Artikel ini adalah hasil kerja sama antara kampanye Aksi Nasional Tinju Tinja UNICEF dengan Hipwee. Yuk, lakukan sesuatu untuk negerimu!

Indonesia memang sudah terkenal di kalangan mancanegara dengan keindahan alamnya. Banyak banget wisatawan luar yang udah pernah mengunjungi Bali, atau keindahan Raja Ampat yang tersohor ke mana-mana.

Eits, negara kita juga menonjol di kalangan mancanegara dengan beragam pencapaian uniknya lho! Kami yakin gak banyak di antara kamu yang tahu aneka pencapaian di bawah ini. Pastinya, banyak yang bikin bangga!

1. Indonesia itu negara yang pengguna Facebooknya terbesar kedua di dunia. Informasi beasiswa, kabar teman, sampai jodoh bisa kamu dapat dari sana

Facebook di Indonesia itu penggunanya nomor 1 di dunia! via www.duniaku.net

Siapa aja yang ada di Facebookmu?

  • Teman sekelas
  • Kenalan beda kampus
  • Dosen
  • Gebetan
  • Orangtua (Mama, kenapa Mama bikin FB???)

Entah kenapa tapi media sosial besutan Zuckerberg ini memang mengambil hati orang-orang Indonesia. Sekarang saja pengguna Facebook di negara kita sudah mencapai 41 juta pengguna aktif! Gak heran. semua informasi bisa didapat dari Facebook. Mulai dari informasi beasiswa, kabar teman lama, sampai calon jodoh pun bisa banget kamu dapat dari sana.

2. Masih soal sosial media: tahukah kamu kalau Jakarta itu kota yang paling aktif pengguna Twitternya?

Jakarta: Kota yang paling aktif pengguna twitternya via www.abc.net.au

Mungkin karena Jakarta macet. Jadi orang-orang selalu cek traffic dulu di Twitter sebelum pergi.

Atau…karena Jakarta itu tinggi tingkat stresnya, sampai-sampai orang perlu nge-tweet random biar tetap waras.

Bisa juga….karena anak-anak Jakarta masih suka stalking mantannya. Makanya Twitter sering banget mereka buka :p

3. Walau sekarang udah jamannya sosial media, Indonesia tetap memegang rekor pemain terbanyak TTS yang diisi bersamaan di seluruh dunia

Buku TTS legendaris itu via www.tokopedia.com

Inget kan buku teka-teki silang yang hits banget buat mengisi waktu itu? Sampai sekarang, rekor pemain terbanyak di saat bersamaan tetap dipegang oleh Indonesia. Entah karena orang Indonesia memang hobi menggunakan waktunya untuk mengasah otak. Atau orang Indonesia memang se-selow itu dan punya banyak waktu.

Tapi kalau diingat-ingat lagi memang isi TTS itu asyik kok. Apalagi jaman-jaman kamu masih SD dulu. Isi TTS- berpikir keras biar bisa terjawab semua – kirim biar dapat hadiaaah!

4. Walau film animasi bikinan dalam negeri belum banyak, animator berdarah Indonesia sudah diakui prestasinya di dunia internasional

Piere Coffin dan minion buatannya via www.theguardian.com

Hayoo…kamu tahu nggak kalau orang di balik karakter Minions adalah animator berdarah Indonesia, Pierre Coffin? Karakter gagah Transformer dan lucunya The Shrek juga diciptakan oleh animator asal Indonesia. Andre Surya dan Giselda Sastrawinata yang kini sudah berkecimpung di dunia animasi Internasional bahkan belajar secara otodidak.

Meski industri film animasi dalam negeri masih merintis, sebenarnya kita sudah punya animator handal yang dengan senang hati pulang demi mengembangkan animasi khas Indonesia yang cool.

5. Banyak band indie asal Indonesia yang di luar negeri lebih terkenal namanya.

Mocca yang lebih besar namanya di luar negeri daripada di Indonesia via www.timlo.net

Buat kamu yang suka nonton reality show Korea, pernah gak tiba-tiba dengar lagu Mocca terputar? Iya, Mocca memang punya nama besar di luar negeri. Lagu-lagu mereka yang cheerful dan easy listening terbukti mampu mengambil hati.

Bukan cuma Mocca saja. SORE band juga pernah didapuk jadi band yang layak didengar versi TIMES International. Karya mereka yang berbahasa Inggris terbukti mampu diterima di luar negeri. Padahal mereka tetap band indie di negeri sendiri.

6. Indonesia juga punya prestasi di skala internasional yang gak begitu bikin bangga: Penduduk Terbanyak Kedua di Dunia yang Melakukan Buang Air Besar Sembarangan 🙁

BABS di Indonesia masih termasuk kedua terbesar di dunia via tunjutinja.com

Gak banyak orang yang mengetahui fakta mencengangkan ini. Kejadiannya gak cuma di pedesaan aja, tapi di perkotaan juga lho. Ada lebih dari 51 juta penduduk Indonesia yang melakukan buang air besar sembarangan!

Efek kebiasaan ini besar dan paling banyak mengancam kesehatan dan kelangsungan hidup anak-anak. Setiap jam, ada 15-22 balita Indonesia meninggal, dan kebanyakan akibat diare dan pneumonia (Levels & Trends in Child Mortality 2014 Report. Estimates Developed by the UN Inter-agency Group for Child Mortality Estimation.) Tak hanya itu, buang air besar sembarangan (BABS) juga menyebabkan kematian di bawah usia 5 tahun dan membuat pertumbuhan anak terhambat.

Gak lucu dong kalau pencapaian-pencapaian keren itu ternoda karena masalah BABS? Karena itu kali ini Hipwee dan UNICEF ingin mengajakmu melakukan sesuatu

Yuk, gabung dengan tinjutinja! via www.tinjutinja.com

Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), adalah pendekatan yang dikembangkan oleh pemerintah yang didukung oleh UNICEF, sudah berusaha membebaskan lebih banyak daerah dari kebiasaan poop sembarangan ini. Kamu juga bisa melakukan sesuatu untuk membantu.

Caranya gampang. Kunjungi website tinjutinja.com, dan bergabunglah dengan Aksi Nasional Tinju Tinja bersama UNICEF. Dengan membuat komitmen (pledge), nyebarin fakta-fakta seputar Buang Air Besar Sembarangan (BABS) ke akun media sosial kamu, atau memberi kontribusi lebih dengan mengirimkan kreasi kamu mengenai isu BABS ini, kamu udah langsung turut serta dalam upaya perbaikan yang nyata dalam melawan BABS!

Jadi gimana? Sudah siap jadi anak Indonesia yang lebih bangga sama negerinya? Berani ambil andil untuk melakukan perubahan?