Kalau kamu selama ini beranggapan bahwa menjadi kreatif itu adalah anugerah dari bayi, kamu salah besar. Semua orang bisa jadi kreatif, guys! Menjadi kreatif adalah sebuah skill yang bisa kamu kembangkan dan latih.

Tentu ada langkah-langkah tertentu yang bisa kamu coba untuk mengasah kreativitasmu. Langkah apa aja sih yang dimaksud? Langsung dicek satu-satu aja yuk:

1. Mulai Cari Tahu Hal-Hal Baru Yang Tidak Pernah Kamu Pedulikan Sebelumnya

cari tahu hal-hal baru via farm4.staticflickr.com

Cobalah untuk lebih kepo dan lebih peduli dengan hal-hal yang selama ini tidak pernah kamu gubris. Ini adalah langkah pertama yang bisa kamu coba untuk menjadi lebih kreatif.

Seperti bagaimana cara menyulap botol plastik bekasmu, bagaimana untuk membuat kameramu sendiri, atau bagaimana cara merapikan rumahmu dengan oke. Mulai juga untuk ikuti berita-berita terkini. Kalau kamu suka menonton TV, tambahkan Discovery Channel atau History ke dalam daftar stasiun TV favoritmu. Bermainlah ke situs-situs yang “nggak kamu banget”. Coba menonton festival kesenian daerah atau membaca berbagai majalah inspiratif. Ada ribuan cara yang bisa kamu coba untuk membuka pikiranmu!

2. Coba Tuangkan Pikiranmu Ke Dalam Tulisan

Advertisement

tuangkan unek-unekmu ke dalam tulisan via farm9.staticflickr.com

Saat kamu kebingungan untuk mengeluarkan unek-unek, atau saat banyak ide yang bermunculan dalam kepalamu, cobalah untuk menuangkannya ke dalam tulisan. Tulisan bisa membantumu untuk lebih mudah fokus dan menata pola pemikiranmu.

Sebagai latihan pertama, kamu bisa mencoba untuk menulis 500 kata tentang apa yang sedang kamu pikirkan saat ini. Mulailah mengetik dan menulis — tak perlu pusing memikirkan tata bahasa atau kualitas tulisanmu. Hal yang lebih penting dari itu adalah kamu mulai berani bertindak untuk menyuusun ide-ide di benakmu.

3. Nonton Ke Bioskop Atau Menyewa Film Juga Membantu, Lho!

nonton film juga bisa bikin kamu tambah kreatif via farm5.staticflickr.com

Menonton film adalah cara yang jitu untuk menggali perasaan terdalam serta membuatmu melihat hal-hal yang sebelumnya tidak kamu tahu. Jika kamu selama ini sudah puas dengan menonton film-film populer, cobalah untuk menonton film-film klasik seperti Battleship Potemkin, Vertigo, atau Citizen Kane. Film-film dengan genre yang baru bagimu juga kamu bisa menginspirasi dan membuatmu lebih mudah untuk menggali ide.

4. Mulailah Untuk Ngobrol Dengan Orang Lain

dengarkan cerita orang lain via farm6.staticflickr.com

Berkomunikasi dan mengobrol dengan orang lain juga bisa membuatmu bertambah kreatif. Kamu bisa belajar bagaimana kerasnya kehidupan dari pengamen jalanan atau manisnya kesabaran dan kerja keras dari pengusaha-pengusaha yang merintis usahanya dari nol.

Setiap orang memiliki ceritanya sendiri-sendiri dari cerita itu kamu bisa mengembangkan perspektif dirimu, membuatmu kagum atau memberimu segudang pengetahuan tentang banyak hal yang selama ini tidak terbayangkan olehmu.

5. Perhatikan Pola Makanmu Selama Ini

perhatikan pola makanmu via farm8.staticflickr.com

Makanan yang kita konsumsi berpengaruh pada tubuh dan otak kita. Oleh karena itu, jika selama ini pola makanmu berantakan kamu harus bisa mulai mengubahnya. Kurangi konsumsi makanan-makanan cepat saji, dan beralihlah ke makanan yang bergizi tinggi.

Kamu bisa mencoba mengkonsumsi makanan yang mengandung minyak ikan, telur, teh hijau, coklat, ikan teri, atau cabe rawit. Bahan-bahan makanan ini terbukti memiliki dampak yang baik untuk tubuh dan otakmu. Kalau otakmu punya asupan gizi yang oke sehingga bisa bekerja maksimal, tentu kamu juga akan lebih mudah untuk memikirkan ide-ide kreatif, ‘kan?

6. Diskusikan Idemu Dengan Orang Lain

diskusikan ide-idemu via farm8.staticflickr.com

Minta tolong orang lain — setidaknya satu orang — untuk jadi partner brainstorming dan diskusi. Buang jauh-jauh rasa malu ataupun rasa seganmu! Kamu bisa menarik orang tuamu, sahabat terdekatmu, pacar, atau mungkin juga atasanmu sebagai partner diskusi.

Nggak perlu takut juga pada kritik, karena seperti yang pernah Hipwee disini, kritik justru bisa berdampak positif untukmu. Lagipula, bukankah kritik atau masukan itulah tujuan utama kamu melakukan brainstorming? Bahkan orang yang pada dasarnya sudah kreatif akan tetap membutuhkan masukan orang lain untuk bisa melihat ide mereka secara objektif.

Nah, jadi itu dia langkah-langkah yang bisa membantumu menjadi lebih kreatif. Tentu tidak terlalu sulit untuk kamu coba, ‘kan?