Kegagalan adalah hal yang tidak diinginkan hadir oleh seorangpun dalam kehidupan mereka. Seperti misalnya tidak ada atlit yang menginginkan dirinya kalah, ataupun tidak ada orangtua yang ingin anaknya gagal dalam meraih kesuksesan. Namun, kegagalan memang tidak bisa terlepas begitu saja dalam kehidupan yang kamu jalani sekarang, karena kegagalan sesungguhnya berkaitan dalam hidupmu untuk meraup impian. Sebelum menyerah dan menyalahkan keadaan, hendaknya kamu mencoba meyakini ada makna di balik kegagalan yang kamu temui.

Kamu yang Gagal Bukan Berarti Kamu Menjadi Seorang Pecundang. Setidaknya Kamu Sudah Berani Mencoba, Bukan Hanya Sekadar Diam

Berhenti menganggap dirimu pecundang via lillyalbaab.tumblr.com

Selama ini ada anggapan bila orang yang gagal adalah seorang pecundang, mungkin termasuk kamu yang menganggapnya demikian.

Padahal mereka yang gagal, tidak pantas disebut sebagai pecundang, karena biar bagaimanapun mereka berani mengambil risiko untuk mencoba sesuatu yang baru ketimbang diam. Seorang pecundang justru dia yang kabur, karena ketakutan yang diciptakan oleh pikirannya sendiri sebelum mencobanya lebih dulu.

Advertisement

Banyak Pelajaran yang Bisa Kamu Dapatkan dari Kegagalan. Salah Satunya adalah Menemukan Sumber Kekuatan Lain Dalam Dirimu

Apa kekuatanmu yang belum terungkap? via www.lenspensandpassports.com

Kegagalan tidak selamanya bernilai negatif. Bahkan ketika kamu mencoba merespon kegagalan yang kamu alami, kamu dapat melampaui hal-hal yang selama ini berat untuk kamu lakukan.

Kamu harus percaya, ketika berjuang menghadapi kegagalan, kamu akan menemukan kekuatan yang tidak pernah kamu bayangkan.

Hambatan memang ada untuk diatasi, salah satunya adalah dengan meyakini kalau kamu kuat dan mampu menghadapi.

Saat Kamu Berada di Titik Terendah, Kamu akan Tahu Siapa Teman yang Selalu Ada dan Setia

Teman selalu ada bahkan saat terpuruk via lourikareinders.com

Seorang teman yang baik adalah dia yang selalu berada di dekatmu dalam kondisi apapun, baik suka maupun duka. Namun terkadang kesibukan masing-masing membuat kalian menjadi sulit untuk bertemu, walau sekadar bertatap muka dan bertukar cerita satu sama lain.

Ketika kamu merasa gagal dan sedang berada di titik terendah dalam hidupmu, kamu akan menemukan sesuatu yang tidak pernah kamu bayangkan sebelumnya. Mengenai siapa teman-temanmu yang benar-benar mengerti dan ingin menemanimu ketika dalam kondisi terburuk sekalipun.

Karena intensitas pertemuan dapat dikalahkan oleh kualitas kebersamaan.

Berhentilah Bertanya ‘Bagaimana Jika?’, karena Tidak Akan Bisa Mengembalikan yang Sudah Terjadi

Berhenti bertanya terhadap keputusanmu via www.hypable.com

Kamu sedang duduk di kedai kopi favoritmu sambil menghadap jendela, meratapi keputusan-keputusan yang kamu buat beberapa waktu yang sebelumnya.

Kemudian kamu memikirkannya terus-menerus lalu mulai bertanya-tanya; bagaimana jika kamu tidak mengambil keputusan itu, bagaimana jika kamu gagal, dan berbagai pertanyaan lain yang mengalihkan perhatianmu dari apa yang seharusnya kamu kerjakan. Kamu harus bisa mengatakan ‘berhenti’ dari pikiran yang terus menghantui.

Hidup adalah pilihan, gagal atau berhasilnya tergantung dari caramu mengambil keputusan.

Kegagalan Itu adalah Peluang untuk Dapat Belajar tentang Caranya Mengerjakan Segalanya Lebih Hati-hati Lain Kali

Tersenyumlah sekalipun kamu menghadapi kegagalan via emmajayneeftblog.wordpress.com

Tidak selamanya kegagalan itu membawa nilai buruk, kan? Bahkan kamu dapat menemukan di mana letak kegagalan yang kamu dapat dan belajar lebih peka melihat pertanda untuk menghindarinya.

Misalnya kamu gagal dalam ujian dan mendapatkan nilai jelek. Kamu tentu akan berpikir ulang mengenai apa saja yang salah dalam pola belajar yang kamu lakukan. Kamu pun akan menemukan penyelesaiannya.

Hal terbaik yang dapat kamu lakukan terhadap kegagalan adalah belajar sebanyak mungkin darinya.

Tidak Semua Orang Terlahir Beruntung. Membaca Kisah Sukses Orang Lain Mungkin Bisa Menginspirasimu dalam Menyikapi Kegagalan

JK Rowling bersama pemain Harry Potter via www.biography.com

Tidak semua orang terlahir beruntung dan tidak perlu bersusah-payah dalam memperoleh kesuksesan dalam hidup. Sisanya justru harus berjuang lebih untuk menghadapi berbagai kendala dan berpegang teguh pada hal yang mereka yakini.

Kamu tentu mengenal sosok J.K Rowling, penulis Harry Potter yang pernah mewarnai masa anak-anakmu tentang cerita sekolah sihir yang penuh imajinasi.

Sebelumnya J.K Rowling bukanlah siapa-siapa, tidak ada yang mengenal dirinya. Sampai akhirnya dia mencoba menulis kisah Harry Potter di salah satu sudut kafe dan berharap nasib baik akan berpihak padanya. Sebelum diterbitkan, buku ini pernah ditolak oleh selusin penerbit, tapi pada akhirnya menjadi salah satu seri terlaris dalam sejarah.

Kamu pun bisa mencari sosok inspiratif lainnya dan belajar dari cerita mereka meraih kesuksesan.

Selalu ada Hikmah di Balik Kegagalan. Ketika Kamu Sering Merasa Gagal, maka Kamu akan Menghargai Kesuksesan yang Segera Datang

Produktiflah untuk sukses via dailygenius.com

Semua terasa wajar bila kamu sedih, kecewa, putus asa ketika menghadapi kegagalan yang entah kenapa selalu datang bergiliran.

Namun, setiap orang membawa cerita yang berbeda dalam memperoleh kesuksesan.

Mungkin kamu harus melewati lebih banyak rintangan dalam bentuk kegagalan misalnya, dibandingkan orang-orang terdekatmu. Setidaknya kamu harus menarik napas dalam-dalam, berdoa, dan pantang berputus asa sebelum apa yang kamu inginkan berhasil terwujud.

Akhirnya, kamu tidak dapat berhasil dalam hal apapun jika kamu berhenti dan tidak menyelesaikannya. Kegagalan adalah langkah pertama menuju sukses. Selalu ada pelangi setelah hujan reda, dan selalu ada makna tersembunyi setelah kegagalan yang yang kamu terima. Bukankah pengalaman adalah guru yang terbaik?