasa masih muda. Experience kamu dalam bertravelling akan bermanfaat untuk hidup dan pekerjaan kamu.

Kamu yang sudah sering ke Jakarta, Surabaya ataupun kota besar lainnya tidak akan kesulitan ketika mendapat undangan kerja di tempat tersebut. Tentunya travelling bukan hanya berarti berpergian untuk wisata namun bisa dalam arti berkunjung dari satu tempat ke tempat yang lain. Investasi travel ini seru, menarik dan akan melatih kedewasaanmu.

Masih menganggap investasi hanya harta, emas dan tanah?
Sudah saatnya mengubah persepsi kita karena investasi yang tepat dan menggembirakan tanpa meninggalkan unsur anak muda adalah investasi yg menjanjikan.