Konon dalam hidup kita perlu belajar 2 kemampuan yang membuat kita bisa jadi lebih oke sebagai manusia. Yang pertama, adalah kemampuan untuk terus memperkaya diri dengan pengetahuan baru. Yang kedua adalah seni terlihat meyakinkan di depan orang lain agar bisa mendapat kepercayaan mereka.

Walau kedengarannya sederhana, 2 kemampuan ini akan sangat membantumu dalam berbagai suasana. Mulai dari waktu interview kerja, interview beasiswa, sampai waktu ketemuan sama calon mertua. Kali ini Hipwee bareng Bukalapak akan memberikan 5 latihan gampang agar kamu bisa jadi cerdas dan terlihat meyakinkan. Tanpa harus usaha mati-matian.

1. Buka Google Trends dan Trending Topic di Twitter sebelum memulai hari. Kamu nggak perlu baca koran asal melakukan ini

Kemampuan mengumpulkan dan menggunakan informasi akan menempatkanmu dalam 2 langkah terdepan. Karena itu haram hukumnya kamu memulai hari tanpa tahu apa yang sedang trending hari itu. Bayangkan kalau kamu bertemu orang, diajak ngobrol, dan mlempem saat membahas isu yang kekinian. Malu-maluin kan?

Untuk mendapatkan informasi yang terpercaya dan berpengaruh, kamu nggak perlu lagi repot baca koran atau scrolling ke berbagai situs berita. Cukup buka Google Trends dan Trending Topic di Twitter aja. Lewat cara ini berbagai informasi yang sedang banyak dibicarakan orang bisa kamu dapatkan tanpa harus repot mencari lagi.

2. Setiap mau berargumen, tanya dulu pada dirimu ‘Kenapa? Kok bisa?’ Ini cara paling gampang buat melatih kemampuanmu berpikir kritis

Sebenarnya gampang saja untuk terlihat cerdas dan meyakinkan. Salah satu yang perlu kamu kembangkan adalah kemampuan berpikir kritis dan berargumen. Kalau kamu masih mahasiswa atau bahkan SMA coba ikutan klub debat deh. Di sini kamu akan diajak belajar mengembangkan kemampuan berpikir kritis yang membuatmu terlihat bold.

Tapi kalau kamu nggak punya waktu untuk join ke klub semacam itu, cukup praktekkan saja latihan ini setiap mau mengungkapkan pendapat.

Pendapatmu: Ahok ngeselin karena foto sama Dian Sastro terus istrinya dicuekin.

Tanya, kenapa? Kok bisa

Argumenmu: Karena harusnya Pak Ahok bisa ngajak Bu Vero foto bareng Dian Sastro juga. Nggak harus dibiarin diem di pojokan.

Tanyakan lagi, terus kenapa?

Karena dengan begitu Pak Ahok nggak menghargai Bu Vero sebagai pasangannya. Wajar lah kalau Pak Ahok jadi ngeselin. Critical thinking exercise, checked.

3. Kurangi kebiasaan ngomong pakai ‘Ummm….’ atau ‘Mungkin…’ Karena bikin kamu terlihat nggak tegas

Seringkah kamu mengungkapkan sesuatu dengan awalan, “Ummmmm….” atau mengutarakan pendapatmu dengan “Mungkin…”

Demi terlihat lebih meyakinkan dan cerdas di depan orang kebiasaan ini mesti segera diakhri. Memulai pembicaraan dengan, ‘Mungkin…’ atau ‘Uuum…’ membuat pendapatmu terdengar kurang valid, meskipun benar.

4. Ungkapkan dengan jujur kalau kamu menyitir pendapat orang. Ini memang bukan pendapat baru. Tapi kamu punya hal yang kamu yakini

Kadang agar bisa terlihat lebih pintar dan meyakinkan kita mudah sekali menyitir pendapat orang. Mencomot pendapat si A lah, mengutip ucapan si B lah.

Padahal cara ini tidak serta merta membuatmu terlihat lebih pintar. Yang ada orang bisa bertanya apakah kamu benar-benar punya pendapat yang bisa dipertanggungjawabkan. Lebih baik bicara begini saja,

“Ini memang bukan pendapat baru. Sudah banyak yang mengatakan hal ini. Tapi saya yakin kalau pendapat yang saya ungkapkan adalah pendapat yang paling tepat dengan kondisi saat ini.”

5. Nggak ada yang lebih oke dibanding mendengarkan inspirasi langsung dari ahlinya di Bukalapak Forum Indonesia Muda

Ngomongin soal cerdas dan meyakinkan, siapa yang bisa mengelak jika Jokowi, Achmad Zaky, Nadiem Makarim, sampai Ridwan Kamil adalah tokoh yang memang pantas jadi panutan? Mendengarkan mereka bicara dan memberimu motivasi akan membuat semangatmu mencerdaskan diri menggelegak.

Cara mereka bicara, mengungkapkan pendapat. terlihat meyakinkan dengan ke-apa adaan- mereka membuatmu ingin melakukan hal yang sama.

Kali ini Bukalapak bersama Forum Indonesia Muda mempersembahkan Public Seminar Bukalapak Forum Indonesia Muda yang menghadirkan tokoh-tokoh oke itu. Tema yang dibahas pun sangat seru. Di sini kamu akan diajak membangun gaggasan soal koneksi digital yang ternyata berpengaruh besar dalam aksimu di dunia nyata.

Seminar yang akan diadakan di Balai Sarbini, Jakarta tanggal 16 Mei nanti bisa langsung kamu akses pemesanan tiketnya lewat sini. Masih penasaran soal seminar ini dan mau tahu lebih banyak? Kamu bisa langsung membaca info lengkapnya di sini.

Selamat berusaha menjadi cerdas dan terlihat lebih meyakinkan. Semoga berhasil ya 🙂