Tahun baru 2016 sudah di pelupuk mata! Selagi menikmati suasana liburan natal dan tahun baru, sangat sayang jika liburan ini dilewatkan tanpa mencoba berwisata ke tempat-tempat menarik. Salah satu opsi yang bisa dipertimbangkan adalah mengunjungi Korea untuk merayakan tahun baru dan mencoba berbagai aktivitas yang hanya bisa dilakukan di bulan Januari!

Musim dingin yang dimulai dari November-Desember 2015 cukup berbeda karena dianggap hangat dan masih minimnya salju yang turun, dan Januari diprediksi sebagai bulan dimana akhirnya Seoul akan mendapat banyak salju: yang tentunya dicari wisatawan Indonesia saat berwisata di musim dingin. Momentum tahun baru di Korea dimana budaya timurnya masih kental tentu akan menarik untuk dicoba: walaupun perayaan tahun baru masehi di Korea tidak semeriah perayaan tahun baru Imlek/Lunar New Year, tapi negeri kimchi ini tetap memiliki budayanya sendiri yang unik untuk merayakan tahun baru Masehi - sangat berbeda dengan budaya barat yang 'sekedar' menyalakan kembang api!

 

1. Dengarkan Bunyi Bel Bosingak sebagai Tanda Awal Tahun!

Bosingak Bell Pavilion 보신각

Bosingak Bell Pavilion 보신각 via http://www.trazy.com

Jika ingin benar-benar mengikuti tradisi asli orang Korea sejak Joseon Dynasty dalam meyambut tahun baru, maka datang ke Bosingak Bell Pavilion di daerah Jongno, Seoul, adalah jawabannya. 10.000 lebih pengunjung datang kesini pada 31 Desember untuk mendengar bel ini dibunyikan di pergantian tahun, menandai awal yang baru dan berpisah dengan tahun yang lalu. Bel ini sendiri sudah menjadi salah satu landmark Seoul. 

2. Lihat Terbitnya Matahari Pertama di Tahun Baru!

Jeongdongjin Sunrise

Jeongdongjin Sunrise via https://gotrazy.wordpress.com

Setelah mendengar bel pergantian tahun di Bosingak Bell Pavilion, biasanya orang Korea akan melanjutkan perayaan tahun baru dengan berpindah ke pesisir timur untuk mencari sunrise pertama di awal tahun. Mungkin bagi orang Indonesia budaya ini akan terdengar cukup aneh, karena apa bedanya sunrise pertama dengan sunrise di hari-hari lainnya? Namun bagi orang Korea, sunrise pertama di awal tahun adalah momen mereka untuk berdoa mengenai hal yang diharapkan akan terjadi di tahun yang baru tersebut, mulai dari kesehatan, rezeki atau kesuksesan.

Tempat yang paling populer untuk melihat sunrise pertama ini adalah di Jeongdongin, Kota Gangneung - sekitar 4 jam dari Seoul. Menghadap laut timur, Jeongdongin dipercaya sebagai spot terbaik untuk melihat terbitnya matahari, dan merupakan salah satu lokasi pertama di Korea yang mendapatkan sunrise. 

3. Mencoba Ice Fishing Selama Bulan Januari!

Hwacheon Sancheoneo Ice fishing Festival

Hwacheon Sancheoneo Ice fishing Festival via http://goo.gl

Setelah usal merayakan pergantian tahun, sekarang saatnya menikmati festival-festival unik yang hanya ada di bulan Januari! Festival musim dingin yang paling terkenal adalah Hwacheon Sancheoneo Ice fishing Festival dengan lebih dari sejuta pengunjung setiap tahunnya. Terdapat berbagai aktivitas musim dingin yang bisa dinikmati di festival di sungai yang membeku di Hwacheon, Provinsi Gangwon-do yang dikenal sebagai daerah pertama yang membeku pada musim dingin setiap tahunnya.

Di festival ini bisa mencoba memancing ikan dari dalam sungai yang membeku, menangkap ikan dengan tangan telanjang di tengah dinginnya kolam, atau mencoba hoki, mencicipi berbagai makanan tradisional hingga melihat iluminasi es terbesar di Korea!

4. Menikmati Salju di Taebaek Mountain Snow Festival

Taebaek Mountain Snow Festival

Taebaek Mountain Snow Festival via http://goo.gl

Untuk menikmati musim dingin, tempat terbaik tentunya adalah mengunjungi snow festival! Taebaek Mountain Snow Festival yang terletak di kota Taebaek mendadak padat selama 10 hari penuh dengan berbagai acara dan aktivitas musim dingin. Mulai dari trekking di atas salju, sledding dengan dikawal anjing Siberian Husky, snow rafting hingga pahatan salju dari berbagai artis terkenal, patung dan berbagai spot foto menarik lainnya. Sebagai orang Indonesia yang jarang melihat salju, kamu bisa mendapatkan banyak pemandangan salju dengan mengunjungi Taebaksan festival ini yang memang terkenal dengan saljunya yang menumpuk dan tebal selama berbulan-bulan. 

Jika ingin mencoba olahragaa, bisa coba snow trekking dengan rute spesial dengan meletai sungai-sungai dan terowongan bersalju

5. Habiskan Sisa Waktumu dengan Ice Skating Murah Setiap Hari!

Seoul Plaza, City Hall

Seoul Plaza, City Hall via http://goo.gl

Setelah puas menikmati perayaan tahun baru dan festival musim dingin, jangan dulu pulang dari Seoul! Habiskan sisa liburan dengan latihan ice skating setiap hari di Seoul Plaza, di depan CIty Hall station. Outdoor ice rink ini hanya dibuka selama musim dingin mulai dari 17 desember hingga 9 februari. Letaknya yang outdoor memberikan pemandangan kota Seoul di malam hari, di samping pohon natal besar dan berbagai hiasan lampu natal dan tahun baru -- sesuatu yang sulit didapat jika bermain ice skating di dalam ruangan. Yang paling penting adalah harga ice skating serta penyewaan sepatu skating yang sangat murah yaitu hanya 1000 won (sekitar 12ribu rupiah), yang setara dengan harga 1 kotak susu kemasan kecil di Korea, bahkan lebih murah dari tiket satu kali naik subway. Tidak hanya turis mancanegara, tapi orang Korea sendiri pun sangat bersemangat jika sudah masuk waktunya outdoor icerink ini dibuka!

 

Jadi tunggu apalagi? Yuk, tahun baruan di Korea!