Ekspektasi ingin hidup mewah tapi kenyataan uang tak ada, beginilah rasanya jadi kelas menengah.

Kamu yang terjebak dalam rutinitas kantoran setiap hari hanya untuk menunggu-nunggu weekend dan tanggal gajian, maka kita sama. Kamu yang ingin bebas liburan dan beli ini itu tanpa dipikir dua kali, tapi terhalang kenyataan bahwa gajimu tak seberapa, kita juga sama. Kamu yang harus bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan hidup dan harus pintar-pintar mengatur keuangan agar bisa menabung demi masa depan, maka kita adalah sama-sama kelas menengah yang gajinya tidak seberapa: jauh dari kata kaya tapi tidak miskin juga.

Jarak antara realita yang dihadapi dan tuntutan hidup yang tinggi, membuatmu harus rajin-rajin menghibur diri. Karena kamu bukan kelas atas atau sosialita, yang bebas liburan ke sana ke mari dengan helikopter pribadi. Bukan juga golongan yang bisa beli ini dan itu hanya demi kesenangan saja. Tentunya harus punya cara lain untuk menghibur sendiri dengan cara yang praktis sekaligus murah. Jadi buat kita semua kelas menengah yang gajinya tak seberapa, hiburan-hiburan sederhana ini bisa dicoba supaya kewarasan tetap terjaga.

1. Kalau memang ingin nongkrong cantik sambil berselancar online, tak perlu mahal-mahal di kafe deh. Coba gaul gratis di perpustakaan, sama-sama bisa duduk dan wifi-an

Cari wifi gratisan di perpustakaan via stocksnap.io

Hiburan sebenarnya tidak harus mahal. Cukup koneksi internet saja sudah bisa membuat hati senang dengan streaming video, download film favorit, atau sekadar browsing saja mencari pengetahuan. Namun paket data harus dihemat-hemat karena tanggal gajian masih lama. Karena itu, wifi gratis adalah salah satu hal yang diburu.

Advertisement

Sebagian besar kafe dan restoran memang biasa menyediakan wifi. Tapi kamu harus beli makanan atau kopi yang rasanya standar dengan harga tak wajar. Mending main-main ke perpustakaan daerah atau kampusmu. Sama seperti kafe dan restoran, sebagian besar perpustakaan juga menyediakan akses internet gratis. Bila merasa sayang mengeluarkan uang puluhan ribu untuk secangkir kopi dan wifi gratis, lebih baik kamu ke perpustakaan yang suasananya lebih nyaman dan tenang.

2. Buat yang suka melarikan diri dalam lembaran buku. Dibanding beli buku fisik, kamu mending beralih ke bentuk digital. Terutama perpustakaan digital atau situs baca yang gratis

Manfaatkan perpustakaan digital untuk baca gratisan via unsplash.com

Bagi kamu yang kutu buku, membeli buku setiap bulan lebih penting daripada membeli baju atau sepatu. Untuk menyenangkan diri, kamu mungkin tak perlu tamasya ke luar negeri. Cukup beri waktu dan buku, kamu sudah bisa asyik sendiri. Dengan memanfaatkan perpustakaan, kamu bahkan bisa senang tanpa keluar uang.

Apalagi kini sudah banyak perpustakaan digital yang bisa diakses lewat ponsel pintarmu. Selain gratis, bisa kamu bawa ke mana-mana dan dibaca dalam situasi apa saja. Selain perpustakaan, kamu juga bisa memanfaatkan situs baca gratisan lain seperti wattpad, storial, atau media online lainnya. Dengan begitu, uangmu bisa ditabung atau untuk kebutuhan lainnya.

3. Makanan enak selalu bisa jadi pelipur lara di kala penat. Tapi hobi kulineran itu bisa jadi beban finansial hebat buat kelas menengah, daripada cuma makan mending juga belajar masak

Belajar memasak supaya bisa makan enak tanpa perlu ke restoran via yemek.com

Terkadang stres hanya butuh hiburan yang mengenyangkan, alias makanan. Dengan rasa nikmat di lidah dan perut kenyang, rasanya tak ada masalah yang terlalu parah. Namun menikmati makanan mahal di restoran mewah tentu tidak sesuai dengan kondisi kantong yang pas-pasan. Karena itu, kamu perlu menumbuhkan kemampuan memasakmu. Sehingga kamu bisa mengolah makanan yang sederhana dan murah jadi selezat buatan koki restoran.

Untuk kamu yang cewek, ini bisa sekalian menyiapkan diri sebagai calon ibu dan istri nanti. Untuk cowok, tak ada salahnya meng-upgrade kemampuan ‘dapur’. Konon katanya cowok pintar memasak akan terlihat lebih seksi dan menarik lho. Tetap masih bisa menghibur diri lewat makanan, tinggal ganti caranya saja yang perlu lebih kreatif.

4. Rajin-rajinlah meng-copy film dari teman. Supaya kamu bisa menghibur diri tanpa harus ke bioskop mahal

Menghabiskan weekend dengan nonton film di laptop via www.theurbanlist.com

Nonton film juga bisa menjadi hiburan. Di weekend setelah seminggu bekerja keras, kamu butuh melarikan diri sejenak dari dunia nyata. Caranya dengan menikmati kisah-kisah lain di film. Namun sebelum tanggal gajian tiba, ke bioskop terasa haram hukumnya. Meskipun tak terlalu mahal, tapi uangnya ‘kan bisa untuk kebutuhan lainnya.

Karena itu menonton sendiri di rumah adalah pilihan yang bijak. Selain tidak keluar biaya, juga kamu bebas mau berekspresi apapun juga. Kamu bisa nonton sambil tiduran, dan pause film saat tiba-tiba kamu ingin ke belakang. Supaya weekend-mu menyenangkan, jangan lupa meng-copy file film favorit dari teman. Sehingga kamu bisa menghabiskan akhir pekan yang menghibur tanpa mengeluarkan uang.

5. Kelompok yang gajinya tak seberapa itu, sebaiknya punya hobi yang nggak cuma menghibur tapi bisa menghasilkan. Selain untuk terapi stres, siapa tahu bisa dijual untuk penghasilan tambahan

Kembali tekuni hobi untuk terapi plus mungkin tambahan gaji

Saat tubuh sedang lelah dan stres melanda, melakukan hal-hal yang disukai bisa menghibur hati. Karena itu, hobi jangan dibiarkan hilang begitu saja hanya karena kariermu tidak sejalan dengannya. Selepas kerja atau saat sedang libur, kamu bisa kembali menekuni hobi. Kamu yang hobi merajut atau membuat kerajinan tangan lainnya, jadikan ini sebagai terapi stresmu sendiri. Kamu yang hobi melukis atau menulis, jadikan ini sebagai hiburan saat kamu sedang kelelahan.

Bukan hanya membantu mengembalikan mood, hobi semacam ini bisa juga menghasilkan uang tambahan. Kamu yang suka main futsal atau olahraga lainnya, bisa menjadi pelatih. Dengan hati senang, uang pun aman.

6. Gaji pas-pasan sama sekali bukan berarti tak bisa jalan-jalan. Memang butuh nabung dan mengencangkan ikat pinggang untuk sementara, tapi backpacker-an tetap bisa diwujudkan

Jalan-jalan murah meriah a la backpacker via www.tumblr.com

Travelling memang obat dari segala kegundahan. Sejenak meninggalkan kota rutinitas untuk mengunjungi tempat baru dan melihat hal-hal baru, tidak hanya me-refresh hari-harimu, tapi juga memberimu ilmu yang tidak kamu dapatkan bila terus berdiam di kota asal. Namun travelling juga butuh biaya, mulai dari uang transpor, uang makan dan penginapan, serta ‘pritilan-pritilan’ kecil lainnya yang bila dijumlah lumayan juga.

Karena itu, untuk kita kelas menengah travelling tentu bukan kegiatan yang bisa spontan. Harus nabung dulu untuk mengumpulkan budget. Tapi asalkan kamu tak cerewet soal segala kemudahan, dengan travelling a la backpacker bisa jadi solusi. Bisa tetap liburan dengan dana pas-pasan.

7. Kembangkan selera humormu. Selain agar tak mudah stres, juga supaya kamu jago menertawakan hidupmu sendiri

Pupuk keahlian menertawakan kesialan sendiri via unsplash.com

Mengubah tragedi menjadi komedi bisa menjadi modal utama mempertahankan kewarasan. Sebab hiburan dari luar seringnya memakan banyak biaya, bagi yang gajinya minim harus pandai-pandai menghibur diri sendiri dengan segala hal yang kamu temui. Karena itu selera humor harus dipupuk dan dikembangkan agar kamu selalu bisa melihat sisi lucu dari semua kesialan yang kamu alami.

Selera humor yang tinggi membuatmu lebih santai menghadapi situasi. Karena sebenarnya stres tidak akan pernah datang jika kamu selalu bisa menangkap sisi positif dari kejadian. Seperti kata Andrea Hirata:

“Tertawalah, seluruh dunia akan tertawa bersamamu; jangan bersedih karena engkau akan bersedih sendirian.”

8. Rasa syukur selalu membantu mencerahkan segala situasi. Menerima semua keadaan dengan lapang hati, membuat segala hal lebih indah dari yang seharusnya

Obati semua lelah dengan rasa syukur via unsplash.com

Kamu mungkin penasaran melihat orang-orang yang lebih ‘sial’ dari kamu tapi tetap bisa tertawa dan terlihat selalu ceria. Seolah segala kesulitan hidup hanyalah fiksi belaka. Seperti itulah rasa syukur bekerja. Tidak dengan mengobati luka dari luar, melainkan dengan membuat benteng pertahanan dari dalam. Rasa syukur atas segala yang dimiliki akan membuatmu lebih legowo menerima keadaan.

Seburuk apapun keadaan, pasti ada bagian yang patut disyukuri ataupun diambil hikmahnya. Kamu yang sedikit kekurangan tapi bersyukur, pastinya lebih bahagia daripada yang bergelimangan harta tapi selalu merasa kurang. Jadi untuk menghibur dirimu sendiri, tanamkan rasa syukur itu dalam-dalam. Di luar sana, mungkin banyak orang yang lebih tidak beruntung lagi.

Berjibaku dengan pekerjaan yang menekan dan minimnya dana untuk bersenang-senang memang mengharuskan kita memutar akal supaya bisa tetap bahagia. Tapi menghibur diri tidak harus keluar biaya mahal ‘kan? Nah, tinggal kamu mau hiburan yang seperti apa. Hai sesama kelas menengah yang gajinya tak seberapa, yang penting tetap waras ya! 🙂

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya