Peggy Olson, ‘Mad Men’ via madmen.wikia.com

Anda wanita yang pernah dijuluki “bossy” di kantor atau lingkungan sosial Anda? Apakah julukan itu didapatkan hanya karena Anda berani untuk mengungkapkan diri atau memimpin kelompok? Apakah julukan itu didapatkan meskipun Anda tetap berusaha mendengarkan pendapat orang lain dan bersikap sopan? Apakah julukan itu didapatkan hanya karena Anda seorang wanita?

Kalau jawaban dari semua pertanyaan di atas adalah “ya”, artikel ini dibuat untuk Anda. Inilah tujuh alasan mengapa Anda harus mempertahankan sikap “bossy” atau sikap asertif Anda:

1. Anda terbiasa berkata jujur.

Peggy Olson dan Roger Sterling, ‘Mad Men’ via harrysfringe.tumblr.com

Anda adalah orang yang terbuka dan tak takut untuk jujur dalam mengungkapkan perasaan. Kalau bos Anda meminta pendapat tentang suatu hal, Anda sudah siap dengan jawabannya. Kalau sahabat Anda bertanya apa dress oranye menyala yang dicobanya bagus, Anda akan dengan senang hati menjawab, “Duh — warnanya terlalu ngejreng.”

Advertisement

Kalau apa-apa hanya disimpan di hati saja, bisa-bisa kepala Anda meledak! Anda tak ragu menegur jika Anda rasa perlu, dan mengkritik jika memang baik, karena Anda percaya itu semua akan berguna bagi semua orang yang terlibat.

2. Anda akan dianggap berpendirian dan percaya diri.

Peggy Olson, ‘Mad Men’ via madison-avenue1964.tumblr.com

Anda punya prinsip hidup yang jelas, dan dengan bertindak sesuai prinsip itu, semua orang yang cukup bijak akan mengerti bahwa Anda memang pantas dihormati.

Anda pun percaya diri: tak menganggap diri Anda lebih rendah dalam urusan kemampuan – dan tak pula lebih tinggi – dari orang lain.

3. Anda mengerti apa yang Anda inginkan, dan Anda tak takut untuk meraihnya.

Peggy Olson, ‘Mad Men’ via starbuckara.tumblr.com

Anda adalah wanita yang tahu apa yang Anda mau dan tak akan segan untuk berusaha meraihnya. Segala jenis pertanyaan – dari “Where do you see yourself in five years?” sampai “Mau makan dimana?” – bisa Anda jawab dengan baik.

4. Anda tahu kapan harus peduli — dan kapan tidak peduli.

Peggy Olson, ‘Mad Men’ via giphy.com

Pekerjaan tim Anda jauh dari memuaskan? Anda mengerti bahwa adalah tugas Anda memedulikannya. Ada yang berceletuk ‘cewek kok sok ngatur’? Anda mengerti bahwa adalah hak Anda untuk tak memedulikannya.

5. Anda bisa menerima kritik.

Peggy Olson dan Joan Harris, ‘Mad Men’ via giphy.com

Pendirian kuat tak menutup diri Anda pada kritik. Justru Anda akan dengan senang hati menerima pendapat orang lain — hal-hal itu tak akan pernah menjatuhkan moral Anda.

Di sisi lain, Anda bisa membedakan yang mana kritik yang konstruktif dan yang mana yang mengandung unsur SARA, atau hanya ditujukan untuk menyerang diri Anda sebagai perempuan.

6. Anda memiliki segala kriteria untuk sukses.

Peggy Olson, ‘Mad Men’ via giphy.com

Kesuksesan hanya akan datang jika Anda orang yang ulet, asertif, dan percaya diri. Anda memiliki ketiganya.

7. Anda bisa menjadi teladan bagi para anak perempuan di sekitar Anda.

Peggy Olson dan Bayi Joan Harris, ‘Mad Men’ via www.berkshirefinearts.com

Anda adalah contoh seorang wanita modern — yang memiliki hak untuk memilih tinggal di rumah atau pergi ke luar dan bekerja. Seorang wanita modern akan membuat pilihan hidup bukan karena terpaksa, tapi karena ia benar-benar tahu apa yang baik baginya dan sesama.

Dan Anda bisa membuktikan pada para perempuan kecil ini bahwa sekarang, mereka juga bisa menjadi wanita modern seperti Anda.