Siapa sih orang yang tidak mau hidup bahagia? Setiap manusia tentu saja ingin merasa begitu, tak terkecuali denganmu.

Namun, kadang kejadian-kejadian tak terduga bisa bikin kebahagiaan seolah jauh dari gapaian kita. Tapi tunggu dulu: sebenarnya kebahagiaanmu tidak benar-benar hilang lho. Supaya rasa itu kembali dalam hidupmu, kamu bisa coba melakukan 9 hal yang telah terbukti secara ilmiah bisa membuat orang lebih bahagia ini, lho.

Wah, apa aja ya?! Yuk bikin sendiri perasaan bahagia kita dengan hal-hal di bawah ini:

1. Kurangi Nonton TV

Kurangi nonton TV via media.giphy.com

Para penonton yang setia menghabiskan banyak waktunya di depan TV ternyata adalah mereka-mereka yang tidak bahagia dan malas. Selain bikin kamu nggak bahagia, nonton TV juga akan membuatmu menjadi bodoh dan membuatmu meninggal lebih cepat. Maka dari itu matikan layar TV-mu dan kurangi acara nonton yang kurang penting sekarang juga.

2. Rencanakan Liburanmu

Advertisement

Berlibur, yuk?! via farm5.staticflickr.com

Para peneliti ternyata menemukan hasil mengejutkan bahwa saat merencanakan liburan adalah saat yang lebih membuat bahagia dibandingkan liburannya itu sendiri. Alasannya, saat merencanakan liburan kamu akan merasa bahagia karena kamu bisa membayangkan pergi ke tempat-tempat yang indah dan bisa terlepas dari rutinitas kerja dengan berbagai masalahnya.

3. Lakukan Sesuatu Yang Belum Pernah Kamu Lakukan

Lakukan hal yang baru! via farm3.staticflickr.com

Ada kalanya kita merasa jenuh dengan apapun yang kita lakukan, bahkan walau itu hobi kita.

Masa-masa jenuh ini adalah tanda bahwa kamu butuh sesuatu yang baru, sesuatu yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya, sesuatu yang benar-benar baru dan asing buatmu, kemudian rasakan pompaan adrenalin yang akan membuat hidupmu tetap terasa menantang dan menarik hingga tiada lagi kata bosan buatmu!

4. Berkumpulah dengan Orang-Orang Yang Bahagia

Bahagian bersama ~ via farm9.staticflickr.com

Seperti senyum dan flu di masa pergantian musim, bahagia itu juga menular lho! Jadi, cara termudah untuk membuatmu merasa bahagia tentu saja adalah dengan berkumpul dengan orang-orang yang juga merasa bahagia. Cobain tips ini, kemudian tularkan virus bahagiamu ke yang lain deh…let’s spread happiness, people!

5. Nikmati Keindahan Sekelilingmu

Nikmati keindahan sekeliling via farm3.staticflickr.com

Damai ya saat melihat foto di atas? Itu hanya foto lho guys, bagaimana kalau benar-benar lihat keindahan alam yang sebenarnya coba?!

Enggak harus melulu ke tempat wisata sih buat nikmati keindahan alam, kamu juga bisa menikmati keindahan alam di sekelilingmu. Caranya? Luangkan waktu sejenak untuk pergi ke taman kota, atau kamu juga bisa duduk di teras rumah dan mendongak melihat kerlip bintang saat cuaca sedang cerah. Hal-hal kecil seperti ini sering kan terlewatkan dan terlupain, bukan?

6. Pelajari Budayamu

Sadar budaya yok! via farm3.staticflickr.com

Keindahan yang satu ini juga nggak boleh dilupain lho ya?! Indonesia! Iya, enggak salah kok. Indonesia.

Terlepas dari banyaknya korupsi di negara kita ini, kita wajib bangga terlahir di Indonesia. Selain menyenangkan, Indonesia kaya akan budaya warisan leluhur yang wajib kita lestarikan. Keuntungan lainnya nih, menurut Journal of Epidemiology and Community Health, orang-orang yang ikut berperan aktif dalam kegiatan budaya akan jauh merasa lebih bahagia daripada yang tidak ikut ambil bagian.

7. Pelihara Hewan Peliharaan

Pelihara binatang via farm9.staticflickr.com

Lah, apa hubungannya hewan peliharaan sama bahagia?

Weeits, jangan salah dulu Bray. Punya binatang peliharaan itu ternyata punya banyak keuntungan lhoh! Menurut Journal of Personality and Social Psychology, memelihara binatang peliharaan memberi dampak positif bagi hidup kita seperti merasa berharga, berguna, serta berarti, semua dampak positif ini tentu saja berpengaruh besar donk dengan kebahagiaanmu?!

8. Bergabung Dalam Kegiataan Amal, Baksos Atau Jadi Relawan

Jadi relawan via farm8.staticflickr.com

Selain punya binatang peliharaan yang unyu-unyu dan ngegemesin, kamu juga bisa memberi arti bagi hidupmu dengan bergabung dalam kegiatan sosial. Seperti beramal, donor darah, aksi bersih-bersih Ciliwung, ikut baksos ke panti jompo dan panti asuhan, atau ikut jadi relawan penanggulangan bencana.

Menurut penelitian di dalam Jurnal Science berpartisipasi dalam kegiatan yang berbau sosial dan bermanfaat bagi orang lain seperti kegiatan di atas akan merasa lebih puas pada hidupnya dan merasa lebih bahagia. Lagipula guys, saat kamu ingin hidupmu berarti, kamu juga harus berani memberi arti bagi kehidupan orang lain, kan?

9. Bertambah Tua

Selamat Ulang Tahun! via farm9.staticflickr.com

Nggak perlu lagi merasa sedih ketika jatah umurmu berkurang ya, Sodara-Sodara. Karena, seharusnya kita memaknai ulang tahun kita sebagai momen untuk menjadi lebih dewasa dan lebih baik lagi daripada kita yang sebelumnya. Satu hal lagi, menurut penelitian yang dilakukan beberapa saat lalu dan telah dimuat di harian Time, bertambah tua itu ternyata juga menambah kebahagiaan kita, lho!

Jadi buat kamu yang lagi ulang tahun, Happy B’day! Jangan lupa bersyukur dan berusaha jadi orang yang lebih baik ya….?! Always Be Happy.

Jadi teman- teman, itu 9 hal yang terbukti secara ilmiah mampu membuatmu merasa lebih bahagia, nah kalau memang udah kebukti ilmiah nguntungin gini masih males dan ragu buat ngelakuin hal-hal di atas, guys?