Sehebat apapun ide dan rencana masa depanmu, itu nggak akan ada artinya ketika kamu masih menyebutkan kata ‘tapi’. Selain hanya akan menghentikan perjuanganmu dalam mencapai sukses, kata ‘tapi’ juga seakan-akan menegaskan bahwa menyerah adalah hal yang wajar.

Jadi sebelum keadaan menjadi semakin buruk dan rencana masa depanmu makin berantakan, Hipwee mau berbagi tentang 10 alasan kenapa kamu harus berhenti bilang ‘tapi’!

1. ‘Tapi’ = Alasan Yang Akan Menghambatmu

membuat alasan hanya akan menghambatmu via www.neonnettle.com

“Aku pengen buka usaha sendiri, tapi belum punya modal nih…”

Dalam kalimat di atas, kata ‘tapi’ semata-mata adalah alasan untuk membenarkan bahwa “Aku pengen tapi nggak mampu”. Padahal, kamu bukannya nggak mampu, tapi emang nggak mau atau belum mau mencoba. Ketika kamu merasa nyaman dengan membuat alasan seperti itu, maka kamu hanya sedang menghambat dirimu sendiri. Kamu menyabotase dirimu yang sebenarnya sedang berusaha untuk jadi orang yang lebih baik.

2. Alasan = Omong Kosong

Advertisement

alasanmu cuma omong kosong via favim.com

Kamu sering mencari-cari alasan di balik kegagalanmu karena itu jauh lebih mudah diterima oleh egomu daripada fakta bahwa kamu telah melakukan kesalahan besar.

Tentu saja ada kondisi dimana kegagalan berada di luar kendalimu. Kamu nggak bisa mencegah atau mengubahnya. Tapi, apa semua kegagalan sifatnya mutlak seperti itu? Daripada sibuk membuat alasan yang sebenarnya cuma omong kosong, lebih baik kamu mulai memotivasi dirimu sendiri ‘kan…

3. Nggak Menghargai Dirimu Sendiri

nggak menghargai dirimu sendiri via favim.com

Terus-terusan mengatakan bahwa ‘aku nggak bisa’ atau ‘aku nggak mampu’ sebenarnya hanya menjatuhkan dirimu sendiri. Alasan-alasan yang kamu buat justru menegaskan bahwa kamu memang nggak menghargai dirimu sendiri. Kamu nggak percaya kalau kamu sebenarnya bisa. Apa yang lebih menyedihkan dari kondisi seperti ini?

4. Bikin Kamu Jadi Orang Yang Apatis

kamu jadi orang apatis via www.flickr.com

Biasa menggunakan kata ‘tapi’ untuk membuat alasan akan memunculkan pengaruh buruk bagi dirimu sendiri. Awalnya, kamu nggak percaya dan meragukan kemampuanmu sendiri. Lama-kelamaan, kamu pun nggak mau peduli ketika sebagai manusia ternyata kamu nggak membuat pencapaian apa-apa.

5. Buang-Buang Energi

hanya buang-buang energi via lifestyledezine.com

Kamu mungkin terlalu sibuk meyakinkan dirimu bahwa nggak mengambil kesempatan berharga itu bukan masalah. Padahal, bayangkan jika waktu dan energi itu kamu gunakan untuk benar-benar meraih kesempatan dan mengerjakan apa yang seharusnya dikerjakan.

Sikap khawatir secara berlebihan akan menguras energi. Maka, gunakan energimu untuk bekerja dan berhentilah mencemaskan: apakah aku bisa melakukannya atau tidak?

6. Dengan Mencari-cari Alasan, Kamu Nggak Akan Menemukan Apa-Apa

kamu nggak akan dapat apa-apa via commons.wikimedia.org

Mencari-cari alasan nggak akan membuatmu merasa nyaman, memberikan pelajaran berharga, atau membuatmu mendapatkan apa yang kamu inginkan. Yup, nggak mau berusaha dan hanya mencari-cari alasan nggak akan memberikan manfaat apa-apa buat kamu!

7. Cari-cari Alasan Adalah Hal Yang Paling Mudah Dilakukan

bikin alasan = hal yang paling mudah dilakukan via munanorbert.blogspot.com

Apakah orang bisa sukses tanpa melakukan apa-apa? Apakah ada cara-cara yang mudah untuk bisa sukses? Well…orang sukses adalah mereka yang mau kerja keras dan terus mengejar mimpinya. Mereka nggak akan membiarkan siapapun menghambat perjuangannya, bahkan diri mereka sendiri. Jadi, jika membuat alasan adalah hal yang mudah, kamu pun nggak akan bisa sukses dengan cara itu.

8. Alasanmu Nggak Akan Mengubah Apa-Apa

alasanmu nggak akan merubah apa-apa via ethicsalarms.com

Jika saat ini hidupmu gagal, alasan apapun nggak akan bisa merubah keadaanmu. Kamu mungkin memilih menyalahkan diri sendiri, orang lain, atau lingkungan sekitarmu. Memilih menyerah dan membuat alasan atau berusaha merubah keadaan sepenuhnya ada di tanganmu. Yang pasti, satu-satunya kegagalan yang kamu lakukan adalah meyakinkan dirimu bahwa kamu nggak harus mencoba.

9. Kamu Akan Kesulitan Mengetahui Siapa Kamu Sebenarnya

siapa sebenarnya kamu? via www.bmgmediaco.com

Membuat alasan berarti menghalangi diri untuk mencapai potensimu yang sepenuhnya. Alasan adalah kebohongan yang akan menutupi siapa sebenarnya dirimu. Kamu pun nggak akan pernah sadar bahwa kemampuanmu sebenarnya jauh lebih baik dari yang kamu tau saat ini.

10. Mencari-Cari Alasan Adalah Melemahkan Dirimu Sendiri

membuat dirimu terlihat lemah via pickcute.com

Ketika menggunakan kata ‘tapi’, saat itu pula kamu kehilangan kontrol atas dirimu sendiri. Kamu nggak fokus pada apa yang ingin kamu capai. Apakah kamu sedang membela diri atau berusaha menutupi kemalasanmu?

Yang pasti, kamu wajib bertanggung jawab pada hidupmu sendiri. Jangan biarkan alasan-alasan yang kamu buat menghalangi jalan suksesmu. Setiap orang pasti bisa membuat hal-hal yang luar biasa ketika mereka mau berusaha.

Jadi guys, sebaiknya berhenti menggunakan kata ‘tapi’ jika kamu memang benar-benar menginginkan sesuatu. Percayalah bahwa kamu akan menemukan jalan. Mungkin memang bukan hal mudah, tapi kesuksesan hanya akan menjadi berharga ketika diperoleh dengan perjuangan ‘kan…