Sepertinya, hampir sebagian besar orang akan melewati sebuah fase penting dalam hidupnya. Merantau. Untuk menuntut ilmu dan mengejar karier yang lebih baik di kota orang, nggak selamanya mudah. Kadang, kamu akan dibuat senang karena jauh dari orangtua dan bebas dari larangan ini itu, siapa yang nggak ingin.

Tapi, akan ada saatnya kamu merasa bosan, nggak betah, dan capek berjuang lagi di sana. Homesick pun menggiring kamu buat kembali pulang ke rumah. Biar kamu nggak terlalu sering ngerasain homesick, kamu perlu menguasai skill dasar ini buat bertahan di kota orang. Tetap betah di sana ya, guys!

1. Pandai-pandailah buat kenalan sama anak se-kost-an. Sama-sama merantau, kalian juga bisa jadi sahabat baik nantinya

Bertetangga dengan rukun via www.lordwandsworth.org

Salah satu kemampuan yang wajib dipunya oleh perantai pertama kali adalah supel. Tak perlu sungkan buat kenalan dengan teman satu kost-mu. Karena merekalah yang akan kamu temuin tiap hari. Mereka juga orang terdekat yang bisa bantu saat kamu kesusahan. Sering-seringlah ngobrol dengan mereka, tak ada yang tahu dari sekadar teman yang bertemu di kota rantauan, kalian jadi sahabat baik juga nantinya.

2. Kelilinglah ke sekitaran tempat tinggal barumu. Kamu perlu berburu tempat makan yang enak dan terjangkau juga, bukan?

Warung enak dan murah via campoutkid.com

Kamu nggak bisa bertahan buat bekerja dan belajar tanpa makan. Maka dari itu, kamu harus punya jiwa petualang. Sedikit saja punya kadar jiwa ini tak apa lah. Paling tidak, kamu harus berpetualang mencari tempat makan di sekitaran tempat tinggalmu. Sembari mencari rasa dan harga makanan yang sesuai dengan selera, cobalah berkeliling. Kalau nemu yang pas, kamu nggak akan merengek kelaparan!

3. Buat belanja bulanan, udah dapet toserba yang bisa kamu andalin belum?

Sabun, sikat gigi, dan pasta gigi. via maeveskitchen.com

Kamu pasti akan melaksanakan ritual buat membeli barang buat kebutuhan bulanan. Cemilan, sabun cuci, sabun mandi, semua harus kamu stok tiap bulan. Nah, sudah nemu toserba andalan yang bisa ngasih harga terjangkau dan dekat sama tempat tinggal barumu? Siapa tahu bisa dapat gratisan dan promo yang menghemat kantong. Hehehe….

4. Paling tidak, kamu punya skill buat bikin telur dadar. Minimal ngerebus mi instan lah~

Bikin mi tengah malam via ahohomemadefood.com

Sebagai pemadam kelaparan di jam-jam tak terduga, ada skill yang harus banget kamu punya. Bikin telur dadar sudah wajib hukumnya buat kamu kuasai. Atau paling nggak, tanganmu lihai meracik bumbu dari mi instan goreng dengan rasa favoritmu. Laper di tengah malam, kamu nggak akan menangis kangen masakan Mama saking desperate-nya. Hehehe.

5. Cari laundry terdekat juga perlu. Momen males buat cuci baju pasti akan mendatangi kamu.

Yuk cuci cuci via www.goodhousekeeping.com

Saat sudah nggak di rumah, kamu harus ngelakuin segala hal sendirian. Pun untuk menjaga kebersihan diri dan pakaian, kamu harus cuci dan setrika baju sendiri. Memang, pas awal-awal jadi anak rantauan, kamu akan rajin buat cuci sendiri. Ketika rasa males cuci dan setrika itu ada, pastikan kamu udah nemu laundry-an yang pas di kantong dan cocok service-nya. Jangan males buat keliling, guys~

6. Aplikasi GPS buat penunjuk jalan kalau mau ke mana-mana

Sambil jalan-jalan via designyoutrust.com

Sudah bukan jadi hal yang baru lagi kalau kamu tersesat saat keliling di kota rantauan. Pasti terjadi kok. Wajar, kamu juga masih dalam tahap mengingat rute di sekitar situ. Untuk kamu yang nggak pengen terlalu lama tersesat, nge-install aplikasi GPS buat jadi petunjuk jalan itu wajib hukumnya. Ke mana-mana aman, jalan pulang akan ketemu.

Pastikan juga kuota internetmu masih aman saat mengakses aplikasi GPS ini, guys. Untukmu yang bingung mau pake provider apa, tenang, Smartfren dan bonus kuota 17 GB-nya bisa kamu andalin. Tak perlu khawatir kehabisan kuota, koneksi lancar tanpa buffering.

7. Follow akun yang ada di kota rantauan. Biar bisa dateng ke acara asyik, dan makin kerasan~

Yuk, ke acara kece via blogs.wsj.com

Selain kegiatan kuliah dan kerja di kota rantauan, kamu juga perlu dong sesekali buat refreshing. Dateng ke acara asyik pun wajib banget buat dihabiskan saat weekend tiba. Follow akun hits yang ngasih update tentang acara kekinian di kota rantauanmu, sudah jadi hukum nggak tertulis nih. Coba deh kamu browsing pake gadget Andromax 4G LTE Series dari Smartfren! Banyak bonusan yang bisa kamu dapetin!

8. Kadang, kamu juga ingin gegoleran di kamar sambil video call orang tersayang. Bikin kamu makin nggak sabar buat pulang.

Melihat wajah mereka dari layar via vimeo.com

Walau lagi berjauhan dengan orang di rumah, intensitas ketemu yang makin jarang ini bikin kamu makin rindu buat ketemu keluarga. Sempetin buat video call-an di tengah aktivitas gegoleranmu sama Ayah dan Ibu yang sedang bersantai di rumah. Melihat senyuman mereka, bikin kesedihan yang kamu rasain di perantauan sirna seketika.

Pun untuk video call-an dengan pacar, jarak sudah bukan jadi masalah. Alih-alih dibikin sedih, hubungan kamu dan dia semakin kuat dan nggak hentinya buat makin sayang. Kamu pun jadi makin tak sabar untuk pulang sebentaran ke kampung halaman.

Nah, untuk kamu yang pingin menikmati banyak bonus dengan gadget yang ber-specs istimewa, Andromax 4G LTE Series dari Smartfren bisa kamu pilih! FYI aja nih, ada promo kemerdekaan yang bisa bikin kamu makin merdeka!

Bonus kuota 17 GB yang bisa kamu dapetin dengan beli pulsa sebesar 100 ribu aja. Kalau kamu beli Hape Andromax Series di tanggal 10 sampai 31 Agustus, kemerdekaan ini bisa kamu rasakan secara otomatis, guys! Biar kamu nggak ketinggalan penawaran asik ini, kepoin di sini, yuk!

Kadang, kamu memang perlu buat bisa ngelakuin beberapa hal ini saat pertama kali merantau. Biar nggak keseringan ngerasain homesick. Tenang, setelah kamu melewati fase awal satu bulan, kamu akan kerasan dan bisa beradaptasi dengan sendirinya~ Semangat ya wahai para perantau~

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya