Siapa sih yang gak sebel sama Jerawat? Terutama jerawat yang hinggap di kulit wajah. Yes, semua orang pasti sebel sama problem kulit yang satu ini dan parahnya kita bisa jadi minder gak karuan. Sebenarnya yang bikin kita jadi minder adalah penilaian tentang jerawat yang seringkali terdengar buruk banget. Hei, padahal jerawatan gak seperti itu juga kok... 😀

Yuk simak, beberapa hal  yang ditulis khusus supaya kamu termotivasi  untuk tetap percaya diri meskipun kulitnya dihinggapi jerawat.

1. Bercermin jadi baper.

no baper for acne via http://loop.co.id

Duh, ini jerawat kok di mana-mana sih?”

Lagi bercermin lihat ada jerawat yang nongol jadi sebel. Mau mengaplikasikan skin care atau make up jadi Be-Te karena berasa gak mulus. Belum lagi rasa cenat-cenut karena jerawatnya kesentuh. Saking cenat-cenutnya bisa bikin air mata bocor. Hal-hal kayak gitu kadang bisa bikin baper. Jadi aja ngeluh dan ngumpat di depan cermin.

“Ah, jerawat bikin jelek nih.”

“Aduh, sakit banget nih kesentuh.”

“Arrggkkh, kesel kesel kesel!”

Advertisement

Padahal kalo kita stress gitu, jerawatnya malah semakin muncul loh. Kan kita tahu salah satu pemicu munculnya jerawat tuh karena stress. Jadi coba dibawa santai aja, bila perlu itu jerawat diajak ngobrol baik-baik, semacam diusir secara halus. Hehehe 😀

2. Makin pusing dengar komentar orang lain.

pusing kan kalo baperin komentar negatif via http://www.pinterest.com

Sebagian dari kita mungkin terlalu sensitif dan sebagian lagi cuek. Tapi yakin deh dibalik cuek yang super itu pasti ada juga rasa nyess saat dengar komentar orang lain tentang jerawat yang menghiasi wajah kita ini.

“Kamu kenapa mukanya jadi hancur gini?”

“Itu muka atau ladang jerawat?”

“Ih jorok sih jadi jerawatan gitu.”

“Cantik/ Ganteng sih kalo mukanya gak jerawatan.”

Eh, ampun gitu amat sih komentarnya, Jeng. Nah komentar orang lain juga salah satu pemicu terbesar yang bikin semakin minder karena si Jerawat. Denger komentar kayak gitu bisa bikin kesel dan sedih. Kesannya orang yang jerawatan itu jorok, gak cantik/ ganteng, dan atau tertimpa musibah besar. Sebenarnya yang berkomentar seperti itu kadang hanya iseng atau gak benar-benar mikirin tentang jerawat kita. Tapi tetap aja kan bikin kepikiran. Pusing juga mikirin mereka-mereka yang berkomentar atau memandang sebelah mata.

Kita jadi termotivasi sih untuk mengobati jerawat-jerawat ini, tapi kadang secara tidak sadar motivasi jadi tidak murni karena sebenarnya kita tertekan dengan komentar orang lain. Hmmm balik lagi, kalau kita hadapi dengan santai dan tetap tampil percaya diri di depan umum akan banyak orang yang mengalami masalah kulit yang sama merasa termotivasi juga untuk gak minder. Selain itu jerawat kita juga gak akan semakin parah karena kita gak stress. 😀 Lumayan kan memotivasi orang lain 🙂

3. Kenali jenis jerawatmu dan penyebab doi hinggap di kulit wajah.

jerawat jenis apa ya ini? via http://cambon.id

Tak kenal maka tak sayang. Eits, ada baiknya loh sering mengamati jerawat-jerawat yang hinggap di wajah. Kita jadi bisa kenal sama jenis jerawat kita. Ada macam-macam jenis jerawat dan lewat internet kita bisa cari informasi tentang jenis jerawat tersebut. Setelah kenal jenis jerawatnya, kita bisa tahu cara merawat kulit berjerawat kita sesuai dengan jenisnya.

4. Tenang, Emang Ada Masanya, Kok.

keep calm and acne will disappear via http://sd.keepcalm-o-matic.co.uk

“Wah, jerawatnya kok gak ada ya, berarti aku cocok pake produk skin care ini.”

*3 minggu kemudian masa PMS*

“Ah jerawatnya pada bermunculan lagi.”

*selesai Menstruasi*

“Lah, jerawatnya hilang nih, gak pada meradang.”

*begitu aja terus siklusnya*

Penyebab jerawat tuh macem-macem loh. Bisa karena turunan, kurangnya kebersihan, hormon, terpapar polusi, masalah di pencernaan, gak cocok sama produk skin care, kulit wajah lagi beradaptasi dengan suhu-cuaca-dan air di lingkungan, stress, sinyal dari masalah kesehatan pada organ tubuh tertentu, pola makan atau hidup yang kurang sehat, atau juga karena lagi banyak yang ngangenin kita. Hihihi 😀

Biasanya remaja yang punya masalah jerawat karena sedang mengalami perubahan hormon. Tapi kalau merasa bukan remaja lagi dan masih saja disinggahi jerawat, tenang ya, kan tadi sudah disebutkan penyebabnya bukan karena hormon saja. Memang lagi waktunya mengalami masalah kulit seperti ini, nanti juga ada masanya hilang sendiri.

5. Stop Bandingin Dirimu dengan Mereka yang Tidak Mengalami Masalah Jerawat!

stop comparing yourself to others via http://3.bp.blogspot.com

"Ah, aku gak kayak dia yang wajahnya mulus gak berjerawat."

"Coba aku kayak dia gak jerawatan, pasti banyak yang suka."

Duh, bandingin diri sendiri sama yang tidak mengalami masalah jerawat tuh sebenernya malah bikin kita makin stress dan minder. Berjerawat atau tidak bukan jadi penentu kita banyak disukai orang kok 🙂

Kita yang berjerawat tuh latihan mental juga loh. Sabar berjuang merawat masalah kulit ini dan tahan essmossii dengar komentar negatif orang lain. Pokoknya diambil hikmahnya saja dan tetap bersyukur dengan keadaanmu ya. 😀

6. Masalah Bisa Selesai Kalau Diobrolin, Coba Ngobrol Sama Jerawat Kamu

hei jerawat, mampirnya jangan lama-lama ya via http://media2.popsugar-assets.com

Cobain cara yang satu ini sambil bercermin. Ajak ngobrol si jerawat. Mungkin keliatan semacam orang kurang waras. Hahaha. Tapi cobain deh, ya jangan di tempat umum juga. Ajak ngobrol jerawatnya. Bilang deh kalau jangan lama-lama ya mampir di kulit wajah. Sebenernya sambil sugesti untuk diri sendiri juga, bahwa jerawatnya pasti segera hilang dari wajah kita.

Sugestiin juga bahwa kita tetap cantik dan ganteng dan kita terlihat baik-baik saja meski berjerawat. Sambil latihan tarik napas secara teratur. Mungkin ini bisa dibilang terapi biar kita lebih tenang (gak dibawa pusing) dan gak minder sama jerawat jadi jerawat juga gak semakin parah.

Penjelasan secara ilmiahnya mungkin secara Psikologis ya (?)

*seriusan ini bisa dicoba, soalnya yang nulis ini ngejalanin dan oke juga hasilnya*

7. Tetap berusaha menyembuhkan dan merawat kulit berjerawat ini ya…

acne treatment via http://pad3.whstatic.com

Selain sugesti ya kita tetap wajib untuk melakukan berbagai perawatan untuk menghilangkan si jerawat-jerawat ini loh ya. Minimal untuk mengurangi atau tidak membuatnya semakin parah. Banyak banget produk acne skin care yang ditawarkan di pasaran. Cari yang cocok. Cocok itu relatif banget, kalau punya budget lebih, bisa juga kontrol ke dokter kulit yang sudah terpercaya. Kebersihan dan pola hidup yang sehat juga bagus banget untuk ditingkatkan.

8. Percaya deh sama prosesnya…

trust the process via http://40.media.tumblr.com

Tetap berusaha dan sabar ya. Semua butuh proses loh dan pasti ada hasilnya. Kalau usaha sudah maksimal pasti hasilnya juga gak sia-sia. Jadi percaya aja sama prosesnya. Penting untuk santai dan tetap tenang selama proses jangan semakin dibawa stress ya. Hehehe

9. Percaya Diri aja, kita semua cantik dan ganteng kok!

be confident ! via http://thisfitsme.com

Sekali lagi, jangan sampai minder karena jerawat ya. Jangan jadi dikuasai sama jerawat gitu dong. Lagi pula masalah kulit yang satu ini kan wajar banget, gak hanya satu dua orang yang mengalami, kamu gak sendirian. Hehehe. Pokoknya kita semua akan tetap cantik dan ganteng kok, meskipun sedang berjerawat. Santai, emang lagi masanya aja. Tetep Percaya Diri dan selamat berusaha ya! 😀