Beberapa waktu lalu, pemerintah telah mengumumkan bahwa pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk hampir semua Kementrian dan Lembaga Pemerintahan. Jumlah kursi CPNS yang ditawarkan pun bisa dibilang cukup banyak, yaitu 17.928 lowongan. Saat pendaftaran CPNS mulai dibuka, semua media sosial seakan isinya penuh dengan informasi itu semua. Kamu pun juga nggak kalah antusiasnya. Bahkan sebelum resmi dibuka, kamu udah menyiapkan berkas-berkas guna mendaftar CPNS tersebut. Dengan niat untuk menjadi abdi negara, restu dari orangtua, serta niat yang tulus, kamu pun mendaftar dan siap mengikuti tahapan seleksinya.

Tapi segala kemungkinan dari usahamu ini bisa terjadi. Bisa lolos ataupun berhenti di tengah jalan.

Sekarang, mari berandai-andai tentang kemungkinan buruk yang terjadi. Seandainya nanti kamu belum beruntung untuk lolos seleksi, hal-hal berikut bisa kamu jadikan pegangan. Agar tak lekas goyah.

1. Nyesek dan kecewa akan kamu rasa. Tapi satu hal yang perlu diingat, kamu nggak sendirian, ada ribuan orang yang bernasib sama

Kenapa sih harus aku yang nggak lolos? via www.dylansara.com

Awalnya semangatmu pasti membara. Bayangan duduk di kantor sambil memakai seragam, selalu melintas di kepala. Saat pengumuman hasil seleksi diumumkan, namamu sama sekali tidak ada. Nyesek. Kecewa. Semangatmu redup seketika.  Namun perlu kamu garis bawahi bahwa kamu bukan satu-satunya yang gagal pada tahap ini. Jumlahnya pun tidak main-main. Sebab pada tahun 2014, seleksi CPNS ini berhasil menarik sekitar 2.6 juta pendaftar dengan jumlah sebanyak 65 ribu lowongan untuk pemerintah pusat dan daerah.

2. Mengikuti seleksi itu bentuk usahamu mencari kerja. Namun kesuksesanmu bisa saja bukan bukan di sini jalannya

Advertisement

Suksesmu bukan lewat CPNS ini via www.unsplash.com

Dengan mengikuti seleksi CPNS ini kamu berusaha untuk mendapatkan pekerjaan demi hidup yang lebih baik. Untukmu yang terpaksa mengikuti, pasti juga punya tujuan mulia seperti mewujudkan keinginan orangtua. Namun usahamu untuk mencari kerja ini harus berhenti dulu. Sukses lewat jabatan di kursi PNS harus kamu pendam dulu. Dari hal itu, percaya saja bahwa suksesmu mungkin memang bukan dengan menjadi pejabat negara. Bisa jadi dalam bidang lainlah suksesmu berada.

3. Siapa tahu kegagalanmu dalam hal ini, justru membuka pintu suksesmu pada hal-hal lainnya

Membuka pintu kesuksesanmu yang lain via www.unsplash.com

Gagal pada seleksi CPNS bukan berarti kamu nggak bisa sukses di masa depan. Siapa tahu dengan gagalmu ini, kamu dibukakan pintu sukses pada bidang lain yang lebih seru dan menyenangakan. Seperti menjadi wirausahawan atau bahkan pendiri startup yang bisa mempekerjakan banyak anak muda.

4. Mungkin saja Dia sedang memberimu waktu, untuk mencoba hal-hal baru yang menawarkan pengalaman seru

Mencoba hal-hal baru via www.unsplash.com

Saat gagal menyapa, salah satu hal baik yang bisa kamu ingat agar tetap semangat adalah setiap rencana-Nya nggak ada yang salah. Selalu ada kemungkinan-kemungkinan terbaik yang bisa menjadi alasan. Mungkin saat ini gagalmu hanya sebuah batu loncatan untuk menapaki masa depan. Atau mungkin saja kamu sedang diberikan waktu luang untuk mencoba hal-hal baru yang lebih seru dan menyenangkan.

5. Jangan lekas goyah, mengabdi untuk nusa dan bangsa tak harus punya jabatan di pemerintahan

Tak harus punya jabatan tinggi via www.unsplash.com

Jika niatmu mengikuti seleksi ini adalah untuk bisa mengabdi pada negara, gagal tidak akan meruntuhkan semangatmu begitu saja. Sebab, masih banyak yang bisa dilakukan untuk mengabdi pada tanah kelahiranmu ini. Tak perlu menunggu jadi PNS dulu untuk bisa mengabdi. Lewat pekerjaan lain pun kamu tetap bisa mengabdi, asal semangat juangmu senantiasa melekat di hati.

6. Percayalah! Lolos atau tidaknya kamu dari seleksi CPNS ini, orangtuamu tetap akan jadi penyemangatmu nomer satu

Tetap jadi pendukungmu via www.unsplash.com

Untukmu yang mengikuti seleksi ini karena ingin menyenangkan kedua orangtua, tak perlu berkecil hati. Tak perlu juga kamu merasa nggak enak apalagi merasa jadi anak yang tak berbakti. Meskipun kamu gagal mewujudkan keinginan orangtua, tapi percayalah bahwa mereka akan tetap bangga kepadamu. Sebab kamu telah berusaha dan berupaya sebisamu.

7. Kalaupun kamu tetap ingin jadi abdi negara, kesempatan selalu ada. Kamu hanya perlu lebih bersabar untuk menunggu di tahun-tahun berikutnya

Sabar menunggu via www.unsplash.com

Apabila menjadi PNS memang cita-citamu, seharusnya gagal kali ini tak lantas buat semangatmu meredup. Tenang saja, kesempatan untuk duduk di kantor pemerintahan pasti akan ada meskipun waktunya masih lama. Kamu hanya perlu lebih bersabar dan mempersiapkan diri lebih baik lagi untuk seleksi berikutnya.

Tulisan ini dibuat bukan untuk menakutimu yang akan mengikuti seleksi CPNS tahun ini. Hanya saja, melalui tulisan ini kamu diajak untuk lebih siap secara mental agar tak goyah jika belum diberi kesempatan untuk lolos. Mempersiapkan akan kemungkinan terburuk yang terjadi nggak ada salahnya bukan? Daripada nanti kamu malah down dan nggak mau kembali menatap masa depan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya