Guys, selama ini mungkin banyak diantara kita yang hanya mengenal kata cinta secara umum saja. Padahal, sebenernya dalam definisi cinta itu juga ada bermacam- macam loh ternyata. Nah, disini kita bakal bahas lebih dalam tentang definisi cinta Agape, cinta Storge, cinta Philia, dan cinta Eros. Kuy, kita lihat apa sih mereka:

 

1. Cinta Agape

Agape dalam bahasa Yunani, sering diterjemahkan dengan “cinta”. Lalu, bagaimana perbedaanya definisi cinta Agape ini dengan yang lain? Nah, cinta Agape itu adalah cinta yang tak bersyarat, cinta yang gak menuntut, cinta yang berkorban, dan cinta yang menerima apa adanya.

Cinta Agape itu adalah jenis cinta yang paling mulia atau yang paling kuat. Inti dari cinta Agape itu ialah kemauan atau kesediaan untuk terus mencintai tanpa memandang kekurangan atau kesalahan orang yang dicintai. Mencintai sang objek cinta dengan kesediaan dan kegembiraan yang disengaja. Tidak seperti kata cinta dalam kebanyakan konteks atau bahkan yang biasanya sering disalah artikan untuk merujuk kearah romantisme cinta atau seksualitas belaka, juga tidak merujuk kearah cinta philia unutuk menyatakan cinta dalam bentuk persahabatan atau kasih persaudaraan.

Cinta Agape sendiri adalah cinta yang melibatkan pengorbanan penuh, kesetiaan, dan tindakan kehendak untuk memaafkan/memaklumi dan panjang sabar, bahkan dengan rela memberikan nyawa sendiri untuk orang yang dicintai. Ini adalah kadar cinta yang paling tinggi dan paling sulit untuk dilakukan karena dalam konteks definisi cinta ini adalah bentuk dari pengorbanan dan mengikis habis semua ego dan kehendak kita. 

2. Cinta Philia

Jenis cinta Philia atau dalam terjemahan bahasa Yunani nya ialah cinta persahabatan atau persaudaraan. Philia inilah yang biasanya terlibat atau yang biasanya kita rasakan ketika kita menyayangi teman dan sahabat kita dan bahkan sampai menganggap mereka seperti saudara kita sendiri. Makanya, cewek-cewek jangan langsung cemburuan atau ngambek yaah ketika pacar kita care sama sahabat cewe nya apalagi mikir aneh-aneh! Karena jenis cinta yang terlibat diantara mereka hanya sebatas cinta persahabatan yang murni.

Si dia tidak mencintai atas dasar rasa cinta pada pasangan, tapi hanya karena menganggap sebagai sahabat atau keluarga yang saling membantu dan care. Philia mengacu kepada cinta yang mengalir dalam persaudaraan dan sering kita pamerkan dalam persahabatan sehari- hari. Teman dekat akan menampilkan cinta yang care, murah hati, dan membantu untuk membuat sahabatnya menjadi bahagia. 

3. Cinta Storge

Nah, kalau ini nih baru definisi jenis cinta yang sering terlibat dalam pasangan. Yap, Storge dalam terjemahan Yunani artinya cinta yang alami. Cinta ini yang mengalir ketika kita bersama pasangan kita dan chemistry yang kita rasakan dengan dia. Jenis cinta ini bisa juga mengalir antara rasa cinta orangtua kita kepada kita anak- anaknya. Intinya sih cinta yang tumbuh secara alami dan naluriah.

Cinta yang menjadi dasar seseorang melakukan sesuatu dengan tidak dipaksakan. Jadi, kalau kita cinta dan sayang kepada pasangan kita, jenis rasa cinta storge lah yang berperan diantara kita dan pasangan kita dan chemistry yang timbul didalamnya. 

4. Cinta Eros

Kata Eros berasal dari bahasa Yunani ((έρωτας) ‘erotas’ yang artinya cinta yang intim. Pada umumnya, jenis cinta ini yang mengalir ketika seseorang memiliki ketertarikan secara sensual terhadapkepada orang yang disukai atau ketertarikan terhadap bentuk fisik orang tersebut. Namun, sebenarnya jenis cinta ini tidak melulu dikaitkan dengan sesuatu yang bersifat sensualitas,lho!

Pada dasarnya jenis cinta ini baik dalam penerapannya di dalam hubungan pernikahan. Jenis cinta ini juga dapat dimaknai dengan bentuk apresiasi atas keindahan orang yang dicintai. Nah, keindahan hati, jiwa, fisik, dan spiritual nya itulah yang pada akhirnya membawa kepada cinta eros atau dalam kata lain yaitu cinta yang diwujudkan dalam bentuk yang intim. 

5. Jadi, pahamilah apa yang sedang kau rasakan sekarang! semoga bermanfaat:)

Nah, dengan mengerti macam-macam definisi cinta, kita bisa tahu apa yang dialami seseorang atau mungkin yang sedang kita alami sekarang dan jenis cinta yang kita tunjukkan kepada orang-orang didalam hidup kita. Dan dengan begitu, kita dapat lebih memahami banyak orang dan diri kita sendiri.