Kata siapa jadi anak rantau yang ngekos itu selalu menderita? Pendapat itu tak selalu benar. Karena sejatinya kamu pun punya alasan untuk bahagia yang cukup sederhana. Jadi anak kos bukan soal menghemat uang atau membebani diri dengan tuntuan orang tua. Jadi anak kos adalah ujian merubah hidup menjadi mandiri dengan godaan kebebasan, satu tantangan yang dianggap lumrah dan biasa bagi anak kos.

Lantas kebahagiaan sederhana apa yang dimiliki anak-anak kos zaman ini? Ada kalanya kita menengok manfaat dari ritus ngekos, yaitu membangun kemandirian. Nggak berlebihan memang, kemandirian adalah kebahagiaan jika kita berhasil mewujudkannya. Problem yang datang kepada anak kos adalah pengalaman yang patut dibagi kepada sesama teman. Menjadi anak kos adalah pilihan tepat mewujudkan kebahagiaan sederhana, simak yuk!

1. Saat kiriman uang dari orangtua tiba, setelah berhari-hari lamanya dalam penantian panjang rasanya bukan main bahagianya

Saat dikabarin orang tua mau kirimin jatah bualanan… via www.pexels.com

Notifikasi dari bank berupa sms itu seperti halnya angin surga, yang buat hidupmu kembali tentram, dan makan bergizi lagi.

2. Mungkin nggak selamanya benar, tapi kebebasan jadi anak kos dapat melepas stres. Asal jangan kebablasan aja sih

Berkawan dengan banyak teman, pokoknya seneng deh rame-rame… via www.pexels.com

Advertisement

Memang cuma di kos-kosan kamu bisa bangun sampai siang, ataupun pulang sampai malam. Hehehe….

3. Kunjungan teman dekat, kadang lebih bebas buat curhat seru-seruan tanpa canggung karena adanya orangtua

Bebas deh kalau mau curhat-curhatan nggak canggung lagi… via www.pexels.com

Karena temanmu seringnya sungkan kalau main cukup lama di rumah. Apalagi namanya orangtua, pasti ada saja yang ditanyakan, kadang malah dari A sampai Z pertanyaannya.

4. Bagi kalian yang punya berat badan berlebih, kebahagiaan jadi anak kos adalah berat badan yang turun tanpa kalian sadari karena porsi makan berkurang

Gara-gara lupa makan, tahu-tahu perut kempes… via www.pexels.com

Kalau di rumah biasanya makan tiga kali sehari bahkan bisa lebih. Sementara di kos, makan dua hari sekali saja rasanya sudah istimewa.

5. Menciptakan kebiasaan berhemat, bahagia banget saat uang tabungan bisa buat beli barang kesukaan

Belanja bukan lagi hal aneh asal mau berhemat di awal bulan… via pexels.com

Mau nggak mau di momen inilah kamu harus belajar huntuk hemat. Jangan sampai uang kiriman satu bulan sudah hampir habis saat baru dua minggu jalan.

6. Menciptakan suasana kreatif, kebebasan mengatur interior kamar sesuka hati kadang memberi kebahagiaan intim

Sesuka hati, kamar milik anak kos yang berhak ngatur juga yang sewa dong… via www.pexels.com

7. Bahagianya kalau bisa buktikan ke orangtua, bahwa ternyata hidup mandiri bisa dilakukan kalau jadi anak kos

Bisa buktikan bahwa bisa mandiri dan nggak manja lagi adalah kebahagiaan sederhana… via www.pexels.com

Nggak hanya persoalan makan sendirian. Tapi hampir semua hal, termasuk sakit pun kadang kamu harus berjuang sendiri untuk mencari obat demi kesembuhan. Membuatmu berhak berbangga diri, “Bu, Pak, kini aku lebih mandiri dari yang kalian bayangkan.”

8. Rasanya sangat membahagiakan saat sesama anak kos saling membantu, dari masalah makanan sampai bantuan finansial yang melegakan

Seneng rasanya punya temen senasib sepenanggungan… via www.pexels.com

9. Sudah pasti jadi anak kos kebahagiaan saat mudik tiba, ada rindu yang terbalaskan bersama keluarga di rumah

Cuma yang merantau yang tahu nikmatnya mudik sepertinya… via www.pexels.com

10. Sebuah kebanggaan punya pengalaman jadi anak kos, bisa berbagi dengan orang lain dan merasa hebat

Bersyukur jadi anak kos, nggak terus-terusan menderita kok… via www.pexels.com

Dalam keadaan yang sesulit apapun anak kos dapat bertahan, setelah proses kesulitan itu hilang, kebahagiaan datang berbunga-bunga, melegakan. Sederhana, kesakitan yang lumayan dalam itu nantinya dapat terobati oleh kebahagiaan dan kelegaan saat melewati semua rasa sulit itu. Mungkin hari ini cuma makan tahu tempe dan harus berhemat, tapi awal bulan pasti bahagia karena kiriman datang. Bahagia bukan? Proses menuju kelegaan itu sendiri yang bikin bahagia. Sederhana banget? Jadi jangan sering ngambek kalau lagi nggak punya duit deh kalian anak kos sedunia!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya