Hari-hari tetap berjalan, rutinitas tak bisa dihindari karena tagihan, kebutuhan dan hutang harus segera dilunasi. Kadang saat semua berjalan dengan baik, di lain hari ada saja masalah datang meruntuhkan kepercayaan diri menghadapi semua kesibukan ini. Mulai dari kritikan bos yang bikin sakit hati sampai kejamnya dunia yang menyisihkan orang-orang yang kalah, mirisnya semua karena uang sampai skeptis penampilan yang kekinian.

Persetan dengan semua itu, kadang kita terlampau merenungi hal-hal negatif yang malah menjatuhkan kepercayaan diri. Tapi dengan apa kita bisa bangkit melawan hal-hal yang meruntuhkan kepercayaan diri? Dengan lagu, meski sepele nyatanya bunyi yang harmonis dan lirik yang positif bisa membangkitkan rasa percaya diri. Mungkin sederet lagu ini bisa bikin harimu, kamu banget!

1. Kalau kamu sedang tak percaya diri, tak ada salahnya menanamkan kepercayaan pada orang yang kamu kasihi. Dan Lagu Baik dari Sisir Tanah bisa jadi pelajarannya

Semangat baiiiik! via unsplash.com

2. Kita dari Nosstress feat. Sandrayati Fay punya aura tersendiri yang bisa membuatmu lebih percaya diri mengenal sekaligus membangun keakraban dengan orang baru

Menjalin keakraban dengan teman baru, walau kikuk kamu harus percaya diri deh… via unsplash.com

3. Banda Neira punya lagu yang bisa mengantarmu pada kesabaran dan optimisme, dengerin saja yuk “Yang Patah Tumbuh, Yang Hilang Berganti”

Jangan kalah karena kehilangan dan kegagalan… via unsplash.com

4. Semua perjuangan akan berakhir dan menyisakan hasil yang sepantasnya dinanti dengan sabar. Yang terpenting kamu bisa istirahat sejenak, sambil dengerin Float

Advertisement

Ketika sampai pada titik penuh kelelahan, nikmatilah saja… via unsplash.com

5. Sheila On 7 punya lagu yang bisa bikin hatimu ayem saat segala masalah menimpamu, percaya dan yakini bahwa “Pasti Ku Bisa”

Kalau ku bisa, pasti kamu juga bisa… via unsplash.com

6. Hari ini boleh gagal, tetapi kamu harus tetap percaya dengan yang kamu miliki dan sambutlah kemenangan esok hari karena “Hidup Adalah Perjuangan”, tetap optimis!

Kegagalan hari ini, kemenangan esok hari… via unsplash.com

7. Sadarilah dalam segala kekuranganmu ada teman yang selalu bersamamu, sambil dengerin lagu dari Sherina ini syukurilah kebersamaan kalian

Teman kos yang selalu setia menghadapi penderitaan bersama… kamu nggak sendirian kok… via unsplash.com

8. Jangan meremehkan diri sendiri, sebab kemampuanmu kadang lebih besar dari yang kamu ketahui percaya diri, seperti Anganku Anganmu Raisa & Isyana Sarasvati

Percaya bahwa kamu mampu menghimpun semangat positif dan percaya diri… via unsplash.com

9. Mensyukuri apapun yang kamu terima. Meski sedikit bahkan tak menyenangkan, biar kamu tahu kebahagiaan yang hakiki itu seperti lagu trio GAC  yang “Bahagia”

Kita ba ha gia a a a… via unsplash.com

10. Kamu harus selalu memulai semangat baru, introspeksi sejenak dan lakukan apa yang jadi tanggung jawabmu. Biar kamu pun lepas dari penderitaan, lalu “Merdeka”

Kamu pasti bisa buat perubahan dengan kepercayaan diri… via unsplash.com

Mungkin kalian punya playslist sendiri, daftar di atas biar kamu merasa terpantik, karena bunyi memang bisa menggelitik hatimu yang layu itu, mudah diingat nan monumental banget. Nggak cuma lewat lagu, malah baiknya kepercayaan diri harus dipupuk, walau kenyataan memang sulit dan nggak bisa instan mewujudkan kemantapan diri. Semoga semua kesibukanmu di luar sana nggak mematahkan semangat.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya