Momen awkward sering terjadi di tempat umum. Entah saat bertemu orang-orang baru atau bertemu kerabat lama hal itu pasti kamu alami. Meski kamu udah pasang kuda-kuda mempersiapkan bahan obrolan *duh, niat banget ya*, tetap saja suasana canggung tercipta gara-gara kamu. Yah mau nggak mau malah kamu jadi malu sendiri.

Tanpa disadari hal itu berpengaruh terhadap tingkat kepercayaan diri (pede). Kalau udah bikin suasana jadi awkward, kamu jadi makin kurang pede berinteraksi. Makanya nih biar hal-hal aneh nggak sering terjadi gara-gara kamu, coba deh terapkan 6 trik satu ini. Karena nggak cukup bahan obrolan saja lho yang dibutuhkan, tapi juga sikap. Apa saja ya itu? Silahkan simak ulasan satu ini ya biar nggak awkward.

1. Jangan coba menjadi orang lain, kayak kamu nggak suka ngelawak terus tiba-tiba ngelucu. Yah malah jadi garing qaqa ~

mau mereka kayak gini nanggepin kamu? via www.askideas.com

“Eh itu Haifa! Hai, Fa!”
“Eh eh gue punya tebak-tebakan. Lagu-lagu apa yang romantis?”
“Apaan sih lo dateng-dateng malah kasi tebak-tebakan….”

Kamu pasti pernah deh kalau lagi mau gabung sama kerabat bukan jadi diri sendiri. Hal itu kamu lakukan demi kelancaran berinteraksi sama mereka. Padahal kenyataannya belum tentu lho. Misalnya saja kamu orangnya pendiam, terus mencoba banyak omong pas ketemu mereka. Bukannya momen pertemuan kalian seru malah jadi awkward. Ujung-ujungnya mereka malas sama kamu.

2. Nggak ada yang melarang kamu berkomentar. Tapi nggak memotong orang yang lagi ngomong juga

Advertisement

apalagi kalau yang kamu ucapkan nggak nyambung ;( via mcswish.net

Hal satu ini menjadi momen awkward yang paling sering terjadi. Niatnya ingin bikin asik suasana, eh sebaliknya jadi kikuk. Ya nggak ada salahnya kamu ikut berkomentar atau menimpali pembicaraan. Tapi jangan sampai tiba-tiba memotong orang yang lagi ngomong juga. Yang ada kalau kamu tetap melakukannya bukan lagi jadi kikuk, tapi kamu disebelin sama mereka.

Oleh karena itu, lebih baik coba sabar menunggu orang lain selesai bicara dulu atau sampai mereka memberikan kesempatan untuk berkomentar. Lalu baru deh berikan pendapatmu secara perlahan, jangan langsung to the point ya.

3. Selalu bawa ponsel kapanpun dan di manapun. FYI, benda satu ini penyelamat kamu lho

hp memang penyelamat kamu via www.dailymail.co.uk

“Ya ampun lo daritadi main hp mulu.”
“Hehe sorry nanggung bentar lagi tamat.”
“Main game apa lo emang? Kali aja sama biar ID lo gue invite ntar kita bisa tanding bareng hahaha.”

Kamu sadar nggak kalau sebenarnya dirimu sering menggunakan ponsel di manapun dan kapanpun? Nah itu terjadi karena kamu udah bingung mau ngapain. Topik pembicaraannya kamu nggak ngerti, mau ngelucu nanti malah garing, ya udah autis sama ponsel adalah hal yang paling benar kamu lakukan. Percaya deh nanti mereka bakal ajak kamu buat ngobrol atau melakukan hal asik lainnya. Hehehe.

4. Satu hal yang pasti sih kamu harus friendly! Mau se-awkward apapun kamu mereka bakal lupa kalau kamu orangnya friendly 😀

kamu harus friendly! via www.dailymail.co.uk

Se-awkward apapun kamu bakal tertutup dengan pribadi yang friendly. Makanya, jangan sungkan deh sering menyapa atau menanyakan kabar kerabat saat bertemu di jalan. Karena dengan begitu mereka nggak memedulikan awkward moment yang terjadi gara-gara kamu. Bagi mereka selama kamu memang menyenangkan ya bukan masalah.

5. Coba berteman dengan orang yang hampir nggak pernah ngalamin kejadian awkward deh. Kamu jadi belajar caranya dia berinteraksi

coba gabung sama mereka via helfridazenithia.wordpress.com

Dari sekian kenalan yang kamu punya, pasti ada deh yang keren. Keren di sini bukan dari penampilan saja, tapi juga kepandaiannya dalam berinteraksi sama sekitar. Orang yang seperti ini tentu jarang mengalami kejadian awkward lho. Oleh karena itu, nggak ada salahnya kamu belajar dari dia dengan cara mencoba bergabung dengannya. Nggak mesti sering, sesekali pun nggak apa-apa.

6. Berhenti deh dari sekarang memikirkan apa yang dinilai orang tentangmu. Lebih baik lupakan dan lakukan hal yang lebih baik dari kemarin

stop bersedih ya via yoontaeyeon.wordpress.com

Seseorang menilai  biasanya dilihat dari perilakunya. Meski begitu, kamu tak perlu khawatir mengenai anggapan mereka tentangmu. Walau sering momen awkward terjadi karena kamu, masih banyak hal yang bisa dilakukan daripada ribet memikirkan komentar orang. Toh, sebaiknya kamu mengoreksi diri agar di kemudian hari tak terulang lagi.

Momen awkward suka bikin minder, tapi lambat laun kamu harus pandai menyelami hal itu. Karena awkward bukan merupakan hal yang buruk kok, malahan unik. Jadi, jangan minder lagi ya! Semoga yang Hipwee sebutkan tadi bisa membantu kamu mengatasi kecanggungan yang suka dirimu buat. Semoga berhasil.