Baper rasanya sudah jadi penyakit anak muda zaman sekarang, ya. Padahal, kadang baper bisa bikin kita nggak produktif karena kita nggak fokus pada apa yang kita lakukan, kerjakan, bahkan bicarakan. Hmmm, bahaya banget, 'kan?

Nah, ada nggak sih cara buat bentengi diri dari baper? Tentu ada! Simak tips berikut ini, ya.

1. Baper bisa tercipta karena kamu jauh dari Tuhan. Yuk, mendekatkan diri pada-Nya meski pelan-pelan

Dekati saja Tuhanmu, bukan Bapermu via https://tarbawiyah.files.wordpress.com

Kekosongan dalam jiwa manusia sering diisi dengan baper. Ya, beberapa kali mungkin merupakan akibat dari jauhnya kamu sama Tuhanmu. Ketika kamu mengalami kegalauan karena sebuah masalah, maka dalam jiwamu hanya memikirkan masalah itu saja, tidak ada pikiran lain.

Jika kamu mengalami hal tersebut, coba deh, dekatkan diri dengan Tuhanmu. Coba dengan cara menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya; sebut terus Tuhanmu, maka kamu bakal lebih merasa tenang, bahwa ada Tuhan yang selalu bersamamu.

2. Kesepian membawa baper. Cobalah luangkan waktumu sejenak untuk berkumpul bersama keluarga atau temanmu

Berkumpulah dengan orang yang kamu sayang via https://www.instagram.com

Baper bisa terjadi karena kamu merasa sendiri di dunia ini. Jika kamu merasakan hal ini, perbaikilah mindset-mu bahwa manusia itu makhluk sosial yang tidak bisa dilepaskan dari interaksi lingkungan.

Advertisement

Ketika kamu punya masalah lalu lari dari keluarga maupun temanmu, maka hal itu salah besar! Hal itu akan membuatmu sakit dan terkurung dalam suatu masalah. Berbagilah dengan mereka yang kamu percaya, baik itu keluarga atau temanmu.

3. Tak perlu ingat dan mendendam, sikapi semuanya dengan dikap dewasa dan ketenangan

Tenangkan pikiranmu via http://www.radarpekalongan.com

Rasa baper tuh sering juga muncul karena kesalahanmu sendiri; yang selalu mengingat masa lalu.

Memang sih kita tidak boleh melupakan masa lalu, tapi jadikan itu pembelajaran buat ke depan. Jika kamu terus-terusan mengingat sebuah penyesalan di masa lalu, coba deh tenangkan pikiranmu sejenak dengan lagu-lagu yang menurutmu bisa membangkitkan semangat atau kamu melakukan hal yang menyenangkan menurut versimu.

Setiap manusia pasti punya masa lalu, entah itu kelam atau manis.

4. Punya visi hidup yang jelas bisa membentengi dirimu dari baper berlebih, lho!

Rencanakan masa depanmu via http://1.bp.blogspot.com

Orang yang nggak punya tujuan hidup itu mudah banget jadi orang baper. Mereka terus saja meratapi perasaan dan masa lalu mereka yang sudah berlalu.

Ingat! Kita tak dapat merubah masa lalu, tapi kita bisa menata masa depan. Daripada kamu baper nggak jelas, mending siapkan rencana jangka pendek dan rencana jangka panjangmu. Biar hidupmu nggak sia-sia dan siapa tahu kamu bisa membalas rasa sakitmu dengan kesuksesan?!

5. Jadikan bapermu lebih berguna; ambilah hikmah dari segala pelik yang ada

Hati-hati dalam bertindak ya guys via http://hokiplus.com

Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa rasa baper itu muncul karena tindakanmu sendiri yang terlalu ceroboh. Maka dari itu, baper yang telah kamu alami lebih baik dijadikan sebuah pengalaman yang tak terlupakan, agar ke depannya kamu bisa mengambil tindakan dan keputusan secara bijak.

Jangan pernah menyalahkan masa lalu, karena kita bisa saja bersyukur telah mengalami suatu hal di masa lalu.

Jadi, jangan terlalu baper ya, guys. Baper berlebih nggak baik buat kesehatan jiwa dan ragamu. Semangat!