Kamu kok gendutan sih?

Lho kamu nggak ikutan? Ih, nggak setia kawan!

Dalam hidup pasti ada saja omongan orang tentang dirimu. Sebagian di antaranya merupakan omongan yang nggak membuatmu nyaman. Seperti kalimat sindiran, larang melakukan ini itu, sampai pertanyaan menyudutkan. Kamu pun mau nggak mau memikirkan hal-hal itu, hingga membuatmu tak fokus pada kehidupanmu sendiri.

Daripada terus meracuni pikiran, kamu perlu sekali-kali bersikap cuek atau masa bodoh sama mereka. Kalau kamu masih ragu saat akan melakukannya, hal-hal di bawah ini akan membantu untuk menyadarinya. Bahwa bersikap masa bodoh itu sesekali perlu.

1. Memikirkan omongan orang hanya akan membuatmu jadi pribadi yang tidak berkembang. Karena kamu takut mencoba segala hal

Jangan sampai kamu takut mencoba via www.unsplash.com

Setiap orang pasti inginnya berkembang dalam segala hal. Termasuk juga dirimu. Namun, pada kenyataannya ada beberapa hal yang buatmu menjadi susah untuk berkembang. Salah satunya adalah omongan orang tentangmu. Akibatnya kamu pun jadi takut-takut untuk melakukan ini itu karena terus-terusan memikirkan hal-hal itu. Banyak kesempatan yang akhirnya kamu lewatkan begitu saja karena terlalu memikirkan omongan mereka.

2. Kamu harus ingat kemampuanmu pun terbatas, jadi wajar saja kalau dirimu tak bisa selalu menyenangkan orang lain

Advertisement

Kemampuanmu terbatas via www.unsplash.com

Sebagai manusia biasa, tentu saja kamu mempunyai kemampuan yang terbatas. Sekeras apapun kamu berusaha, selama apapun kamu mencoba, tetap saja kamu tidak bisa melakukan segala hal, termasuk menyenangkan orang-orang. Makanya kamu perlu sekali-kali melakukan sikap masa bodoh sama apa yang mereka bilang kepadamu. Biarkan saja orang-orang merasa kecewa akan sikapmu yang masa bodoh ini. Toh kamu juga punya tak punya segala daya untuk meladeni mereka.

3. Daripada memikirkan omongan orang, lebih baik melakukan hal-hal yang membuat hatimu senang

Senang-senang daripada mikirin omongan orang via www.unsplash.com

Di dunia ini, di usiamu yang masih muda, ada beragam kegiatan yang lebih berguna daripada terus memikirkan omongan orang. Kamu bisa fokus ke pekerjaan, menjalani hobi yang menyenangkan, dan sederet hal lainnya yang bisa membuat hatimu senang. Dengan bersikap masa bodoh seperti itu, pikiranmu pun jadi lebih fresh lagi. Rasa stres pun bisa sedikit kamu kurangi.

4. Jangan mau menukarkan keputusanmu dengan omongan orang yang belum tentu benar dan baik untukmu

Omongan mereka belum tentu benar adanya via www.unsplash.com

Apapun yang mereka omongkan padamu, apalagi dengan nada yang nggak enak untuk didengarkan, pasti hanya asal ceplos belaka. Tak sekalipun mereka berpikir tentang apa yang dikatakan itu. Kebenaran dari omongan mereka pun sudah pasti bisa diragukan. Kalau apa yang mereka katakan saja tak didasari fakta, kenapa justru kamu yang repot-repot memikirkan hal itu? Apalagi sampai mau menggunakan omongan mereka dasar saat kamu mengambil keputusan. Duh, jangan sampai kejadian.

5. Bersikap masa bodoh itu nggak ada salahnya. Kamu juga punya hak untuk mengabaikan omongan mereka

Ah, apa iya? via www.unsplash.com

Sebagai manusia kamu memiliki hak atas kehidupanmu. Termasuk hak untuk mengabaikan omongan mereka. Maka dari itu, nggak ada salahnya sama sekali ketika kamu mengabaikan omongan mereka. Toh nggak ada aturan yang mengharuskanmu untuk terus memikirkan apalagi harus mengiyakan semuanya. Dari hal itu kamu juga bisa belajar untuk berkata “tidak” dan menyaring apa yang datang kepadamu.

6. Rasa minder akan terkurangi, karena kamu bisa lebih percaya dengan kemampuan diri sendiri

Nggak lagi minder via www.unsplash.com

Ketika kamu terus-terusan memikirkan omongan mereka, pikiran dan tenagamu pun tercurah untuk hal itu. Kamu pun akan merasa minder dan dihantui ketakutan akan dirimu sendiri. Kalau gagal gimana? Kalau aku nggak bisa gimana? Menjadi pertanyaan-pertanyaan yang selalu ada di kepalamu. Maka dari itu, bersikap masa bodoh bisa kamu lakukan agar tak terus-terusan minder. Kamu juga bisa lebih percaya akan kemampuan dirimu sendiri dengan tak menghiraukan omongan menjatuhkan mereka.

7. Karena masa depanmu hanya kamu yang bisa menentukan. Bukan omongan orang yang selalu kamu pikirkan

Kamu punya kuasa penuh atas hidupmu! via www.wifflegif.com

Kamu hidup di dunia ini hanya sekali. Kamu juga yang seharusnya punya kuasa penuh atas hidupmu ini. Tak perlu rasanya kamu melibatkan omongan orang yang tidak penting saat menjalani hidup. Karena masa depanmu ya sepenuhnya ada di tanganmu sendiri. Tak pernah sekalipun ditentukan dengan omongan pedas mereka.

Mengabaikan segala tindakan atau omongan orang perlu kamu lakukan. Namun ada satu catatan, bahwa mereka telah mengganggumu dan membuatmu tidak nyaman dengan segala tingkah dan omongan.

Demi kebaikanmu sendiri, kenapa nggak dilakoni sikap masa bodoh ini?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya